Tips traveling ke luar negeri
Foto : Asma Nadia

Waktuku.comTips Traveling Ke luar negeri, di era yang modern saat ini telah mempermudah kita dalam berbagai hal termasuk dalam urusan traveling. Kalau dulu, kita tidak bisa semudah saat ini ketika akan pergi ke suatu tempat, kendaraan yang minim dan juga minim akan informasi-informasi seputar wisata yang keren-keren.

Maka dari itu, kalian harus bersyukur sudah hidup di era modern saat ini. Sekarang eranya era globalisasi, sangat berbeda dengan era terdahulu. Zaman yang sudah memudahkan kita dalam berbagai hal termasuk dalam urusan travel, saat ini di Internet banyak yang menulis artikel berita tentang traveling wisata di nusantara maupun di traveling ke luar negeri

Dan saat ini, juga sudah ada jasa tiket online, yang bisa memudahkan kita dalam memesan sebuah tiket. Di Indonesia banyak sekali tempat-tempat wisata yang sangat indah nan cocok untuk para traveller. Namun, jika kalian ingin sesuatu yang baru, yaitu ingin traveling ke luar negeri, kenapa tidak?

Jika sudah membahas tentang wisata yang ada di luar negeri, pastinya akan muncul dalam benak kita, bagaimana caranya agar bisa traveling ke luar negeri? Untuk itu, kali ini waktuku akan memberikan tipsnya untuk kalian semua yang ingin berlibur ke luar negeri, terutama bagi yang pemula yang baru pertama kali akan berlibur ke luar negeri.

Tips Traveling Ke Luar Negeri

Berikut ini tipsnya ketika akan berlibur ke luar negeri, terumata bagi yang pemula liburan ke luar negeri. Yuk, kita simak tips-tipsnya.

1. Persiapkan Dokumen Yang Lengkap

Hal pertama yang harus Anda siapkan adalah dokumen yang lengkap, terutama KTP, Paspor, maupun Visa jika di negaranya tidak bebas Visa. Satu hal yang paling penting yaitu membawa KTP, Paspor, maupun Visa. KTP nantinya berfungsi ketika Anda berada di sana (luar negeri) sebagai identitas diri bahwa Anda dari Indonesia, juga nantinya buat chek in pesawat domestik.

Lalu Paspor, disarankan agar membuat paspor setidaknya 3bulan sebelum keberangkatan. Buatlah paspor di Kantor Imigrasi di kota Anda (kota-kota besar). Kenapa disarankan membuat paspor 3 bulan sebelum keberangkatan? Agar nantinya tidak terburu-buru mau berangkat. Setelah membuat paspor, kemudian buatlah Visa jika di negara yang akan Anda kunjungi tidak bebas Visa.

3. Dapatkan Tiket Promo Traveling Ke Luar Negeri

Tiket promo biasanya tersedia jauh-jauh hari sebelumnya, entah itu 6 bulan sebelumnya maupun 1 tahun sebelumnya. Jadi Anda bisa punya banyak waktu untuk mempersiapkan semuanya.

3. Buatlah Detail Perjalanan Dari Itineray Orang Lain Di Internet

Sebelum berangkat, buatlah detail itineray perjalanan dari orang lain di Internet agar nantinya perjalanan Anda lancar dan aman. Misal, catatlah Anda mau kemana saja, menginap di hotel mana, jalur bus dan kereta, tempat wisata, bahkan kuliner-kuliner yang nantinya akan Anda kunjungi.

Tapi bagaimana caranya? Caranya adalah Anda seacrhing di Google dengan kata kunciseperti pada artikel ini “Tips Traveling Ke Luar Negeri”

4. Tukarkan Uang Rupiah dengan Uang di Luar Negeri

Untuk kalian yang ingin traveling ke luar negeri, jangan lupa untuk menukarkan uang rupiah dengan uang luar negeri, misal dollar. Caranya, kalian tukar uang tersebut di money changer lokal, saya saranin jangan nukar di bandara, malal.

5. Belajar Bahasa Inggris

Jika kalian akan traveling atau berlibur ke luar negeri setidaknya belajarlah bahasa inggris meskipun tidak mahir. Saya saranin jika akan ke luar negeri, untuk yang pemula ke Malaysia dulu saja soalnya disana bahasanya hampir sama seperti di Indonesia. Tapi jika ingin ke luar negeri lain, bahasa inggris itu wajib loh..

6. Pesanlah Akomodasi Dari Indonesia

Agar tidak kesulitan, pesanlah akomodasi dari Indonesia, karena lebih murah. Daripada susah booking penginapan disana mending di persiapkan sebelum berangkat. Kalian mau bawa uang mepet pun tidak masalah

7. Bawa Bekal Makanan Yang Cukup

Bawalah bekal dari rumah, misal abon, mie instan, krupuk akan mengingatkanmu pada kampung halaman. Jika perginya ke Malaysia sih tidak masalah, karena disana banyak makanan halal. Tapi kalo ke luar negeri lainnya misal China, Thailand, ataupun Hongkong bekal dari Indonesia patut kalian bawa.

Mungkin itulah beberapa tips untuk traveling atau berlibur ke luar negeri, bagi traveler pemula yang akan ke luar negeri. Semoga tips ini bermanfaat untuk kalian semua (inh/hpw)