5 Cara Cek Masa Aktif Smartfren dengan Cepat Secara Offline dan Online

Cek Masa Aktif Smartfren
image by: teknogav.com

Waktuku.com – Cek masa aktif Smartfren bisa dilakukan dengan beberapa cara yang disediakan oleh pihak operator. Melakukan pengecekan masa aktif juga penting untuk memastikan kartu atau nomor yang kita gunakan tidak hangus.

Semua operator seluler tentu memiliki masa aktif yang menjadi batasan untuk penggunaan nomor tersebut.

Begitu juga dengan operator Smartfren yang menerapkan batas waktu masa aktif untuk kartu yang digunakan pelanggan mereka.

Apabila masa aktif kartu yang digunakan tersebut sudah habis, maka layanan komunikasi yang bisa dinikmati pelanggan pun akan menjadi sangat terbatas. Untuk itulah mengecek masa aktif kartu tak bisa disepelekan.

Smartfren sendiri tidak hanya menyediakan layanan komunikasi yang terbaik bagi pelanggan mereka, namun juga menyediakan beberapa metode bagi pelanggan untuk mengecek masa aktif.

Nah, bagi kamu yang merupakan pelanggan Smartfren, sudah tahukah cara cek masa aktif Smartfren? Kalau belum, yuk simak cara-caranya berikut ini.

5 Cara Cek Masa Aktif Smartfren

Cek Masa Aktif Smartfren via Kode Dial Up

Cek Masa Aktif Smartfren via Kode Dial Up
image by: tekno.kompas.com

Cara cek masa aktif Smartfren yang pertama yakni dengan menggunakan metode Dial Up atau dengan menggunakan fitur Panggilan. Cara yang satu ini termasuk yang paling umum digunakan karena kepraktisannya.

Untuk melakukan cek nomor Smartfren lewat Dial Up, langkahnya adalah sebagai berikut:

– Buka aplikasi telepon yang ada di ponsel

– Setelah itu di layar panggilan, ketikkan kode *999# dan tekan tombol panggil.

– Silahkan tunggu beberapa saat dan akan muncul menu pop up yang berisi beberapa informasi seperti nomor telepon, jumlah pulsa, dan juga masa berlaku dari kartu Smartfren yang digunakan.

Lewat menu tersebut, kamu dapat melihat kira-kira sampai kapan kartu Smartfren milkmu dapat terus aktif. Jika masa aktifnya sudah sedikit lagi habis, maka kamu bisa segera menambahnya dengan cara mengisi pulsa.

Cek Masa Aktif Kartu Smartfren via SMS

Cek Masa Aktif Kartu Smartfren via SMS
image by: telset.id

Selain menggunakan metode Dial Up atau Panggilan, fitur SMS yang ada di ponsel juga bisa dipakai untuk mengecek masa aktif kartu.

Cara yang satu ini juga cukup umum digunakan. Seperti apa? Berikut tutorialnya:

– Buka fitur Pesan yang ada pada perangkat.

– Kemudian di kolom untuk menulis pesan, ketik CEK dan kirimkan ke nomor tujuan 999.

– Setelah pesan terkirim, tunggu beberapa saat hingga mendapatkan SMS balasan.

– Setelah mendapat SMS balasan, pesan tersebut akan berisi informasi mengenai berapa jumlah pulsa kamu saat ini dan juga kapan masa aktif kartu akan berakhir.

Cek masa Aktif Smartfren via Telepon

Cek masa Aktif Smartfren via Telepon
image by: linguahouse.com

Cara cek masa aktif Smartfren yang selanjutnya adalah lewat telepon ke nomor tertentu. Cara yang satu ini tidak seperti kedua cara yang dijelaskan sebelumnya. Metode ini tidak terlalu populer digunakan oleh pelanggan Smartfren.

Meski begitu, kamu tetap bisa mencoba cara yang satu ini sebagai alternatif apabila dua cara sebelumnya mengalami gangguan dan tidak bisa digunakan.

Lalu seperti apa cara melakukannya? Langsung saja simak langkah-langkahnya:

– Masuk ke aplikasi telepon.

– Pada papan nomor layar panggilan, tekan nomor 999 lalu tekan tombol panggil.

– Setelah itu kamu akan mendengar instruksi yang disampaikan oleh operator. Ikuti instruksi yang menunjukkan cara mengecek saldo pulsa dan masa aktif kartu.

– Contohnya apabila instruksi untuk mengecek pulsa dan masa aktif adalah dengan menekan tombol nomor 1, makan tekan nomor 1.

– Setelah itu operator akan membacakan sisa saldo pulsa dan juga masa aktif dari kartu yang sedang digunakan.

