Tips Mudik Menggunakan Kendaraan Pribadi
Image by kompasiana

Waktuku.comTips Mudik Menggunakan Kendaraan Pribadi, Mudik menjelang hari lebaran telah menjadi tradisi bagi orang Indonesia. Dengan mudik, orang perantau atau pekerja imigran bisa berkumpul dengan keluarga mereka masing-masing. Hadirnya sanak saudara yang sedang berada di perantauan membuat suasana dalam rumah menjadi lebih ramai karena kebersamaan mereka.

Jika menjelang lebaran, banyak orang yang mudik atau pulang kampung. Ada yang mudik lebaran dengan kendaraan umum, dan ada juga yang mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Namun, karena harga tiket semakin mahal ketika menjelang mudik lebaran. Banyak orang yang memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi saja. Karena, menekan biaya transportasi.

Namun, semua itu ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Mudik menggunakan kendaraan pribadi juga ada kekurangannya seperti: macet di jalan rute jalan yang tidak terprediksi, rute jalan yang tidak hafal hingga membuat nyasar, dan keselamatan di jalan raya.

Lalu apa yang harus Anda lakukan agar mudik pada tahun ini berjalan lancar, aman, dan selamat sampai tujuan? Untuk Anda yang ingin mudik menggunakan kendaraan pribadi, berikut ini tips mudik menggunakan kendaraan pribadi.

Tips Mudik Menggunakan Kendaraan Pribadi

Hal pertama kali yang harus Anda persiapkan adalah dengan mengecek kendaraan sebelum mudik. Coba periksalah kendaraan pribadi Anda ke bengkel, coba cek sudah amankah untuk dibawa perjalanan jauh atau tidak. Ini merupakan faktor penting untuk menjaga keselamatan Anda nantinya di tengah perjalanan.

Untuk mobil, usahakan untuk mengecek atau memeriksa rem, oli, air bag, dan ban mobil. Dan untuk motor, usahakan untuk memeriksa mesin, rem, dan ban. Hal tersebut janganlah Anda remehkan, karena banyak kecelakaan diakibatkan oleh kondisi kendaraan yang tidak layak pakai dan tidak memeriksanya terlebih dahulu.

Kedua, hindari muatan yang berlebihan. Jangan membawa muatan yang melebihi kapasitas kendaraan Anda, pada dasarnya setiap kendaraan di desain untuk menampung muatan atau orang sesuai kapasitasnya masing-masing. Namun, jika terjadi muatan yang berlebihan, hal ini berdampak pada keselamatan penumpang.

Ketiga, bawalah uang tunai yang cukup. Meskipun Anda mempunyai kartu ATM, hendaknya bawalah uang yang cukup selama perjalanan. Karena, selama menuju perjalanan ke kampung tidak selalu ada mesin ATM. Dan , tidak semua toko bisa dibayar menggunakan kartu ATM. Untuk itu, membawa uang yang cukup adalah sebuah keharusan.

Keempat, bawalah bekal makanan dan minuman yang cukup. Kemacetan saat mudik itu selalu terjadi, seperti di jalan tol. Ada baiknya jika Anda membawa bekal makanan dan minuman selama perjalanan. Karena, berkendara saat perut lapar, bisa menghilangkan konsentrasi dalam menyetir.

Kelima, aktifkan GPS atau bawa Peta. Hal ini dilakukan jika Anda tidak hafal rute, Anda bisa melihatnya di GPS ini. Dan jangan lupa, bawa powerbank agar handpone Anda tidak mati.

Keenam, patuhi lalu lintas. Jangan kebut-kebutan, dan berkendaralah sesuai dengan kecepatan normal.

Ketujuh, istirahatlah saat kelelahan. Istirahatlah ketika Anda lelah, jangan paksakan untuk menyetir karena hal ini juga berisiko dalam keselamatan berkendara selama di perjalanan.

Jangan lupa untuk selalu mengutamakan keselamatan, dan yang lebih penting selalu berdo’a kepada Allah selama dalam perjalanan, agar selamat sampai tujuan.