Selalu Ramai, 7 Tempat Wisata Di Purwakarta Ini Terkenal Banget!

Tempat wisata di Purwakarta
Images by: Media Indonesia

Waktuku.com – Terletak tidak jauh dari Ibu Kota membuat tempat wisata di Purwarkan menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik perhatian.

Daerah yang terletak di Jawa Barat ini memiliki julukan sebagai kota pensiun karena memiliki suasana yang tentram, jauh dari hiruk pikuk maupun keramaian.

Purwakarta memiliki beragam tempat wisata yang tak kalah menarik dari kota-kota lainnya. Didominasi dengan area perbukitan menjadikan kota yang satu ini memiliki banyak wisata alam yang menawarkan pemandangan Indah dan sayang untuk Anda lewatkan.

Udara yang lumayan sejuk, pemandangan yang alami, serta air yang jernih tampaknya sangat cocok untuk menggambarkan suasana tempat wisata di Purwakarta. Selain dapat membuat pikiran Anda menjadi lebih fresh, berlibur dan mengunjungi tempat wisata juga dipercaya dapat menambah pengalaman baru.

Tidak perlu jauh-jauh untuk berwisata ke tempat yang indah, karena Anda dapat berkunjung ke Purwakarta yang lokasinya masih dekat dengan Jakarta. Nah ini dia sejumlah tempat wisata di Purwakarta yang dapat dijadikan pilihan untuk Anda kunjungi bersama orang-orang tercinta.

Tempat Wisata Di Purwakarta

Waduk Jatiluhur

Waduk Jatiluhur
Iamges by; unsplash.com

Waduk Jatiluhur menjadi tempat wisata di Purwakarta yang wajib banget dikunjungi. Waduk Jatiluhur sendiri berlokasi di Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta.

Waduk yang satu ini merupakan waduk serbaguna pertama yang ada di kota ini sekaligus waduk terbesar di Indonesia.

Waduk Jatiluhur dibangun dengan cara membendung Sungai Citarum yang memiliki luas daerah aliran sungai sebesar 4.500 km2. Bendungan yang satu ini dibangun pada tahun 1957 dengan peletakan batu pertama dilakukan oleh Presiden RI pertama Ir Soekarno dan diresmikan secara langsung oleh Presiden Soeharto pada 26 Agustus 1967.

Waduk Jatiluhur akan menawarkan Anda pesona keindahan yang sangat mempesona bagi siapapun yang mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Wisatawan dapat menjumpai berbagai spot foto menarik yang instagramable. Untuk mengunjungi tempat wisata ini Anda hanya perlu membayar tiket masuk waduk Jatiluhur seharga Rp 5.000 saja!

Bukit Katumbiri

Bukit Katumbiri
Images by: Instagram

Tempat wisata di Purwakarta selanjutnya yang wajib Anda kunjungi adalah Bukit Katumbiri yang secara resmi dibuka sejak awal tahun 2018 lalu. Tempat wisata ini menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak digemari oleh banyak orang.

Katumbiri sendiri merupakan istilah yang diambil dari bahasa Sunda yang memiliki arti pelangi. Lokasi Bukit Katumbiri terletak di Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Di tempat wisata yang satu ini Anda dapat menikmati pemandangan yang mempesona berupa hamparan perbukitan hijau yang dilengkapi dengan udara yang masih segar dan asri.

Anda dapat menjumpai berbagai spot foto menarik dengan latar belakang perbukitan. Tempat wisata di Purwakarta yang satu ini juga dilengkapi dengan menara pandang.

Untuk dapat mengunjungi tempat wisata Bukit Katumbiri Anda perlu merogoh kocek untuk tiket masuk sebesar Rp 10.000 untuk satu orangnya.

Taman Air Mancur Sri Baduga

Taman Air Mancur Sri Baduga
Images by: Instagram

Tak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk menyaksikan pertunjukan air mancur ala Wing of Time Singapore. Pasalnya Anda dapat menyaksikan pertunjukan air mancur yang sangat cantik di Taman Air Mancur Sri Baduga yang berada di Purwakarta.

Taman Air Mancur Sri Baduga diklaim sebagai air mancur yang terbesar yang ada di Asia Tenggara.Taman Air Mancur Sri Baduga merupakan satu tempat wisata kebanggaan warga Purwakarta.

