Tips Mudik Naik Kereta Api
Image by: Harian Depok

Waktuku.comIndonesia, Tips Mudik Naik Kereta Api, Kereta Api menjadi moda transportasi massal yang aman dan murah yang biasa digunakan untuk perjalanan keluar kota bahkan mudik sekalipun. Selain murah dan tidak terkena macet hal ini menjadikan alasan kenapa Kereta Api masih banyak peminatnya.

Poin Penting:

Berdo’a: Usahakan sebelum berangkat biasakan berdoa sesuai dengan kepercayaan masing-masing.

Barang: Persiapkan barang bawaan Anda jangan sampai tertinggal, dan ingat bawa barang yang penting saja, jangan sampai barang bawaan Anda bisa menyusahkan Anda didalam kereta api.

Rumah: Saat meninggalkan rumah pastikan aliran listrik berjalan dengan baik, aliran air PAM, dan juga keamanan, satu tips jika tetangga Anda tidak mudik, Anda bisa menitipkan rumah Anda kepada tetangga yang tercercaya.

Bekel Makan: Usahakan membawa bekal makan sederhan untuk mengganjal perut, memang Anda bisa membelinya, namun alangkah baiknya bisa membawa makanan dari rumah yang Anda masak sendiri, terutama perbekalan Air Minum.

Tips Kesehatan

Kesehatan
Image By: Liputa6.com

Sebelum melakukan perjalanan jauh dengan menggunakan Kerta Api sebaiknya Anda menjaga kondisi tubuh secara baik, perjalanan kereta api yang memakan waktu 7 sampai 12 jam. Sehingga tubuh harus memerlukan daya yang kuat.

Biasanya Anda tidak akan tidur nyenyak didalam kereta api, dikarenakan suasana yang ramai dan penuh dengan para penumpang menjadikan Anda terjaga setiap waktu, bisa saja Anda tidur, namun tidak akan bisa menikmati tidur dengan pulas.

Datang Lebih Awal

Datang lebih awal
Imeg by: glitzmedia.co

Rata-rata keberangkatan kereta Api biasanya pada pagi hari, usahakan Anda berangkat setelah usai sembahyang subuh, hal ini bisa mengantisipasi terhindar dari macet dan antrian saat memasuki bangku kereta di Stasiun Kereta Api.

Maksimal Membawa Barang

Barang Mudik
image by: duniadianita

Pastikan barang bawaan atau bagasi tidak melebihi ukuran dan berat maksimal yang ditentukan. Syarat dan ketentuan bagasi kereta api, ukuran maksimal adalah 100 dm dengan dimensi 70 cm, 48 cm, dan 30 cm. Kemudian berat maksimal adalah 20 kg (gratis/tidak dikenakan biaya tambahan).

Lebih dari 20 kg sampai dengan maksimal 40 kg akan dikenakan biaya tambahan sesuai kelas kereta api. Jika beratnya melebihi 40 kg, tidak diperbolehkan dinaikkan kedalam kereta api, namun disarankan untuk dikirimkan via logistik atau ekspedisi.