9 Rekomendasi Tempat Wisata di Solo Paling Kekinian

Tempat Wisata di Solo

Waktuku.com – Tempat wisata di Solo tentu saja menjadi salah satu kota dengan beragam keindahan tempat wisatanya. Inilah mengapa banyak orang lebih suka menghabiskan waktu liburannya di sana.

Bukan hanya kebudayaannya yang menarik namun ada banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Tempat wisata di Solo sekarang ini memang beragam sekali. Jadi anda yang sedang berada di sana tak perlu bingung mencari tempat menarik untuk berlibur bersama keluarga.

Berikut 9 Tempat Wisata di Solo yang Hits dan Kekinian

Menariknya lagi kota Solo juga menghadirkan beragam wisata kuliner yang mampu menggugah selera makan anda. Jadi saat berada disana, liburan pun terasa semakin seru dan menyenangkan. Inilah berbagai pilihan tempat wisata di Solo yang kekinian untuk di kunjungi. Yakni:

1. Pandawa Water World Solo Baru

Pandawa Water World

Tempat wisata di Solo yang satu ini sayang sekali jika anda lewatkan begitu saja. Destinasi ini memang salah satu tempat hits yang berada di Solo. Konsep yang sudah di usung oleh lokasi wisata ini memang lebih modern.

Apalagi wahana permainan air yang sudah disediakan cukup beragam sekali. Jadi anda bisa menghabiskan waktu liburan bersama anak di sana. Ukuran kolam renangnya juga luas bahkan ada juga seluncuran maupun ombak laut yang sangat menakjubkan.

Menariknya konsep yang sudah di usung oleh Pandawa Water World Solo Baru adalah Mahabarata. Di sana ada banyak sekali patung dengan ukuran yang cukup besar. Jika anda berencana untuk berkunjung ke sana, siapkan saja budget sebesar Rp 80.000 rupiah. Namun biasanya di akhir pecan biaya sedikit lebih mahal yakni Rp 100.000 rupiah.

2. Museum Manusia Purba Sangiran

Museum Manusia Purba Sangiran

Jika anda berkeinginan mengunjungi tempat wisata dengan nuansa sejarah di Solo, kini bukan hal yang mustahil untuk di wujudkan. Anda bisa menghabiskan waktu liburan dengan mengunjungi Museum Manusia Purba Sangiran. Di dalam meseum tersebut sudah pasti banyak pelajaran sejarah yang mampu memperluas wawasan anda. Bisa dikatakan tempat wisata edukasi yang cocok sekali untuk anak-anak.

Pada museum Manusia Purba Sangiran ini, anda bisa menemukan banyak fosil manusia purba di zaman dahulu. Inilah mengapa anak-anak perlu anda ajak berlibur ke sana. Di sana mereka bisa menyaksikan secara langsung bagaimana bentuk dari manusia purba yang sudah di ajarkan dalam pelajaran sejarah.

3. Kebun Binatang Taru Jurug

Kebun Binatang Taru Jurug

Kini anda juga bisa berkunjung ke salah satu tempat wisata di Solo yang bernuansakan kebun binatang yakni kebun binatang Taru Jurug. Lokasi wisata ini berada di jalan Ir, Sutami, Jebres, Solo. Apabila anda sudah mengetahui dimana lokasi kampus Universitas Sebelas Maret, maka anda bisa dengan mudah menemukan lokasinya.

Kebun binatang ini tentu saja salah satu tempat wisata dengan biaya yang murah namun mampu memberikan banyak manfaat. Tempat ini sangat cocok sekali jika anda kunjungi bersama dengan anak anda. Apalagi tiket masuk menuju lokasi wisata begitu murah sekali, hanya dengan merogoh kocek sebesar Rp 8.000 rupiah. Di sana anda bisa menyaksikan beragam satwa yang mampu menarik minat anak-anak.

4. Pura Mangkunegaran

Pura Mangkunegaran
Image by: situsbudaya.id

Kini bukan hanya Keraton Solo aja yang terkenal namun anda juga bisa berkunjung ke Pura Mangkunegaran. Pura tersebut terlihat begitu megah dan juga indah. Lokasi dari tempat wisata ini berada di jalan Ronngorwarsito yang saat ini sudah menjadi pusat seni dan budaya yang ada di kota Solo. Dalam pura tersebut ada banyak barang peninggalan kerajaan pada masa Mataram dan juga Majapahit.

Ketika anda masuk dalam area pura, tentunya anda bisa menyaksikan bangunan yang begitu kental dengan arsitektur ala Eropa. Dari segi ukuran, halamannya tergolong cukup luas. Saat memasuki area Pura, anda akan melihat pendopo dengan gaya ala Eropa yang sudah dipadu padankan dengan nuansa Jawa yang kental.

