6 Cara Unreg Kartu Telkomsel Praktis dan Anti Ribet

Cara Unreg Kartu Telkomsel
image by: wigatos.com

Waktuku.com – Cara unreg kartu Telkomsel dapat dilakukan dengan beberapa cara. Untuk kamu para pengguna kartu Telkomsel yang ingin menonaktifkan nomor atau mungkin kehilangan ponsel, beberapa cara berikut ini bisa menjadi pilihan.

Untuk melakukan unreg terhadap kartu Telkomsel milikmu, cara yang tersedia dapat dikatakan cukup praktis dan tidak membutuhkan waktu lama.

Unreg kartu Telkomsel biasanya dilakukan jika seorang pengguna ingin mengganti dengan nomor baru, atau jika ponsel yang dimiliki hilang dan ingin mencega penyalahgunaan nomor.

Sebelum melakukan unreg pada kartu Telkomsel, perlu diketahui bahwa kamu membutuhkan NIK yang sama dengan yang digunakan saat registrasi kartu tersebut.

Lantas, bagaimana cara unreg kartu Telkomsel? Berikut ini beberapa pilihannya.

5 Cara Unreg Kartu Telkomsel

1. Cara Unreg Kartu Telkomsel Melalui Fitur SMS

Cara Unreg Kartu Telkomsel Melalui Fitur SMS
image by: bangka.tribunnews.com

Cara pertama yang tersedia untuk melakukan unreg pada kartu Telkomsel adalah dengan memanfaatkan fitur SMS. Cara yang satu ini pun masih banyak dilakukan karena terbilang praktis dan mudah dimengerti.

Untuk unreg kartu Telkomsel melalui SMS, berikut ini tahapan yang perlu dilalui:

– Masuk ke menu Pesan yang ada di ponsel kamu.
– Ketik pesan dengan menggunakan format UNREG#NomorNIK. Contohnya, UNREG#12345678910
– Setelah memastikan pesan yang dibuat sudah sesuai format, selanjutnya kirimkan SMS tersebut ke nomor tujuan 4444.
– Jika sudah terkirim, silahkan tunggu hingga mendapat balasan dari pihak Telkomsel bahwa nomor kamu sudah berhasil di unreg.

2. Cara Unreg Kartu Telkomsel Lewat Fitur Dial Up

Cara Unreg Kartu Telkomsel Lewat Fitur Dial Up
image by: inet.detik.com

Tak hanya melalui fitur SMS, untuk unregistrasi kartu Telkomsel juga bisa dilakukan lewat fitur Dial Up. Cara unreg ini pun dapat dikatakan mudah untuk dilakukan.

Nah, di bawah ini merupakan langkah untuk unreg kartu Telkomsel milikmu melalui fitur Dial Up:

– Buka menu Dial Up atau menu Panggilan yang terdapat di ponsel kamu.
– Ketik nomor *444# kemudian tekan tombol OK atau YES atau CALL.
– Setelahnya akan muncul beberapa pilihan menu terkait layanan kartu Telkomsel yang kamu gunakan.
– Kemudian pilih opsi nomr 3 yakni opsi untuk UNREG.
– Selanjutnya masukkan 16 digit nomor NIK yang kamu gunakan untuk mendaftarkan kartu Telkomselmu. Jika sudah, klik tombol kirim.
– Kamu hanya perlu menunggu hingga prosesnya selesai, setelah itu akan muncul informasi yang menandakan bahwa kartu Telkomsel sudah berhasil di-unreg.

3. Cara Unreg Kartu Telkomsel yang Hilang

Cara Unreg Kartu Telkomsel yang Hilang
image by: ejournal.unida.gontor.ac.id

Terkadang ada saja kasus di mana ponsel kesayangan harus hilang, entah karena dicuri atau mungkin jatuh di tempat yang tidak diketahui.

Apabila kasus yang satu ini terjadi, akan lebih baik jika kartu Telkomsel yang digunakan segera dinonaktifkan atau di-unregistrasi.

Terlebih lagi jika ponsel jelas-jelas hilang karena dicuri. Jika tidak segera dinonaktifkan, nomor di ponsel tersebut menjadi rawan untuk disalahgunakan.

Untuk melakukan unreg pada kartu Telkomsel yang hilang, kamu bisa datang ke gerai Telkomsel atau GraPARI terdekat dari tempat tinggalmu.

Sampaikan keperluan untuk menonaktifkan kartu yang telah hilang tersebut beserta penyebabnya. Selain itu, jangan lupa pula untuk memblokir beberapa data penting seperti media sosial, mobile banking, dan yang lainnya.

Pastikan juga untuk membawa beberapa data diri yang akan dibutuhkan seperti KTP dan juga KK yang asli. Pihak Telkomsel nantinya akan membantu kamu sesuai keluhan dan keinginan yang disampaikan.