Cara Cek Masa Aktif Smartfren via Situs Resmi

Melakukan pengecekan masa aktif Smartfren juga bisa dilakukan secara online melalui situs resmi Smartfren. Namun untuk melakukan cara yang satu ini, kamu membutuhkan akun MySmartfren terlebih dahulu.

Cara ini juga cocok untuk pelanggan yang ingin mengecek masa aktif secara online namun tidak mau menginstall aplikasi apapun di ponsel. Cara melakukannya adalah sebagai berikut ini:

– Masuk ke aplikasi browser yang terdapat pada perangkat, kemudian ketikkan alamat situs my.smartfren.com.

– Masukkan id dan juga password dari akun MySmartfren yang sudah kamu miliki.

– Setelah itu kamu akan dibawa masuk ke beranda atau halaman utama dari aplikasi. Di beranda itulah kamu bisa melihat informasi tentang masa berlaku, jumlah pulsa, dan juga jumlah kuota Smartfren yang telah kamu gunakan.

Cek Masa Aktif Smartfren via Aplikasi MySmartfren

Cara alternatif selanjutnya untuk mengecek masa aktif Smartfren adalah dengan menggunakan aplikasi bernama MySmartfren. Aplikasi ini disediakan khusus bagi pelanggan Smartfren dan di dalamnya pelanggan akan bisa menikmati berbagai layanan dengan lengkap.

Meski memang harus mendownload dan menginstall aplikasinya terlebih dahulu. Namun, jika sudah memiliki aplikasi MySmartfren, semua kebutuhan kamu akan layanan Smartfren akan terpenuhi.

Di dalamnya kamu bisa melakukan pembelian pulsa dan pembelian paket internet, mengecek sisa saldo pulsa dan sisa kuota internet, mengecek masa aktif kartu, mengecek masa aktif paket internet, hingga mendapatkan berbagai bonus dan promo.

Nah, jika ingin mengetahui masa aktif kartu Smartfren yang digunakan, caranya adalah sebagai berikut:

– Download dan install aplikasi MySmartfren melalui Google Play Store ataupun App Store terlebih dahulu.

– Setelah itu buka aplikasinya dan lakukan login dengan menggunakan akun MySmartfren kamu. Jika belum memiliki akun MySmartfren, silahkan buat terlebih dahulu dengan klik menu Registrasi di aplikasi tersebut.

– Kemudian setelah melakukan login, kamu akan dibawa ke halaman utama dari aplikasi tersebut.

– Di halaman utama itu, akan langsung terlihat informasi tentang nomor telepon, sisa saldo pulsa, dan juga masa berlaku dari paket internet kamu.

– Nah, untuk mengetahui masa aktif dari kartu Smartfren, klik pada nomor telepon yang ada di halaman utama tersebut. Kemudian barulah informasi mengenai masa aktif kartu akan muncul.

Cara Memperpanjang Masa Aktif Kartu Smartfren

Cara Perpanjang Masa Aktif Smartfren
image by: dailysocial.id

Setelah mengetahui bagaimana cara cek masa aktif Smartfren, selanjutnya kamu mungkin ingin tahu cara seperti apa yang bisa dilakukan untuk memperpanjang masa aktif tersebut.

Cara paling mudah untuk memperpanjang atau menambah masa aktif dari kartu Smartfren kamu adalah dengan melakukan pengisian pulsa.

Namun, kamu juga perlu mengetahui bahwa setiap nominal pulsa yang berbeda maka menghasilkan tambahan masa aktif yang berbeda pula. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa melihat daftar di bawah ini:

– Rp5.000 (7 hari masa aktif)

– Rp10.000 (15 hari masa aktif)

– Rp20.000 (30 hari masa aktif)

– Rp25.000 (30 hari masa aktif)

– Rp50.000 (60 hari masa aktif)

– Rp60.000 (75 hari masa aktif)

– Rp100.000 (120 hari masa aktif)

– Rp150.000 (150 hari masa aktif)

– Rp200.000 (150 hari masa aktif)

– Rp300.000 (180 hari masa aktif)

– Rp500.000 (240 hari masa aktif)

– Rp1.000.000 (360 hari masa aktif)

Seperti itulah daftar nominal pulsa beserta jumlah tambahan masa aktif yang akan kamu dapatkan untuk setiap nominalnya.

Perlu diketahui bahwa perpanjangan masa aktif tersebut tidak berlaku secara akumulatif. Sebagai contoh, apabila kamu membeli pulsa dengan nominal Rp20.000 (30 hari) dan Rp10.000 (15 hari), maka tidak berarti masa aktif kamu akan menjadi 45 hari.

Tambahan masa aktif yang akan kamu dapatkan mengikuti masa aktif yang paling lama, yakni 30 hari saja.