Taman ini terletak di Situ Buleud, Nagri Kidul, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Tempat wisata di Purwakarta yang satu merupakan destinasi wisata yang sangat indah dan sayang untuk tidak disambangi saat berkunjung ke Purwakarta.

Pada sore hari Taman Air Mancur Sri Baduga banyak dipenuhi oleh pengunjung yang melakukan aktivitas olahraga. Dikelilingi oleh pohon yang rindang membuat tempat yang satu ini sangat nyaman.

Sedangkan saat malam hari, destinasi wisata di Purwakarta ini akan berubah menjadi tempat yang menakjubkan dengan hadirnya pertunjukan air mancur dengan lampu warna-warni.

Untuk mengunjungi tempat wisata yang satu ini Anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun alias gratis.

Parang Gombong

Ingin pergi berkemah? Parang Gombong bisa Anda jadikan solusinya. Jika ingin berkemah dengan pemandangan yang indah serta danau yang luas, rumput hijau, suasana pegunungan, Parang Gombong sangat cocok Anda jadikan pilihan.

Parang Gombong merupakan tempat wisata yang menawarkan pemandangan indahnya matahari terbit hingga tenggelam yang begitu mempesona. Parang Gombong sendiri berlokasi di Kutamanah, Sukasari, Kabupaten Purwakarta.

Selain menawarkan pemandangan yang indah, tersedia pula spot-spot foto yang Instagramable, deretan warung makan, serta mushola, dan toilet.

Gunung Bongkok

Tempat wisata di Purwakarta yang menawarkan nuansa alam adalah Gunung Bongkok yang berlokasi di Cisarua, Kecamatan Tegalwaru, Purwakarta, Jawa Barat.

Jika Anda menyukai suasana alam dengan pemandangan bukit-bukit hijau, maka tempat wisata yang satu ini sangat cocok dengan Anda.

Di tempat yang satu ini Anda dapat menikmati keindahan bukit-bukit terjal yang sangat luas. Suasananya yang sejuk dan panorama alam berupa pepohonan hijau dapat memberikan setiap wisatawan suasana yang tenang dan damai.

Selain pemandangan hijau, Gunung Bongkok juga menawarkan pemandangan matahari terbit yang sangat Indah dan sayang untuk dilewatkan.

Selain itu Anda juga akan menjumpai banyak spot foto yang instagramable dengan latar belakang dan suasana alam. Untuk memasuki tempat wisata yang satu ini wisatawan harus membayar biaya administrasi sebesar Rp 12.000 untuk satu orang serta tarif parkir Rp 5.000 untuk motor.

Urban Farming

Tempat wisata di Purwakarta yang selanjutnya adalah Urban Farming yang menjadi salah satu destinasi Purwakarta yang sangat viral akhir-akhir ini. Di tempat wisata ini terdapat jajaran bangunan khas Eropa yang dilengkapi dengan dekorasinya.

Tempat yang satu ini menawarkan pengalaman berlibur ala eropa yang sangat menyenangkan. Sehingga tak heran apabila tempat wisata yang satu ini menjadi viral dan tak jarang Urban Farming dianggap sebagai tempat wisata yang instagramable di Purwakarta.

Selain menawarkan spot foto yang menarik, disini Anda juga berkunjung taman kelinci, perkebunan, bahkan membeli bibit tanaman seperti sayur hingga buah. Tiket masukanya pun terbilang sangat murah yakni Rp 15.000 saja!

Desa Sajuta Batu

Sesuai dengan namanya, Tempat wisata di Purwakarta yang satu ini menawarkan pemandangan rerumputan hijau yang dipenuhi dengan batu alam yang masih dipertahankan keasliannya hingga saat ini.

Desa ini juga menawarkan pemandangan serta objek menarik lainnya, seperti cagar budaya, pendakian gunung, hingga olahraga offroad. Tempat wisata yang satu ini terletak di Desa Pasanggrahan, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat. Untuk memasuki area wisata ini Anda tidak perlu membayar sepeserpun alias gratis!

Nah itu dia deretan Tempat wisata di Purwakarta, selain tempatnya yang dapat dijangkau dengan mudah tempat wisata diatas menawarkan berbagai pengalaman liburan yang menarik dan sayang untuk dilewatkan. Jangan lupa untuk memperhatikan protokol kesehataan saat pergi liburan.