3 Cara Cek Masa Aktif XL Praktis Beserta Kelebihannya

Cek Masa Aktif XL
image by: viva.co.id

Waktuku.com – Cek masa aktif XL bisa dilakukan dengan mudah oleh semua pelanggan lewat beberapa metode. Untuk para pengguna kartu seluler, mengecek masa aktif menjadi hal yang jangan sampai disepelekan.

Karena setiap kartu memiliki batas masa aktif, yang jika masa aktif tersebut sudah habis maka aktivitas dan layanan yang dapat dinikmati pun akan menjadi terbatas.

Oleh sebab itulah pelanggan yang menggunakan kartu seluler apapun termasuk XL wajib mengetahui bagaimana cara mengecek masa aktif kartu mereka.

Operator XL sendiri telah menyediakan beberapa cara agar pelanggan mereka bisa mengetahui status masa aktif kartu. Nah, jika kamu belum mengetahuinya, simak pembahasan berikut ini mengenai cara cek masa aktif XL.

Cara Cek Masa Aktif XL

1. Cek Masa Aktif XL via Dial Up

Cek Masa Aktif XL via Dial Up
image by: id.berita.yahoo.com

Cara untuk cek masa aktif XL yang pertama adalah melalui fitur Dial Up atau Panggilan dan mengetikkan kode USSD. Cara ini termasuk praktis karena hanya perlu menelepon ke kode tertentu dan nantinya akan muncul menu beserta petunjuk khusus.

Untuk mengecek masa aktif kartu XL via Dial Up, berikut ini langkahnya:

– Pertama, buka menu panggilan atau Dial Up yang ada di ponsel kamu.

– Pada papan nomor, ketikkan kode USSD *123#, kemudian tekan tombol Call atau Panggil.

– Setelah itu akan muncul sebuah menu pop up dari XL Axiata. Di menu pop up tersebut akan langsung tertera tanggal masa aktif dari kartu yang kamu gunakan.

2. Cek Masa Aktif XL via SMS

Cek Masa Aktif XL via SMS
image by: hot.liputan6.com

Selain dengan menggunakan menu Dial Up tadi, ada juga cara lainnya yang bisa kamu coba yakni dengan menggunakan fitur SMS. Cara yang satu ini pun tidak kalah mudah dengan metode Dial Up sebelumnya.

Hal yang perlu kamu lakukan sebagai pengguna hanyalah mengirimkan SMS dengan format tertentu ke nomor yang sudah ditentukan. Untuk lebih lengkapnya, ikuti langkahnya di bawah ini:

– Masuk ke menu SMS yang terdapat pada ponsel.

– Kemudian pada kolom untuk menulis pesan, ketikkan format CEK.

– Selanjutnya pada kolom nomor tujuan, masukkan nomor 123.

– Klik kirim, dan tunggu balasan dari operator.

– Setelah beberapa saat, kamu akan mendapatkan SMS balasan yang menunjukkan informasi tentang status masa aktif kartu XL yang kamu gunakan.

3. Cek Masa Aktif XL via Aplikasi

Operator XL juga menyediakan aplikasi yang multifungsi, seperti mengecek sisa kuota internet, membeli pulsa atau paket internet, dan salah satunya bisa digunakan untuk mengecek masa aktif kartu XL yang kamu gunakan.

Cara penggunaannya pun tidak merepotkan, cukup ikuti beberapa langkah berikut ini:

– Download dan instal apilkasi MyXL lewat Google Play Store atau App Store.

– Kemudian buka aplikasi tersebut dan lakukan login dengan menggunakan nomor XL. Apabila belum memiliki akun di aplikasi tersebut, maka klik tombol registrasi untuk mendaftar terlebih dahulu.

– Kemudian daftar menggunakan nomor XL kamu dan ikuti petunjuk selanjutnya hingga pendaftaran selesai. Jika sudah selesai, silahkan lakukan login dengan akun baru tersebut.

– Selanjutnya kamu akan diarahkan ke beranda atau disebut juga dengan halaman utama dari aplikasi tersebut. Di bagian beranda itu, akan terlihat keterangan tentang masa aktif kartu XL milikmu.

4. Cek Masa Aktif XL via Situs Resmi

Cara cek masa aktif XL yang selanjutnya adalah dengan mengunjungi situs resmi dari XL. Cara yang satu ini bisa dilakukan lewat browser yang ada di ponselmu. Berikut ini tahapannya:

– Buka aplikasi browser yang terdapat pada ponsel.

