Favorit Wisatawan, 9 Tempat Wisata Di Surabaya Ini Selalu Ramai

Tempat Wisata Di Surabaya
Images by: ikbis.ac.id

Waktuku.com – Menjadi kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta membuat tempat wisata di Surabaya tak pernah sepi pengunjung.

Ada banyak sekali destinasi wisata yang cukup terkenal di Kota yang satu ini. Mulai dari wisata alam, wisata kuliner hingga wisata religi dapat ditemui di kota metropolitan kedua di Indonesia ini.

Anda juga dapat memilih tempat wisata di Surabaya yang sesuai dengan preferensi serta budget liburan. Memiliki julukan sebagai kota Pahlawan, tentu saja membuat kota yang satu ini sangat identik dengan banguna-bangunan bersejarah.

Monumen bersejarah yang ada di Surabaya akan menunjukan kepada wisatawan mengenai perjuangan bangsa Indonesia saat melawan penjajah di masa lampau.

Dibawah ini adalah rekomendasi tempat wisata di Surabaya yang populer di kalangan wisatawan dan wajib dikunjungi saat sedang mengunjungi kota yang satu ini.

Tempat Wisata Di Surabaya Paling Terkenal

Tugu Pahlawan

Tugu Pahlawan
Images by: batiqa.com

Terkenal sebagai kota pahlawan maka tak lengkap apabila tidak berkunjung ke Tugu Pahlawan. Tujuan wisata di Surabaya yang pertama adalah Tugu Pahlawan yang merupakan destinasi wisata yang cukup terpopuler dan wajib dikunjungi di kota yang satu ini.

Monumen yang dibangun dan diletakan di pusat kota Surabaya ini bertujuan untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur. Anda juga dapat mengunjungi yang berisi foto dokumentasi saat Tugu Pahlawan ini dibangun yang berada di bawah taman Tugu Pahlawan.

Tempat wisata di Surabaya yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang menyukai wisata sejarah sekaligus menambah edukasi.

Jembatan Suramadu

Jembatan Suramadu
Images by: Media Indonesia

Siapa yang tak tahu jembatan Suramadu? Tak lengkap rasanya apabila berkunjung ke Surabaya tanpa berkunjung ke jembatan yang satu ini. Jembatan Suramadu sendiri merupakan jembatan yang menghubungkan kota Surabaya dengan Kota Bangkalan, Madura.

Jembatan Suramadu pertama dibuka secara resmi pada Juni 2009, dengan panjang lintasan 5,4 km, menjadikan jembatan yang satu ini jembatan terpanjang yang ada di Indonesia sekaligus jembatan pertama yang berdiri dan melintasi Selat Madura.

Jembatan ini terdiri dari beberapa bagian kabel dengan tiga bentang yang memiliki panjang 192 meter (630 kaki), 434 meter (1.424 kaki), dan 192 meter (630 kaki). Selain itu Jembatan Suramadu memiliki dua jalur di setiap arah yang ditambah dengan jalur darurat serta jalur khusus sepeda motor di setiap arah.

Museum Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia
Images by: Wikipedia

Tempat wisata di Surabaya yang selanjutnya adalah Museum Bank Indonesia. Selain memiliki nilai sejarah, tempat wisata Museum Bank Indonesia di Surabaya ini juga menjadi tempat wisata yang edukatif dan cocok untuk menambah pengetahuan Anda mengenai sejarah.

Sesuai dengan namanya, Museum Bank Indonesia dibangun oleh Bank Indonesia dan secara resmi dibuka pada 27 Januari 2012 setelah mengalami restorasi.

Museum Bank Indonesia ini menempati gedung yang dulunya disebut De Javasche Bank yang berarti Bank Sentral Hindia Belanda.

Usai Indonesia merdeka gedung De Javasche Bank tetap berfungsi dan digunakan sebagai cabang dari Bank Indonesia Surabaya hingga tahun 1973.

Bukit Larangan Panceng

Tak hanya wisata sejarah, Surabaya juga memiliki destinasi wisata alam yang tak kalah indah dengan kota lain. Tempat wisata di Surabaya dengan panorama alam yang indah antara lain adalah Bukit Larangan Panceng.

Bukit ini menjadi tempat wisata yang sangat direkomendasikan bagi para pecinta wisata alam. Untuk mengunjungi tempat wisata yang satu ini, Anda harus menempuh jarak yang cukup jauh dari pusat kota ke lokasi dengan waktu 1 jam 20 menit.

