7 Tempat Wisata Di Bandung Ini Wajib Banget Dikunjungi!

Tempat Wisata Di Bandung
Images by: Unsplash.com

Waktuku.com – Tempat wisata di Bandung menjadi salah satu destinasi liburan yang tak pernah sepi peminat. Hal ini dikarenakan kota yang memiliki julukan kota kembang ini menawarkan panorama alam yang indah.

Banyak wisatawan yang berasal dari luar kota memilih untuk menghabiskan waktu berlibur mereka di kota yang satu ini. Bandung memiliki beragam tempat wisata yang menarik yang tersebar luas mulai dari kota hingga daerah pinggiran seperti Lembang dan Ciwidey.

Kota bandung menawarkan pengalaman wisata kota tempo dulu, Lembang sendiri merupakan kawasan pegunungan yang terletak di ketinggian sekitar 1.312 hingga 2.084 Mdpl.

Panorama pegunungan serta pepohonan yang sejuk menjadi daya tarik para wisatawan. Tak berbeda jauh dengan lembang, ciwidey juga menawarkan panorama alam yang jauh lebih alami.

Untuk Anda yang tertarik untuk berlibur ke kota Bandung, pastikan untuk menyimak artikel dibawah ini sebelum mengunjungi tempat wisata di Bandung:

Tempat Wisata Di Bandung

Kawah Putih

Kawah Putih
Images by: Unsplash.com

Siapa sih yang tidak kenal dengan tempat wisata yang satu ini? Kawah Putih menjadi salah satu tempat wisata di Bandung yang menjadi favorit banyak wisatawan. Kawah putih berlokasi di Jalan Raya Ciwidey Patengan Km 11, Kabupaten Bandung.

Kawah Putih sendiri merupakan sebuah danau kawah yang terbentuk akibat adanya letusan Gunung Patuha yang merupakan gunung berapi di Jawa Barat.

Di balik kepopulerannya tersebut, terdapat daya tarik lain yang bikin kawah putih sangat menarik untuk dikunjungi yakni spot sunrise yang akan memanjakan mata setiap orang.

Selain menjadi tempat wisata, kawah putih juga banyak dijadikan sebagai tempat foto prewedding hingga lokasi shooting.

Karena udaranya yang sangat dingin, pastikan untuk mengenakan pakaian yang tebal serta masker untuk menghindari bau belerang yang kurang nyaman.

Jam operasional Kawah Putih sendiri adalah pkl 07.30 WIB hingga 17.00 WIB dengan tiket masuk seharga Rp 45.000 untuk wisatawan domestik serta Rp 95.000 untuk wisatawan mancanegara.

Ranca Upas

Ranca Upas
Images by: Unsplash.com

Selain Kawah Putih, Ranca Upas menjadi tempat wisata di Bandung yang ramai dikunjungi. Hal ini dikarenakan Ranca Upas menawarkan panorama alam yang luar biasa.

Selain itu, tempat wisata yang satu ini memiliki penangkaran rusa yang menyenangkan. Sunrise dengan kabut pagi yang ditawarkan oleh tempat wisata yang satu ini juga tidak kalah cantik dengan tempat lainnya.

Untuk Anda yang ingin berkunjung ke tempat wisata di Bandung yang satu ini, Anda dapat mendatangi lokasi Ranca Upas yang berada di Jalan Raya Ciwidey Patenggang KM. 11, Alam Endah, Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Lokasinya berada sekitar 50 km di bagian selatan Kota Bandung. Anda juga dapat camping di tempat wisata yang satu ini, pastikan untuk membawa pakaian hangat karena udara akan semakin dingin saat malam hari.

Untuk masuk ke Ranca Upas Anda hanya perlu membayar tiket seharga Rp 25.000 untuk wisatawan domestik, sedangkan untuk wisatawan mancanegara harus merogoh kocek sekitar Rp 44.000.

Apabila berencana untuk camping disini Anda perlu merogoh kocek sebesar Rp 44.000 untuk satu orangnya.

Sunrise Point Cukul

Sunrise Point Cukul
Images by: Unsplash.com

Untuk para penikmat sunrise, Sunrise Point Cukul adalah tempat yang sangat cocok untuk melihat matahari terbit yang berlokasi di kawasan Bandung Selatan.

