William Tanuwijaya

Waktuku.comWilliam Tanuwijaya, Anda pernah berbelanja online di situs-situs online shop yang ada di Indonesia? Pastinya sekali dua kali Anda pernah. Pasti Anda pernah mendengar situs online shop Tokopedia.

William Tanuwijaya Bos Tokopedia

Sebagian dari Anda ada yang sudah tahu dan ada juga yang belum. Berikut ini kami akan memberikan biografi singkat William Tanuwijaya seorang pendiri situs web Tokopedia. William Tanuwijaya adalah seorang pengusaha yang lahir di Pemantang Siantar, 18 November 1981, William lahir dari keluarga biasa dan setelah lulus SMA, William pun hijrah ke Jakarta untuk melanjutkan pendidikan di bangu kuliahnya di Binus. Ia juga sempat bekerja di warnet untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Setelah lulus kuliah, ia pun sempat kerja kantoran yang bergerak di bidang pengembangan software komputer, William berkeinginan untuk memiliki perusahaan sendiri dan di tahun 2007, ia mendirikan Tokopedia. Tujuan dari berdirinya perusahaan tersebut adalah sebagai perantara untuk mempertemukan antara penjual dan pembeli dari seluruh Indonesia yang aman dan terpercaya.

Untuk membangun perusahaan tersebut, ia membutuhkan modal yang cukup besar, belum lagi ayahnya yang di vonis penyakit kanker dan William pun menjadi tulang punggung untuk menafkahi keluarganya.

Ia meyakini bahwa cita-citanya mendirikan sebuah perusahaan tersebut akan berhasil dan ia pun banyak belajar dari Facebook dan Google yang di dirikan melalui permodalan starup melalui pemodal (perusahaan ventura). Ia pun mengunjungi teman-temannya sampai bos di tempat ia kerja untuk memodali idenya tersebut.

Selama kurang lebih 2 tahun mencari investor, dan orang-orang menganggap bahwa idenya tersebut terlalu tinggi, untuk medapatkan kepercayaan dari orang lain tersebut, semuanya berawal dari nol.

Tokopedia Berdiri Kapan

Tepatnya pada tanggal 6 Februari 2009, William Tanuwijaya akhirnya mendirikan perusahaan bernama Tokopedia dan mendapatkan suntikan dana dari para investor, salah satunya dari bos dari tempat ia bekerja. Tokopedia pun mendapat penghargaan dari Bubu Awards sebagai E-Commerce terbaik di Indonesia.

Dari tahun ke tahun Tokopedia mendapatkan pendanaan dari berbagai investor, seperti dari Softbank di tahun 2013, Beenos di tahun 2012, CyberAgent Venture di tahun 2011 dan East Venture di tahun 2010.

Di tahun 2014, Tokopedia mendapatkan dana dari Softbank sebesar 100 juta Dollar, dan saat ini Wiliam Tanuwijaya merupakan CEO Tokopedia dan Leontinus Alpha Edison menjad COO Tokopedia. Sampai saat ini Tokopedia semakin berkembang pesat sebagai online shop yang banyak sebagai E-Commerce terbaik di Indonesia.

Semoga biografi singkat William Tanuwijaya pendiri Tokopedia ini bermanfaat bagi kita semua untuk menginspirasi menjadi pengusaha sukses dan berjiwa besar.