5 Cara Cek Masa Aktif Telkomsel Mudah Secara Offline Hingga Online

Cek Masa Aktif Telkomsel
image by: sepulsa.com

Waktuku.com – Cek masa aktif Telkomsel perlu dilakukan untuk memastikan masa aktif dari kartu yang kita gunakan masih aman dan tidak hangus.

Setiap operator seluler di Indonesia memberikan masa aktif dalam batasan waktu tertentu untuk kartu yang digunakan oleh pelanggan mereka, begitu pula dengan Telkomsel.

Jika masa aktif sebuah kartu sudah habis, maka kartu tersebut akan memasuki masa tenggang dan layanan komunikasi yang bisa dinikmati pun sangat terbatas.

Oleh sebab itulah mengecek masa aktif kartu menjadi hal yang jangan disepelekan. Telkomsel sendiri menyediakan beberapa cara agar pelanggan mereka dapat mengetahui status masa aktif kartu yang digunakan.

Lantas, apa saja cara yang bisa dilakukan untuk cek masa aktif Telkomsel? Cari tahu lewat pembahasan berikut ini.

5 Cara Cek Masa Aktif Telkomsel

5 Cara Cek Masa Aktif Telkomsel
image by: money.kompas.com

Cek Masa Aktif Telkomsel Lewat Kode USSD

Cara pertama untuk mengecek masa aktif kartu Telkomsel kamu adalah dengan menggunakan menu Dial Up dan mengetikkan kode USSD. Untuk menggunakan cara ini, langkahnya adalah sebagai berikut:

– Masuk ke menu Dial Up pada perangkat ponselmu, kemudian di layar panggilan ketik *888#.

– Tekan tombol Call atau Panggil.

– Setelah itu akan muncul sebuah menu yang terdiri dari beberapa pilihan. Pilih opsi nomor 6 yang bertuliskan Cek Pulsa lalu klik OK atau Kirim.

– Selanjutnya akan muncul keterangan yang menunjukkan sisa pulsa sekaligus informasi mengenai masa aktif dari kartu yang digunakan.

Cek Masa Aktif Telkomsel Lewat Aplikasi MyTelkomsel

Telkomsel menyediakan sebuah aplikasi yang khusus untuk melayani semua kebutuhan pelanggan mereka terkait layanan yang tersedia, yakni aplikasi bernama MyTelkomsel.

Lewat aplikasi tersebut, pelanggan akan dapat melakukan berbagai transaksi seperti membeli pulsa, membeli paket internet, mengecek sisa pulsa dan sisa kuota internet, hingga mengecek masa aktif kartu.

Untuk mengetahui masa aktif lewat aplikasi MyTelkomsel caranya adalah seperti di bawah ini:

– Download dan install aplikasi MyTelkomsel di perangkat ponsel kamu. Kemudian buka aplikasi tersebut.

– Login dengan menggunakan nomor Telkomsel yang kamu gunakan. Apabila belum pernah mendaftar atau membuat akun di MyTelkomsel, maka klik tombol Register atau Pendaftaran terlebih dahulu.

– Kemudian daftar dengan menggunakan nomor Telkomsel milikmu, dan ikuti petunjuk yang diberikan hingga proses pendaftaran selesai.

– Setelah itu barulah login dengan nomor Telkomsel yang digunakan untuk mendaftar tadi, dan kamu akan dibawa ke beranda atau halaman utama aplikasi.

– Kemudian cek pada menu utama dari MyTelkomsel untuk mengetahui status masa aktif kartu.

Cek Masa Aktif Telkomsel Lewat Platform Whatsapp

Telkomsel memiliki sebuah layanan berupa Asisten Virtual yang bernama Veronika. Asisten Virtual tersebut akan membantu untuk memberikan layanan pada pelanggan.

Jika ingin mengecek masa aktif kartu Telkomsel melalui Asisten Virtual, maka kamu bisa melakukannya dengan menggunakan Whatsapp. Caranya adalah seperti berikut ini:

– Simpan nomor +62 811-1111-1111 di kontak kamu. Kemudian buka Whatsapp dan klik pada kontak tersebut.

– Di kolom pesan Whatsapp, ketik Hai dan klik tombol kirim.

– Setelah itu kamu akan mendapatkan pesan balasan. Lalu kirimkan lagi pesan dengan mengetik Cek Pulsa, dan klik kembali tombol kirim.

– Setelah itu tunggu balasan dari Veronika yang akan menampilkan informasi tentang jumlah pulsa dan masa aktif kartu.

