waktuku.comInilah Tempat Wisata Bondowoso “Kawah Ijen” dan Wisata Menarik Lainnya. Bondowoso merupakan sebuah kabupaten yang terletak di bagian timur di Jawa Timur. Daerah Bondowoso juga termasuk ke dalam daerah tapal kuda (lihat di peta). Kabupaten Bondowoso memang bukanlah sebuah kabupaten yang saat ini tidak terlalu terkenal, namun dengan adanya tempat-tempat wisata yang ada di Bondowoso semoga memberikan hal yang positif terhadap kabupaten ini.

Makanan khas orang Bondowoso adalah Tape yang terbuat dari bahan singkong. Jika tape sudah jadi, biasanya ada yang langsung dimakan dan ada juga yang digoreng dan dibakar. Menurut saya, lebih enak antara dibakar dan digoreng, daripada langsung dimakan.

Oke, balik lagi ke pembahasan. Meskipun tergolong sebagai kabupaten yang tak memiliki laut, di Bondowoso juga menyimpan tempat wisata yang keren-keren loh ! Satu dari sekian wisata yang sudah terkenal ialah tempat wisata Kawah Ijen, selain itu ada banyak tempat wisata yang bisa coba kamu kunjungi.Berikut ini, tempat wisata yang ada di kabupaten Bondowoso.

Inilah Tempat Wisata Di Kabupaten Bondowoso “Kawah Ijen” dan Wisata Menarik Lainnya

1. Kawah Ijen / Gunung Ijen

Kawah Ijen diselimuti dengan asap belerang dan di dalam kawah terdapat keindahan yang sangat luar biasa yaitu danau belerang yang berwarna tosca dan api biru (blue fire) yang hanya ada di 2 tempat di dunia ini.

Jika kalian ingin mengunjungi wisata ini, ada dua jalur. Jalur yang pertama lewat dari arah utara, dan yang kedua dari arah selatan. Untuk jalur utara, kamu bisa melewati Situbondo, kemudian menuju Sempol (Bondowoso) dan berakhir di patuding. Bisa ditempuh dalam waktu 2,5 jam.

Sedangkan untuk jalur selatan, kamu bisa melewati Banyuwangi menuju licin yang berjarak 35 km. Jalur pendakian cukup menanjak, dan berpasir sehingga para pendaki harus berhati-hati ketika menuju Kawah Ijen.

2. Kawah Wurung

Kawah Wurung ini terletak di Desa Jampit, Kecamatan Sempol yang letaknya di baratnya wisata Kawah Ijen. Ketika kalian kesini, kalian akan disuguhkan dengan keindahan sabana di sekitar itu. Untuk yang suka foto-foto dan hunting disinilah tempat yang menakjubkan.

Kawah wurung ini sendiri diambil dari bahasa jawa, wurung yang artinya tidak jadi. Jika diartikan, kawah wurung merupakan kawah yang tidak jadi.

3. Bosamba Rafting

Arum jeram Bosamba merupakan objek wisata yang terletak di Kecamatam Taman Krocok. Bosamba sendiri merupakan singkatan dari Bondowoso Sampean Baru. Akses ke jalan ini sangat mudah, hanya berjarak sekitar 2 km dari jalan provinsi kecamatan wonosari.