Selain Danau Toba, 9 Tempat Wisata Di Medan Ini Juga Terkenal

Tempat Wisata Di Medan
Images by: Unsplash.com

Waktuku.com – Sebagai ibu kota dari Sumatera Utara, Kota Medan selalu menjadi tujuan favorit wisatawan lantara banyaknya tempat wisata di Medan yang dapat dikunjungi.

Perkembangan yang begitu pesat menjadikan kota yang satu ini memiliki banyak fasilitas penunjang yang membuat wisatawan semakin nyaman saat liburan di kota yang satu ini.

Anda dapat menemukan beragam tempat wisata yang dapat dikunjungi mulai dari wisata alam dengan pemandangan perbukitan, air terjun, taman bunga, bangunan bersejarah, danau, masjid, vihara, dan lain sebagainya.

Sebagai ibu kota, kota Medan adalah pusat pemerintahan Provinsi Sumatera Utara. Secara administratif, Kota ini terbagi menjadi 21 kecamatan yang memiliki luas total sekitar 26.510. Sebagian besar wilayahnya merupakan dataran rendah.

Selain terkenal dengan Danau Toba, kota yang satu ini terkenal akan budayanya yang kental. Hal ini dikarenakan terdapat banyak suku yang mendiami wilayah ini seperti suku Batak, Jawa, Melayu, hingga Tionghoa.

Umumnya kota Medan akan kedatangan banyak wisatawan pada bulan desember di mana Festival Danau Toba akan diselenggarakan.

Apabila Anda berkunjung ke festival tersebut, ada beberapa tempat wisata di Medan yang sayang untuk dilewatkan selain Danau Toba, lho. Bahkan beberapa di antaranya sudah terkenal hingga ke luar negeri. Simak ulasannya dibawah ini.

9 Tempat Wisata Di Medan Yang Wajib Dikunjungi

Gedung London

Gedung London
Images by: Celoteh Praja

Gedung London Sumatera adalah salah satu tempat wisata di Medan yang berupa bangunan zaman kolonial lima lantai dan memiliki tampilan luar berwarna putih yang berdiri sejak 1960. Gedung London Sumatera terletak di Jalan Jenderal Ahmad Yani.

Pada zamannya, gedung bergaya eropa ini memiliki fungsi sebagai kantor perdagangan dan perkebunan. Apabila berkunjung ke Sumatera Utara, jangan lupa untuk mengunjungi tempat wisata yang berada di kota Medan satu ini ya!

Istana Maimun

Istana Maimun
Images by: Andalas Tourism

Tempat wisata di Medan yang selanjutnya adalah Istana Maimun yang dikenal juga dengan sebutan Istana Putri Hijau.

Istana ini merupakan bangunan istana peninggalan Kerajaan Deli. Bangunan ini didominasi dengan warna kuning yang menggambarkan ciri khas kerajaan Melayu.

Istana ini berdiri sejak 25 Agustus 1888 pada zaman pemerintahan Sultan Makmun Al- Rasyid Perkasa Alamsyah.

Istana maimun sendiri berlokasi di di Jalan Brigadir Jenderal Katamso, kelurahan Sukaraja, Kecamatan Medan Maimun, Medan.

Saat waktu tertentu, tempat wisata di Medan yang satu ini kerap menggelar pertunjukan musik tradisional Melayu.

Bangunan Istana Maimun terlihat sangat megah dan banyak wisatawan yang menjadikannya sebagai latar foto yang menarik.

Wisatawan dapat berkunjung ke istana dan menjumpai berbagai koleksi benda antik dan bersejarah.

Masjid Raya Al-Mashun

Masjid Raya Al-Mashun
Images by: Wikipedia

Dibangun pada masa pemerintahan Sultan Ma’mun Al-Rasyid Perkasa Alamsyah (1873-1942), Masjid Raya Al-Mashun menjadi salah satu tempat wisata di Medan yang wajib Anda kunjungi.

Berdiri di lahan seluas 1 hektar, Masjid Raya Al-Mashun terdiri dari beberapa bangunan dengan satu bangunan utama serta tiga bangunan pelengkap. Masjid ini memiliki bentuk persegi delapan dan memiliki lima kubah.

Tampilannya yang begitu megah membuat wisatawan yang mengunjungi terpukau. Masjid Raya Al-Mashun ini sendiri merupakan sebuah karya arsitek asal Belanda bernama T. H. van Erp yang mengkombinasikan gaya arsitektur Timur Tengah, India, sekaligus Eropa.