Cek Masa Aktif Telkomsel Lewat Telegram

Selain melalui Whatsapp, platform lainnya yang bisa digunakan untuk cek masa aktif Telkomsel adalah Telegram. Caranya pun mudah, seperti di bawah ini:

– Add akun Telkomsel di Telegram.

– Pada kolom pesan, ketik Hai lalu kirimkan.

– Setelah itu ketik kembali Cek Pulsa dan kirimkan lagi.

– Tunggu beberapa saat, dan pihak operator akan mengirimkan informasi mengenai sisa pulsa dan juga status masa aktif kartu.

Cek Masa Aktif Telkomsel Lewat Twitter dan Facebook

Sebagai operator seluler yang mengutamakan memberikan layanan terbaik pada pelanggannya, Telkomsel cukup aktif di media sosial seperti Twitter dan Facebook.

Admin yang menangani akun Twitter dan Facebook milik Telkomsel pun selalu merespon keluhan dan permintaan pelanggan dengan cepat. Jika ingin mencoba cek masa aktif kartu lewat kedua media sosial tersebut, silahkan ikuti cara berikut:

– Masuk ke akun Twitter atau Facebook milikmu.

– Pada kolom pencarian, ketikkan Telkomsel.

– Jika sudah menemukan akun Twitter atau Facebook milik Telkomsel, langsung saja klik menu Direct Message atau DM dan sertakan nomor Telkomsel milikmu.

– Tunggu hingga admin akun Telkomsel membalas pesan kamu, dan sampaikan permohonan untuk mengecek masa aktif kartu.

Cara Memperpanjang Masa Aktif Kartu Telkomsel

Cara Memperpanjang Masa Aktif Kartu Telkomsel
image by: batam.tribunnews.com

Masa aktif sebuah kartu merupakan hal yang penting karena menentukan layanan apa saja yang akan diterima oleh pelanggan.

Normalnya, masa aktif kartu akan terus bertambah jika kita melakukan pengisian pulsa. Semakin besar nominal pulsa yang diisikan pada nomor, maka tambahan masa aktif kartunya pun akan semakin lama.

Akan tetapi, untuk pengguna Telkomsel ada cara lain yang bias dilakukan untuk menambah masa aktif kartu tanpa harus isi pulsa. Caranya adalah dengan membeli Paket Masa Aktif.

Nah, untuk membeli Paket Masa Aktif tersebut, silahkan ikuti langkah berikut ini:

– Masuk ke menu Dial Up atau panggilan yang terdapat pada ponsel.

– Kemudian pada layar panggilan, ketikkan nomor *999#.

– Setelah itu akan muncul menu pop up berisi angka dan opsi tertentu. Ketik angka yang menunjukkan keperluan kamu.

– Lalu pastikan kamu memilih opsi Paket Masa Aktif.

– Kemudian lanjutkan proses pembelian hingga berhasil.

Nah, setelah membeli Paket Masa Aktif, sekarang masa aktif dari kartu kamu pun sudah bertambah. Jika sebelumnya kartu berada di masa tenggang, maka masa tenggang itu pun akan berakhir dan kartu sudah bisa digunakan seperti biasanya.

Cara Mengaktifkan Kartu yang Terlanjur Hangus

Cara Mengaktifkan Kartu yang Terlanjur Hangus
image by: suara.com

Mungkin kamu pernah mengalami saat di mana masa aktif kartu telah habis, kemudian masa tenggang juga sudah lewat sehingga kartu pun menjadi hangus dan tidak bisa digunakan berkomunikasi sama sekali.

Jika pernah terjadi hal demikian, maka tidak perlu langsung panik. Karena kartu Telkomsel yang sudah hangus atau mati bisa diaktifkan kembali.

Telkomsel menyediakan layanan di mana nomor yang sudah melewati masa tenggang masih bias diaktifkan kembali. Namun ada syarat untuk melakukan hal tersebut.

Syaratnya adalah, periode yang sudah terlewati tidak boleh lebih dari 57 hari sejak masa aktif berakhir, atau lebih dari 27 hari sejak masa tenggang berakhir.

Jika syarat tersebut terpenuhi, maka kartu Telkomsel milikmu yang sudah terlanjur hangus masih bisa diaktifkan dan digunakan kembali untuk berkomunikasi seperti biasa.

Namun, apabila ternyata sudah melewati periode 57 hari sejak masa aktif berakhir atau 27 hari sejak masa tenggang berakhir, maka kartu yang sudah hangus itu tidak bisa diaktifkan lagi.

Untuk itu jika ingin mengaktifkan lagi kartu yang sudah hangus atau mati, maka kamu perlu mengecek terlebih dahulu berapa lama periode yang sudah terlewati sejak masa aktif dan masa tenggang berakhir.