4. Cara Unreg Kartu Telkomsel yang Sudah Mati

Ada pula cara untuk unregistrasi kartu Telkomsel yang sudah mati. Mungkin kamu memiliki kartu Telkomsel lama yang sudah tidak terpakai lagi dan sudah dalam keadaan terblokir sehingga ingin segera menonaktifkannya.

Hal seperti ini bisa saja terjadi karena sebelumnya kamu memiliki dua nomor Telkomsel, namun salah satunya jarang terpakai sehingga perlahan-lahan terabaikan dan hangus.

Pada kasus ini biasanya kartu dalam keadaan belum sempat dinonaktifkan, namun sudah terlanjur mati dan tidak bisa dipakai lagi.

Nah, jika seperti ini kasusnya, maka kamu tak perlu khawatir. Karena kartu yang sudah mati tersebut secara otomatis akan dinonaktifkan. Sehingga pengguna tidak perlu melakukan unreg lagi pada kartu tersebut.

5. Cara Unreg Kartu Telkomsel yang Rusak

Mungkin ada di antara pengguna kartu Telkomsel yang ingin melakukan unreg pada kartu mereka yang telah rusak.

Sebuah kartu dapat mengalami kerusakan karena berbagai faktor, misalnya karena sudah terlalu lama dipakai, terlalu sering dilepas pasang, hingga penggunaan yang kurang baik.

Kartu yang sudah rusak tentu tidak akan dapat digunakan lagi. Apabila kamu ingin melakukan unreg pada kartu rusak itu, maka bisa mengunjungi gerei GraPARI terdekat yang ada di domisili kamu.

Bawalah data-data penting seperti KTP dan KK untuk berjaga-jaga jika nantinya dibutuhkan saat proses unreg dilakukan oleh pihak Telkomsel.

6. Cara Unreg Kartu Telkomsel Online

Untuk melakukan unreg pada kartu Telkomsel juga bisa dilakukan secara online. Caranya adalah dengan menghubungi beberapa kontak Telkomsel yang tersedia. Berikut ini daftar kontak Telkomsel yang bisa dihubungi:

– Help Center melalui aplikasi MyTelkomsel
– Situs resmi Telkomsel di alamat www.telkomsel.com
– Telegram resmi Telkomsel tsel.me/telegramVA
– Halaman resmi Telkomsel di Facebook
– Twitter resmi Telkomsel di akun @Telkomsel

Cara Mengecek Nomor Telkomsel

Cara Mengecek Nomor Telkomsel
image by: tekno.kompas.com

1. Menggunakan Fitur Dial Up

 

Cara mengecek nomor Telkomsel yang pertama adalah melalui fitur Dial Up yang tersedia di masing-masing ponsel. Caranya adalah sebagai berikut:

– Buka menu Dial Up atau Panggilan yang ada di ponsel.
– Tekan kode *808#, kemudian tekan tombol Panggil atau Call.
– Selanjutnya akan tampil informasi mengenai nomor Telkomsel milikmu lewat notifikasi pop up.

Selain itu, kamu juga akan mendapatkan SMS notifikasi dari Telkomsel yang berisi informasi mengenai nomor ponsel kamu.

Cara mengecek nomor Telkomsel ini akan dikenakan biaya sebesar Rp100 untuk setiap kali permintaan pengecekan. Sehingga pastikan untuk memiliki pulsa sebelum menghubungi layanan *808#.

2. Melalui Aplikasi MyTelkomsel

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi MyTelkomsel yang bisa diunduh lewat Google Playstore atau App Store.

Untuk mengecek nomor melalui aplikasi MyTelkomsel, kamu perlu memastikan sudah melakukan registrasi terlebih dahulu di aplikasi tersebut.

Apabila sudah teregistrasi, selanjutnya bisa memilih menu informasi yang ada di aplikasi tersebut. Di bagian informasi itulah nantinya akan terlihat nomor Telkomsel yang kamu gunakan.

Aplikasi MyTelkomsel ini bisa menampung lebih dari satu nomor, lebih teaptnya bisa menampung hingga 5 nomor sekaligus.

Sehingga jika kamu memiliki lebih dari satu nomor, maka silahkan mendaftarkan semuanya agar tidak perlu login atau logout saat akan menggunakan aplikasi ini.

3. Melalui Sambungan Operator

Kamu juga bisa mengecek nomor Telkomsel dengan menghubungi sambungan operator atau customer service. Operator atau customer service Telkomsel dapat dihubungi di nomor 188.

Setelah menghubungi nomor tersebut, silahkan sampaikan keperluan untuk mengecek nomor Telkomsel. Perlu diketahui, untuk menghubungi customer service akan menghabiskan pulsa sekitar Rp300 sampai Rp400.

Oleh karena itu pastikan untuk mengisi pulsa terlebih dahulu sebelum menghubungi nomor 188 untuk mengecek nomor Telkomsel