5. Air Terjun Jumog

Air Terjun Jumog

Kini tempat wisata di Solo ternyata juga ada yang bernuansakan alam. Seperti halnya air terjun Jumog. Lokasi dari air terjun tersebut tepatnya berada di desa Berjo, Karanganyar. Jika anda berkeinginan untuk berkunjung kesana, tak perlu khawatir lagi dengan budgetnya. Anda hanya perlu membayar biaya masuk sebesar Rp 3.000 rupiah saja sedangkan untuk biaya parkirnya hanya cukup membayar Rp 1.000 rupiah.

Yang perlu anda ketahui bahwa ketinggian dari air terjunnya sekitar 30 meter. Pastinya air terjun ini begitu indah sekali. Di tambah dengan kicauan burung nan merdu serta pemandangan sekitar yang masih asri mampu memanjakan mata kita. Anda akan merasakan kenyamanan penuh saat berada di sana. Menariknya lagi jika anda beruntung mungkin akan melihat adanya pantulan sinar matahari pada air terjunnya.

6. Air Terjun Parang Ijo

Air Terjun Parang Ijo
Image by: backpackerjakarta.com

Ada lagi tempat wisata di Solo yang bernuansakan alam yakni Air terjun Parang Ijo. Tempat ini sering sekali di kunjungi para wisatawan baik yang berasal dari dalam kota maupun luar kota sekalipun. Ketinggian dari air terjun ini ternyata lebih tinggi yakni 50 meter.

Tempat ini memang paling cocok dijadikan sebagai tempat untuk menikmati indahnya air terjun. Apalagi anda bisa menyaksikan air terjunnya dari sebuah gardu pandang yang telah tersedia.

Jika anda berencana untuk berkunjung kesana, alangkah baiknya anda persiapkan energi supaya nantinya tidak merasa kelelahan untuk bisa sampai pada gardu pandang. Sebab gardu pandangnya ini berada di puncak bukit. Menariknya di sana juga menyediakan beragam fasilitas menarik lainnya seperti kolam renang, flying fox, taman bermain dan masih banyak sekali yang lainnya.

7. Galabo Solo

Galabo Solo
Image by: phinemo.com

Mungkin diantara anda ada yang menginginkan wisata malam yang ada di kota Solo. Kini anda bisa mencoba berkunjung ke Galabo Solo. Di sana anda bisa menikmati kuliner lezat dan nikmat dengan nuansa malam yang begitu indah. Biasanya warung kuliner yang ada di sana bukanya sampai tengah malam. Kuliner yang sudah tersedia memang begitu lezat dan juga nikmat sehingga mampu memanjakan lidah anda.

Lokasi dari tempat wisata ini berada di Jalan Mayor Sumarno tepatnya berada di depan grosir Solo. Di sana anda bisa mencicipi beraneka ragam kuliner khas kota Solo dengan harga yang sangat terjangkau. Jadi anda tidak perlu takut lagi akan budget yang harus di keluarkan untuk berwisata kuliner.

8. Pasar Klewer

Pasar Klewer
Image by: kompas.com

Jika anda sedang berada di kota Solo, tak menarik rasanya jika tidak berkunjung ke Pasar Klewer. Di sana anda bisa berbelanja batik atau bahkan keperluan lain dengan harga yang lebih murah. Yang pasti pasar klewer ini paling cocok sekali jika dijadikan sebagai tempat untuk membeli oleh-oleh khas Solo. Jadi jangan sampai lewatkan waktu anda untuk berbelanja di sana.

9. Taman Sriwedari

Taman Sriwedari
Image by: 1001indonesia.net

Masih berbicara mengenai tempat wisata di Solo ternyata masih ada juga lokasi wisata yang bernuansa asri yakni Taman Sriwedari. Taman tersebut lokasinya berada di daerah kompleks pertamanan yang ada di daerah Laweyan.

Tempat ini sering sekali dijadikan sebagai tempat hiburan malam yang diadakan secara rutin. Jadi buat anda yang ingin menikmati indahnya taman nan hijau di kota Solo bisa berkunjung ke taman Sriwedari.

Itulah tadi berbagai macam destinasi wisata menarik dan kekinian yang berada di Solo. Habiskan waktu liburan anda dengan mengunjungi beragam tempat wisata yang sudah tersedia. Ada yang mengusung konsep alam, sejarah bahkan juga taman.

Kini anda bisa menjatuhkan pilihan pada beberapa tempat wisata yang paling anda sukai. Tak perlu takut akan budget yang harus anda persiapkan sebab tiket masuk lokasi wisatanya sangat terjangkau untuk semua kalangan masyarakat.