Tips Mudik Menggunakan Kendaraan Umum
Image by rancahpost

WaktukuTips Mudik Menggunakan Kendaraan Umum, Tidak lama lagi bagi para perantau atau pekerja imigran banyak yang akan mudik ke kampung halaman mereka. Mudik dalam bahasa jawa mempunyai singkatan Mu : Muleh (Pulang), Dik : Disek (Sebentar) yang jika diartikan kedua kata tersebut artinya Pulang Sebentar (Mudik).

Mudik identik dengan Hari Raya Idul Fitri dimana banyak orang yang pulang kampung untuk berkumpul dengan sanak keluarga menyambut Hari Raya Idul Fitri momen yang sangat ditunggu-tunggu para perantau atau pekerja imigran untuk bisa berkumpul dengan sanak keluarga dalam waktu yang cukup lama.

Namun, sebelum mudik alangkah baiknya jika kalian perlu menyiapkan persiapan sebelum mudik, baik menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Tips sebelum mudik ini, setidaknya bisa membuat perjalanan mudik Anda menjadi lebih aman dan lebih baik.

4 Tips Mudik Menggunakan Kendaraan Umum

Hal pertama yang harus Anda lakukan jika ingin mudik menggunakan kendaraan umum adalah perhatikan barang bawaan yang sekiranya merepotkan, agar tidak tertinggal.

Kedua, persiapkan uang yang lebih. Terutama uang kecil, hal ini dilakukan agar nantinya selama perjalanan Anda tak perlu repot lagi untuk mengambil kembalian, terlebih lagi ketika menggunakan kendaraan darat seperti bis.

Kedua, berpakaian lah yang sopan agar dalam perjalanan tidak merepotkan dan sebisa mungkin jangan gunakan perhiasan dan barang berharga lainnya selama perjalanan, hal ini dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan

Ketiga, sebisa mungkin untuk menghindari pemberian makanan maupun minuman dari orang yang tak dikenal, karena perjalanan arus mudik lebih lama dari perjalanan normal, bawalah obat-obatan pribadi dan juga air putih yang cukup, dan jagalah kesehatan Anda selama perjalanan terlebih perjalanan pada malam hari.

Dan yang keempat, yang paling penting adalah berdo’a kepada Allah, mintalah agar selalu berada dalam lindungan-Nya dan dijauhkan dari mala bahaya, dan juga selamat sampai tujuan.

Selama perjalanan mudik, perhatikan kondisi kendaraan dan jika turun dari kendaraan mudik dan tetaplah untuk selalu waspada. Selamat Mudik Lebaran 🙂 semoga mudik Anda menyenangkan, aman, dan berjalan dengan lancar.