Tips Menghadapi Macet Bersama Anak

Waktuku.comTips Menghadapi Macet Bersama Anak Selama di Perjalanan, setelah menghabiskan masa libur lebaran di kampung tercinta, kini mereka akan kembali beraktifitas dengan rutinitas seperti biasa. Hanya saja, pasca libur lebaran arus balik selalu saja mengalami kemacetan.

Untuk Anda yang ingin kembali ke perantauan, ibu kota, ataupun kembali ke tempat kerja masing-masing, khususnya bagi Anda yang bersama anak-anak, harus melakukan persiapan ekstra.

Pasalnya, jika Anda bepergian bersama anak-anak, mereka cenderung bosan dan kelaparan. Akibatnya, jika hal itu terjadi tak jarang mereka akan menangis. Hal ini akan membuat konsentrasi Anda atau pengemudi dalam menyetir menjadi terganggu.

Pastikan Anda dan keluarga sudah membekali diri dengan minum yang cukup dan makanan sehat agar tidak merasa kelaparan saat di perjalanan. Hindari juga untuk tidak membeli makanan atau minuman di jalanan.

Karena makanan tersebut belum tentu terjamin sehat. Ada baiknya jika Anda membwa bekal dari rumah. Selain itu, dibawah ini ada beberapa tips menghadapi macet bersama anak.

Tips Menghadapi Macet Bersama Anak Selama di Perjalanan

1. Apapun jenis mobilnya, pastikan anak-anak duduk di kursi baris kedua demi keselamatan. Jangan membiarkan anak-anak duduk di depan saat traveling atau perjalanan jauh.

2. Anak-anak membutuhkan ruang gerak yang cukup meskipun dalam perjalanan.

3. Pastikan semua barang-barang dikemas dengan rapi dan ditempatkan di bagasi dengan aman dan nyaman, sehingga tidak membatasi ruang gerak anak-anak saat berada di kabin mobil. Beberapa sela seperti di kolong kursi baris kedua dan baris ketiga bisa digunakan sebagai tempat menyimpan barang.

Hindari menumpuk barang-barang di samping kursi bersamaan dengan anak-anak. Karena, selain berisiko bisa melukai anak-anak juga akan membuat mereka tidak nyaman selama perjalanan dikarenakan ruang gerak mereka menjadi sempit karena barang-barang tersebut.

4. Sediakan plastik tempat sampah dan plastik kantung untuk muntah. Jika sewaktu-waktu anak mabuk dalam perjalanan, pastikan menempatkan kantung plastik muntah di tempat yang mudah dijangkau. Misalnya, disamping pintu atau dibelakang kursi pengemudi yang memiliki kantong.

5. Bawa barang-barang yang penting yang dibutuhkan anak-anak seperti tisu, tisu basah, botol air refiil, dan mainan anak-anak, agar tidak bosan selama di perjalanan.

6. Lengkapi mobil Anda dengan tirai khusus, ini berguna untuk menghindari anak-anak dari paparan matahari secara langsung. Hindari menggunakan kain yang diselipkan di kaca mobil, selain berbahaya juga kurang terlihat estetis.

7. Pastikan jendela belakang terkontrol oleh pengemudi. Anda bisa mengaktifkan child lock untuk jendela maupun pintu belakang. Hal ini berguna agar kaca jendela tidak mudah dibuka dan dimainkan oleh anak-anak.

8. Agar perjalanan nyaman, kondisikan kendaraan dengan prima. Cek kelengkapan perangkat mobil dengan seksama, sehingga jangan sampai anak-anak terganggu di perjalanan karena mobilnya mogok.

Dan jangan lupa untuk berhenti setiap tiga jam untuk memberikan kesempatan buang air kecil atau sekedar meluruskan kaki dan juga melemaskan otot-otot yang tegang.

Agar suasana di dalam mobil selama perjalanan tidak tegang, maka ada baiknya jika Anda mengajak bercerita, berbicara, mengajak untuk berdo’a selama di perjalanan, dan agar lebih terhibur cobalah untuk menyanyikan lagu-lagu anak untuk mereka.

Itulah beberapa tips menghadapi macet selama perjalanan bersama Anak-anak. Semoga bermanfaat..

Dewabet