4 Cara Cek Masa Aktif 3 yang Praktis Serta Mudah Dipraktekkan

Cek Masa Aktif 3
image by: trendtech.id

Waktuku.com – Cek masa aktif 3 bisa dilakukan dengan beberapa cara yang sudah disediakan oleh pihak Tri Indonesia.

Mengecek masa aktif penting untuk dilakukan secara rutin. Jika kartu masih dalam masa aktif, maka pelanggan akan dapat menikmati semua layanan komunikasi semacam SMS, telepon, hingga internet seperti biasa.

Akan tetapi, jika masa aktif kartu sudah habis dan kartu memasuki masa tenggang, maka semua layanan tersebut akan dibatasi. Apalagi jika masa tenggang juga sudah habis, maka kartu dan nomor tersebut akan hangus dan tidak bisa dipakai lagi.

Untuk itu, mengecek masa aktif kartu tri perlu dilakukan jika kamu masih ingin terus menggunakan nomor yang sama untuk waktu yang lama.

Sudah tahu bagaimana cara cek masa aktif 3? Kalau belum, simak terus ulasan berikut ini sampai habis, ya.

4 Cara Cek Masa Aktif 3

4 Cara Cek Masa Aktif 3
image by: tribun-bali.com

1. Cara Cek Masa Aktif 3 Via Kode USSD

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk cek masa aktif 3 adalah dengan menelepon kode USSD. Metode yang satu ini bisa dikatakan menjadi salah satu yang paling umum digunakan karena mudah dan praktis.

Untuk kamu yang tertarik menggunakan cara ini, berikut langkah yang bisa dilakukan:

– Buka menu Dial Up atau Telepon yang ada di ponsel milikmu.

– Di layar panggilan, masukkan kode USSD berupa *111# dan tekan tombol Call atau Panggil.

– Setelah itu akan muncul sebuah menu pop up yang menampilkan beberapa pilihan dengan menggunakan angka.

– Pilih angka 1 untuk Kuota dan Data Reguler.

– Selanjutnya akan kembali muncul beberapa pilihan berbeda. Silahkan pilih angka 1 lagi untuk Cek Kuota.

– Selanjutnya pilihlah nomor 2 untuk Kuota Data.

– Terakhir, pilih opsi nomor 4 untuk Cek Kuota. Nantinya akan muncul informasi mengenai sisa kuota internet yang masih ada sekaligus informasi mengenai status masa aktif kartu.

2. Cek Masa Aktif 3 Via Fitur SMS

Metode cek masa aktif 3 selanjutnya yang tak kalah banyak digunakan oleh pengguna kartu Tri adalah dengan menggunakan fitur SMS.

Cara yang satu ini juga tidak kalah mudahnya, dan bisa menjadi alternatif jika kode USSD yang kamu masukkan sedang mengalami gangguan. Langkah yang bisa kamu lakukan adalah sebagai berikut:

– Masuk ke aplikasi Pesan atau SMS di handphone.

– Pada kolom untuk menulis pesan, ketik format Info(spasi)data. Kemudian kirimkan ke nomor 234.

– Tunggu beberapa saat, kamu akan mendapatkan SMS balasan dari pihak operator yang memberikan informasi tentang sisa pulsa, kuota, hingga status masa aktif kartu.

3. Cek Masa Aktif 3 Via Aplikasi Bima+

Cara alternatif selanjutnya untuk mengecek status masa aktif kartu Tri yang kamu gunakan adalah dengan menggunakan aplikasi Bima+.

Aplikasi yang multifungsi ini disediakan oleh Tri Indonesia untuk mempermudah kebutuhan pelanggan. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu dapat melakukan transaksi seperti membeli pulsa dan kuota.

Selain itu, kamu juga bisa mengetahui informasi tentang sisa pulsa, sisa kuota, maupun cek masa aktif.

Lantas, bagaimana cara menggunakannya? Silahkan ikuti petunjuk berikut ini:

– Buka aplikasi Bima+ yang ada di ponsel kamu. Jika belum memiliki aplikasi tersebut, download dan install terlebih dahulu melalui Google Play Store ataupun App Store.

– Kemudian masuk dengan menggunakan nomor kartu 3 milikmu. Setelah itu, kamu akan dibawa ke beranda atau halaman utama dari aplikasi Bima+.

– Dari beranda tersebut, klik menu Profil.