– Di kolom alamat website, ketikkan URL my.xl.co.id

– Kemudian setelah berhasil masuk ke situs tersebut, lakukan login dengan nomor XL kamu.

– Bisa juga memilih alternatif lain yakni login dengan menggunakan akun Facebook jika sebelumnya sudah pernah menghubungkan akun facebook tersebut ke situs resmi XL.

– Kemudian masukkan nomor XL di kolom yang tersedia. Selanjutnya kamu akan dikirimkan kode verifikasi lewat SMS.

– Setelah kode verifikasi diterima, masukkan 6 digit kode tersebut ke kolom yang sudah tersedia.

– Selanjutnya barulah kamu akan diperlihatkan status masak aktif dari kartu XL tersebut. Apabila ternyata status nomor berada dalam masa tenggang, maka keterangannya akan ditulis dengan warna oranye.

Kelebihan Menggunakan Kartu XL

XL adalah salah satu operator seluler besar yang telah lama beroperasi di Indonesia. Operator seluler yang identik dengan warna biru ini terus berinovasi dalam memenuhi kebutuhan pelanggannya.

Hal tersebut membuat operator seluler yang satu ini masih terus konsisten menjadi operator ternama di Tanah Air.

Dengan inovasi dan layanannya tersebut, ada beberapa kelebihan yang akan dirasakan oleh pelanggan yang menggunakan kartu XL. Apa saja? Berikut ini beberapa daftarnya.

1. Dapat Dibeli di Mana Saja

Dapat Dibeli di Mana Saja
Images by: XL Axiata

Sebagai salah satu operator ternama di Tanah Air, kartu XL bisa dibeli di mana saja dan tersebar di seluruh Indonesia. Tak hanya kartunya saja, beragam paket yang ditawarkannya pun bisa dibeli secara offline maupun online.

Untuk pembelian secara offline, kamu bisa mendatangi berbagai konter hingga minimarket terdekat. Sedangkan jika menginginkan cara yang lebih efisien yakni dengan membeli secara online, berbagai e-commerce juga menyediakan penjualan paket internet XL.

Selain lewat e-commerce, kamu juga dapat melakukan pembelian melalui platform yang mendukung transaksi multi-pembayaran seperti M-banking, e-wallet, maupun Traveloka. Alternatif lainnya adalah dengan membeli lewat aplikasi resmi XL yang bernama MyXL.

2. Pilihan Harga Paket yang Beragam

Pilihan Harga Paket yang Beragam
image by: detik.com

XL juga menyediakan harga paket yang beragam dan variatif, sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan para pelanggan yang berbeda-beda. Harga paket yang disediakan mulai dari sepuluh ribuan hingga ratusan ribu Rupiah.

Setiap paket tersebut pun punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jenisnya pun beragam, mulai dari paket dengan masa aktif harian, mingguan, dan bulanan dengan tarif dan kuota yang juga bervariasi.

Tak hanya itu, XL juga menyediakan berbagai macam bonus kuota yang lebih besar dibanding beberapa operator lainnya. Tak hanya bonus berupa kuota internet, pelanggan juga bisa mendapat bonus berupa telepon ke sesama operator.

3. Jaringan yang Luas

Kelebihan menggunakan kartu XL yang selanjutnya adalah pelanggan akan merasakan luasnya jangkauan jaringan yang disediakan oleh operator seluler yang satu ini.

Sebagai operator seluler yang sudah lama beroperasi di Indonesia, XL menyediakan layanan yang menjangkau ke seluruh Indonesia. Sehingga tak perlu khawatir untuk kehilangan jaringan saat pergi ke luar kota.

Selain itu, operator ini juga mendukung beragam jenis jaringan mulai dari 3G, 4G LTE, hingga 4,5G. Dengan pilihan jenis jaringan yang bervariasi, kamu akan dapat menikmati berselancar dan berkomunikasi dengan nyaman.

Tak heran jika jumlah pelanggan XL terus bertambah berkat inovasi dan layanan yang mereka berikan.

4. Kecepatan Internet yang Dapat Diandalkan

Dengan mendukung hingga jaringan 4,5G yang disediakannya, teknologi tersebut diketahui mampu memberikan kecepatan internet hingga 210 Mbps.

Kecepatan tersebut jauh lebih besar dibanding jaringan 4G yang hanya memiliki batas maksimal sebesar 100 Mbps saja.