Tujuan wisata Surabaya ini menawarkan Anda pemandangan garis pantai yang memanjang dan dikelilingi rindang pepohonan hijau yang terlihat seperti pembatas.

Masjid Laksamana Cheng Ho

Destinasi wisata Surabaya yang selanjutnya datang dari wisata religi di Masjid Laksamana Cheng Ho. Sesuai dengan namanya, Masjid Laksamana Cheng Ho menampilkan arsitektur khas Tionghoa yang terkenal akan relief naga serta patung singa.

Yang membuat daya tarik adalah lafaz Allah dengan huruf Arab yang terdapat pada bangunan masjid ini.

Masjid Laksamana Cheng Ho termasuk salah satu tempat wisata di Surabaya yang cukup terkenal. Masjid Laksamana Cheng Ho ini dibangun sebagai sebuah bentuk penghormatan untuk Laksamana Cheng Ho yang turut berperan penting dalam proses penyebaran agama Islam di Surabaya.

Pantai Ria Kenjeran

Untuk Anda yang suka suasana pantai, Tempat wisata di Surabaya yang satu ini sangat cocok untuk Anda kunjungi. Pantai Ria Kejeran merupakan pantai satu-satunya yang Ada di Surabaya.

Selain dapat menikmati udara pantai yang sejuk, wisatawan juga dapat menikmati berbagai pertunjukan seperti barongsai, aktivitas berkuda, atau sekadar ngemil dan mengobrol di pinggir pantai untuk menghabiskan waktu liburan Anda.

Sangat disarankan untuk mengunjungi pantai yang satu ini pada sore hari, hal ini dikarenakan Anda dapat melihat momen matahari terbenam atau sunset yang megah dan indah.

Tempat wisata di Surabaya yang satu ini juga tidak jauh dari pusat kota sehingga Anda hanya membutuhkan waktu 20 menit untuk sampai di Pantai yang satu ini.

Kebun Bibit Wonorejo

Kebun bibit Wonorejo menjadi tempat wisata di Surabaya yang wajib Anda kunjungi saat berada di Surabaya. Kebun bibit Wonorejo ini dipenuhi dengan berbagai macam pepohonan hijau membuat destinasi wisata yang satu ini memiliki hawa yang sejuk.

Kebun bibit ini memiliki luas sekitar 5.9 hektar. Wisatawan bahkan tidak perlu membayar tiket masuk alias gratis untuk mengunjungi tempat yang satu ini. Anda dapat berswafoto atau pun berjalan-jalan santai sambil menikmati udara yang sejuk.

Pengunjung juga diperbolehkan untuk melakukan aktivitas olahraga seperti jogging di area taman, bermain wall climbing, hingga senam. Tempat wisata yang satu ini beroperasional mulai dari pukul 8 pagi hingga pukul 5 sore.

Fasilitas yang dimiliki juga cukup lengkap dan nyaman, sudah tersedia toilet umum yang bersih, water tap yang dapat diminum, berbagai macam jajanan, dan tentunya dapat membeli bibit tanaman.

Mangrove Gunung Anyar

Tempat wisata di Surabaya yang selanjutnya adalah Mangrove Gunung Anyar. Selain hutan mangrove Wonorejo ada juga hutan mangrove di Surabaya yakni Mangrove Gunung Anyar. Hutan Mangrove ini menawarkan fasilitas yang serupa dengan hutan mangrove Wonorejo.

Anda akan menjumpai jembatan kayu yang menembus area hutan bakau. Anda juga dapat menyewa perahu nelayan di tempat wisata Surabaya yang satu ini dengan membayar harga sewa perahu sebesar Rp50.000 untuk bisa menyusuri hutan mangrove menggunakan perahu.

Kampung Wisata Jambangan

Tempat wisata di Surabaya yang banyak dikunjungi berikutnya adalah Kampung Wisata Jambangan yang dikenal sebagai kampung yang hijau, rapi, serta bersih di kota Surabaya.

Di tempat wisata yang satu ini, wisatawan dapat mempelajari cara untuk membuat pupuk kompos dengan memanfaatkan sampah organik dan non-organik.

Pengelolaan limbah air juga menjadi daya tarik dari wisata ini. Limbah tersebut berasal dari air mandi serta cucian masyarakat yang tinggal disekitar wilayah Jambang dan kemudian akan dilakukan proses penyaringan. sangat edukatif sekali bukan?

Nah itu dia deretan tempat wisata di Surabaya yang wajib banget dikunjungi saat berada di Kota terbesar kedua di Indonesia ini.