Air Terjun Sipiso Piso

Air Terjun Sipiso Piso merupakan tempat wisata di Medan yang cukup populer belakangan ini. Terletak tak jauh dari Danau Toba menjadikannya sayang untuk dilewatkan.

Selain menawarkan panorama alam berupa air terjun yang dapat memanjakan mata Anda, suasana yang sejuk dan nyaman, Anda juga dapat menikmati pemandangan danau Toba dari ketinggian.

Buat Anda yang senang dengan wisata alam, Air Terjun Sipiso Piso dapat dijadikan tujuan wisata saat ke Medan.

Vihara Gunung Timur

Tempat Wisata di Medan yang selanjutnya adalah Vihara Gunung Timur Medan yang terletak di Jalan Hang Tuah 16, Medan.

Vihara Gunung Timur menghadap ke arah Sungai Babura yang diyakini akan memberikan keberuntungan bagi kelenteng ini.

Bangunannya cukup luas dan terlihat mewah, Dekorasi berupa dua ekor naga menghiasi atap vihara beserta dua ekor ikan raksasa.

Sejumlah hiasan juga memenuhi sisi-sisi bangunan. Di bagian pintu masuk, Anda akan menemui dua arca singa yang terbuat dari batu hitam serta dua arca singa lain yang dari batu putih. Bangunan yang didominasi dengan warna merah ini digunakan sebagai tempat ibadah dan wisata.

Di dalam Vihara Gunung Timur terdapat sebuah bedug atau tambur yang umumnya akan dibunyikan ketika hendak melakukan tradisi atau ritual.

Keindahan arsitektur Vihara Gunung Timur menjadi daya tarik tersendiri. Untuk Anda yang berkunjung ke Medan, tidak lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke tempat yang satu ini!

Air Terjun Sibolangit

Air terjun Sibolangit dapat dijadikan salah satu destinasi wisata yang harus dikunjungi saat berkunjung ke Medan. Air terjun ini berlokasi di desa Durin Sirugun, Kecamatan Sibolangit, Deli Serdang.

Untuk mencapai tempat wisata di Medan yang satu ini, Anda membutuhkan waktu sekitar 2 jam dari kota Medan. Saat berkunjung pastikan dalam keadaan yang fit karena Anda akan menelusuri hutan terlebih dahulu.

Bukit Holbung

Destinasi yang selanjutnya adalah bukit Holbung yang berada di pulau samosir. Di pulau samosir Anda akan menemukan sebuah bukit yang sangat Indah. Bukit ini bernama Holbung, Anda dapat melihat pemandangan Danau Toba dari ketinggian yang terlihat begitu eksotis.

Perpaduan pemandangn yang cantik membuat suasana menjadi begitu eksotis dan sayang untuk tidak diabadikan melalui kamera. Tempat ini sangat cocok untuk Anda yang menyukai suasana yang sejuk dan santai.

Kuil Shri Mariamman

Berbicara mengenai tempat wisata di Medan memang tak ada habisnya bila bicara mengenai wisata sejarah.

Ada banyak sekali bangunan bersejarah di kota yang satu ini salah satunya adalah Kuil Shri Mariamman yang berlokasi di persimpangan Jalan Teuku Umar dan Jalan Zainul Arifin Medan Menurut Dinas Pariwisata Kota Medan.

Kuil Shri Mariamman merupakan kuil Hindu tertua yang berada di Kota Medan yang dibangun pada tahun 1884.

Kuil Shri Mariamman digunakan oleh umat Hindu untuk sembahyang dan dalam beberapa kesempatan, Kuil Shri Mariamman juga dijadikan tempat ritual agama hindu, seperti perayaan Deepavali dan Panen padi.

Kuil Shri Mariamman ini dihiasi dengan beragam ornamen serta warna yang menarik ditambah beberapa hiasan sejumlah patung yang memperindah bangunan.

Merdeka Walk

Saat berkunjung ke kota Medan jangan lupa untuk mengunjungi Merdeka Walk yang terletak di Jalan Balai Kota, Kesawan, Kecamatan Medan Barat, Kota Medan.

Tempat wisata di Medan yang satu ini diresmikan pada tanggal 14 April 2005. Wisatawan dapat berwisata kuliner dan menikmati berbagai sajian kuliner atau sekedar berjalan-jalan di sekitar lokasi sembari menikmati suasana kota Medan.

Nah itu dia berbagai tempat wisata di Medan mulai dari wisata alam hingga wisata sejarah yang sayang untuk dilewatkan.