– Di menu profil tersebut kamu akan dapat melihat informasi yang tertera mengenai sisa kuota, sisa pulsa, dan juga masa aktif dari kartu Tri yang kamu gunakan.

4. Cek Masa Aktif 3 Via Situs BimaTri

Ada pula cara lainnya yang bisa kamu coba jika ingin cek masa aktif kartu, yakni dengan mengunjungi situs resmi Tri atau BimaTri.

Kelebihan yang dimiliki oleh cara yang satu ini adalah bisa dilakukan tidak hanya dari ponsel, namun juga dari perangkat komputer. Langkah melakukannya adalah sebagai berikut:

– Masuk ke aplikasi browser dan buka situs bima.tri.co.id

– Setelah masuk ke situs tersebut, klik pada kotak Login.

– Kemudian silahkan login dengan menggunakan nomor kartu Tri kamu yang masih aktif.

– Tunggu beberapa saat dan kamu akan mendapatkan kode verifikasi yang dikirimkan lewat SMS.

– Masukkan kode verifikasi tersebut ke kolom yang tersedia di situs BimaTri.

– Setelah itu tunggu beberapa saat sampai muncul tampilan dari halaman awal situs BimaTri tersebut.

– Di halaman utama tersebut kamu akan dapat melihat informasi secara detail tentang nomor kartu, sisa pulsa, dan juga masa aktif dari kartu yang sedang kamu gunakan.

Apa yang Terjadi Jika Masa Aktif Berakhir?

Apa yang Terjadi Jika Masa Aktif Berakhir?
image by: inc.com

Seperti yang sudah diketahui, kartu atau SIM card yang kita gunakan mempunyai fungsi yang sangat penting untuk komunikasi sehari-hari.

Dengan menggunakan kartu SIM tersebut, kita dapat melakukan aktivitas komunikasi seperti menelepon, mengirimkan pesan, hingga menjelajah internet.

Namun, semua aktivitas tersebut hanya bisa dilakukan jika masa aktif kartu masih ada. Jika masa aktif kartu sudah berakhir, maka berbagai fitur komunikasi akan menjadi tidak bisa digunakan. Di antaranya seperti:

– Tidak dapat melakukan panggilan telepon

– Tidak dapat mengirimkan pesan atau SMS

– Tidak dapat menjelajah dan menggunakan sambungan internet meskipun kuota internet masih ada, dan lain sebagainya.

Nah, sekarang sudah tahu kan mengapa masa aktif sebuah kartu itu sangat penting?

Jika Masa Aktif Terlanjur Habis

Jika Masa Aktif Terlanjur Habis
image by: id.berita.yahoo.com

Lantas, bagaimana jika masa aktif kartu sudah terlanjur berakhir atau habis? Apabila hal tersebut terjadi, kamu tidak perlu langsung panik karena pihak operator akan memberikan keringanan pada pelanggan.

Meski beberapa fitur komunikasi mungkin akan menjadi terbatas, namun nomor yang kamu gunakan masih tetap aktif karena kartu akan memasuki masa tenggang.

Masa tenggang biasanya memiliki batas waktu selama 30 hari. Selama periode tersebut, kamu masih diberikan kesempatan untuk mengisi pulsa agar masa aktif kartu dapat bertambah.

Akan tetapi, jika batas waktu masa aktif dan masa tenggang tersebut sudah terlewati dan pelanggan belum juga melakukan pengisian pulsa, maka kartu tidak akan bisa digunakan lagi karena sudah mengalami pemblokiran.

Jika kartu sudah dalam keadaan hangus dan terblokir seperti itu, maka nomor tersebut pun sudah tidak bisa digunakan lagi. Namun, masih ada satu cara yang bisa dilakukan jika kamu masih ingin menggunakan nomor lama tersebut.

Cara tersebut adalah dengan mengunjungi service center Tri Indonesia. Dengan mengunjungi service center, kamu dapat mengajukan permohonan untuk menggunakan nomor lama.

Caranya adalah dengan mengisi formulir yang telah disediakan terlebih dahulu. Setelah semua data diri dilengkapi pada formulir tersebut, kamu bisa lanjut mengurus agar mendapatkan kartu Tri yang baru.

Meski kartu Tri tersebut baru, namun nomor yang digunakan tetap sama dengan nomor dari kartu Tri sebelumnya yang sudah terblokir.

Nah, jadi begitulah cara yang bisa dilakukan untuk cek masa aktif 3. Jangan lupa untuk mengecek masa aktif kartu yang kamu gunakan secara rutin, ya.