Anda dapat menyaksikan matahari terbit dari ketinggian 1.600 diatas permukaan laut. Selain menikmati sunrise, Anda juga dapat berkemah di tempat wisata di Bandung yang satu ini.

Anda akan melihat hamparan bintang sekaligus galaxy bima sakti di malam hari dan keesokan harinya menjelajahi hamparan kebun teh yang sangat tertata dengan rapi.

Untuk jam operasionalnya, wisata sunrise point di Cukul buka pada pukul 08.00 WIB hingga 18.00 WIB. Namun karena tempat wisata yang satu ini memiliki daya tarik yang terletak pada sunrise membuat tempat ini buka 24 jam.

Untuk mengunjungi tempat wisata yang satu ini Anda hanya perlu membayar tiket seharga Rp 10.000 untuk satu orangnya.

Situ Patenggang

Situ Patenggang
Images by: Unsplash.com

Tempat wisata di Bandung yang selanjutnya adalah Situ Patenggang atau yang dikenal juga dengan nama Situ Patengan.

Situ patenggang sendiri merupakan objek wisata berupa danau yang lokasinya berada di kawasan objek wisata alam Ciwidey yang terletak di Bandung bagian Selatan, Jawa Barat, Indonesia.

Situ Patenggang sendiri merupakan danau yang terletak di ketinggian 1600 meter di atas permukaan laut. Danau yang satu ini menawarkan pemandangan alam yang sangat eksotik dan alami ditambah kabut pagi yang membuat suasana terlihat sangat tenang.

Untuk harga tiket Situ Patenggang wisatawan lokal dikenakan harga Rp 15.000 – Rp 20.000/orang. Sedangkan wisatawan mancanegara sekitar Rp 135.000 – Rp 185.000/orang.

The Great Asia Africa

The Great Asia Africa
image by: trivindo.com

Selain daerah Ciwidey, tempat wisata di Bandung tepatnya lembang juga cukup terkenal di berbagai kalangan wisatawan.

Ada banyak sekali tempat wisata yang terletak di lembang, salah satunya adalah The Great Asia Afrika yang berlokasi di Jl. Raya Lembang – Bandung No.71, Gudangkahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Tempat wisata di Bandung yang satu ini menawarkan wisata replikasi berupa bangunan dari negara Asia serta Afrika.

Di tempat ini Anda beserta keluarga dapat merasakan sensasi berada di tujuh negara sekaligus. Replika bangunan negara-negara yang terdapat di sini antara lain adalah Indonesia, Jepang, Timur Tengah, Korea, Afrika, Thailand hingga India.

The Great Asia Afrika beroperasional setiap hari pukul 09.00 hingga 18.00 dengan harga tiket sebesar Rp 50.000 untuk satu orangnya.

Farmhouse Susu Lembang

Farmhouse Susu Lembang
image by: Viva.co.id

Farmhouse Susu Lembang merupakan tempat wisata di Bandung yang sangat viral dan banyak direkomendasikan oleh banyak orang.

Harga tiket yang ditawarkan pun cukup murah yakni berkisar Rp 25.000 yang berlaku untuk weekday dan weekend. Tak hanya itu, bahkan harga tiket masuk tersebut juga berlaku untuk wisatawan mancanegara.

Anda juga dapat menukarkan tiket dengan minuman berupa susu gratis. Ada banyak wahana yang dapat Anda nikmati di tempat wisata yang satu ini Antara lain adalah penyewaan kostum yang unik dan lucu.

Wisata Perkotaan Di Kota Bandung

jalan braga
image by: berwisata.id

Selain menikmati panorama alam, Anda juga dapat berwisata di kota Bandung. Salah satu yang dapat dikunjungi adalah jalan Braga yang merupakan salah satu andalan tujuan wisata di kota Bandung. Destinasi yang berada di pusat kota Bandung ini memiliki nilai sejarah tersendiri.

Anda juga dapat berwisata kuliner di jantung Kota Bandung yang selalu dipadati oleh wisatawan. Selain itu Anda juga mengelilingi kota Bandung karena setiap sudutnya membuat Anda ingin mengambil foto terus menerus.

Nah itu dia beberapa tempat wisata di Bandung yang menjadi destinasi favorit masyarakat dari berbagai kalangan.

Untuk Anda yang ingin berwisata ke Bandung pastikan untuk membawa perlengkapan yang memadai saat ingin mengunjungi wisata yang berada di dataran tinggi Bandung.