4 Cara Unreg Kartu Smartfren Praktis Secara Online Maupun Offline

Cara Unreg Kartu Smartfren
image by: wigatos.com

Waktuku.com – Cara unreg kartu Smartfren bisa jadi banyak yang belum tahu bagaimana tahapan atau langkah yang harus dilakukan.

Tak perlu bingung, karena Smartfren menyediakan beberapa cara untuk melakukan unregistrasi atau proses menonaktifkan kartu yang sudah tak ingin dipakai.

Saat baru pertama kali menggunakan kartu Smartfren tersebut, tentunya kita melakukan registrasi terlebih dahulu dengan memasukkan beberapa data diri seperti Nomor Induk Kependudukan atau NIK, serta nomor Kartu Keluarga atau KK.

Oleh karena itulah jika sudah tidak ingin menggunakan kartu tersebut apalagi jika kartu Smartfren yang dimaksud telah hilang, sebaiknya dilakukan proses unreg agar data diri terhapus dari kartu lama yang sudah tidak terpakai.

Nah, untuk kamu yang ingin mengetahui cara unreg kartu Smartfren, simak beberapa tahapannya berikut ini.

4 Cara Unreg Kartu Smartfren

1. Cara Unreg Kartu Smartfren Lewat SMS

Cara Unreg Kartu Smartfren Lewat SMS
image by: viva.co.id

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk unregistrasi kartu Smartfren yang sudah tidak dipakai adalah melalui fitur SMS.

Cara unreg dengan menggunakan fitur SMS merupakan salah satu yang termudah dan dapat dilakukan dengan cepat. Langkah-langkah yang bisa kamu lakukan adalah sebagai berikut:

– Buka menu pesan singkat atau SMS yang ada di ponsel milikmu.

– Pada kolom untuk membuat pesan, ketikkan format untuk unreg kartu Smartfren yakni UNREG#Nomor HP#. Contohnya seperti, UNREG#085123456789#.

– Cek kembali apakah format yang diketik sudah sesuai, serta apakah nomor HP yang dimasukkan sudah tepat. Jika sudah memastikannya, kirim SMS tersebut ke nomor 4444.

– Setelah mengirim pesan, tunggu beberapa saat hingga mendapat psan balasan atau mendapat informasi terkait proses unregistrasi. Apabila proses unreg berhasil, maka akan tertera informasi yang mengatakan jika kartu Smartfren sudah selesai dinonaktifkan.

2. Cara Unreg Kartu Smartfren Lewat Fitur Panggilan atau Dial Up

Cara Unreg Kartu Smartfren Lewat Fitur Panggilan
image by: wongkito.co

Selain dengan menggunakan fitur SMS, fitur panggilan yang ada di ponsel juga bisa menjadi pilihan alternatif lain untuk menonaktifkan kartu lama.

Caranya pun tak kalah mudah dan praktis dengan melakukannya via SMS, yakni sebagai berikut:

– Masuk ke menu Panggilan atau Dial Up yang tersedia pada ponsel.

– Kemudian masukkan nomor *4444# pada tombol panggilan. Kemudian tekan tombol Call atau Panggil.

– Tunggu beberapa saat, dan kamu akan melihat adanya pop up berupa menu layanan yang terdiri dari beberapa pilihan.

– Pilih opsi nomor 3 yakni UNREG, karena di sini kamu bertujuan untuk melakukan unregistrasi pada kartu Smartfren.

– Setelah itu klik Kirim, dan kamu akan diminta untuk memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Setelah memasukkan NIK, pastikan terlebih dahulu nomornya sudah benar.

– Apabila prosesnya sudah selesai dilakukan, akan kembali muncul pop up selanjutnya yang berisi pemberitahuan bahwa proses unregistrasi sudah berhasil dilakukan.

3. Cara Unreg Kartu Smartfren Lewat Situs Resmi

Cara Unreg Kartu Smartfren Lewat Situs Resmi
image by: daftarpaket.co.id

Ada pula cara selanjutnya yaitu dengan mengakses situs resmi Smartfren. Akan tetapi, perlu diingat jika situs Smartfren ini hanya bisa diakses melalui browser yang ada di ponsel.

Selain itu, situs ini juga hanya bisa dibuka jika kamu menggunakan jaringan internet Smartfren. Apabila menggunakan jaringan internet dari operator lain, maka situs tidak dapat diakses.

Lantas, seperti apa cara unregistrasi kartu Smartfren melalui situs resmi? Simak langkahnya berikut ini:

– Masuk ke aplikasi browser, kemudian masukkan alamat situs mysf.id/unreg untuk memulai proses unregistrasi pada kartu.

– Kemudian masukkan NIK pada kolom yang tersedia di situs tersebut untuk melanjutkan proses unreg.

– Setelah beberapa saat, kamu akan mendapatkan notifikasi mengenai berhasilnya kartu Smartfren kamu dinonaktifkan.

4. Cara Unreg Kartu Smartfren Melalui Gerai Resmi

Cara Unreg Kartu Smartfren Melalui Gerai Resmi
image by: smartfren.com

Menonaktifkan kartu Smartfren yang sudah tidak ingin dipakai juga bisa dilakukan dengan mendatangi langsung gerai Smartfren yang terdekat dari lokasi kamu tinggal.

Cara ini sangat tepat untuk dipilih apabila kamu mengalami kendala meskipun telah mencoba unregistrasi lewat SMS, Dial up atau melalui situs resmi.

Jika ingin melakukan unreg dengan mendatangi gerai resmi Smartfren, kamu perlu menyiapkan beberapa dokumen administrasi seperti Kartu tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Keluarga (KK).

Hal itu karena kemungkinan data-data pribadi itu akan dibutuhkan seperti saat pertama kali melakukan registrasi kartu.

Salah satu kelebihan melakukan unregistrasi lewat gerai adalah adanya petugas gerai yang akan membantu sekaligus menjawab semua keluhan dan permintaan terkait proses unregistrasi kartu.

Bagaimana Jika Kartu Smartfren Rusak, Terblokir, atau Hilang?

Tak sedikit pelanggan Smartfren yang pernah mengalami kartu mereka mengalami kerusakan, terblokir, ataupun hilang.

Jika hal ini terjadi, maka ada dua pilihan yang bisa dilakukan, yaitu memperbaikinya agar bisa digunakan kembali atau menonaktifkannya dengan cara unregistrasi.

Kedua pilihan tersebut bisa dilakukan dengan mendatangi Galeri Smartfren terdekat. Berikut ini langkah yang perlu dilakukan untuk mengatasi kartu Smartfren yang rusak, terblokir, atau hilang di Galeri Smartfren:

– Carilah lokasi Galeri Smartfren terdekat dari tempat tinggalmu. Kemudian sebelum mendatangi galeri tersebut, siapkan terlebih dahulu dokumen administrasi yang akan dibutuhkan nantinya seperti KTP dan KK yang asli.

– Kemudian silahkan datang ke Gerai Smartfren dan isi terlebih dahulu formulir yang diberikan oleh petugas gerai.

– Jika sudah melengkapi formulir, kamu bisa menyerahkannya kepada Customer Service.

– Setelah itu sampaikan keluhan terkait kartu Smartfren yang mengalami kerusakan, terblokir, atau hilang tersebut. Sampaikan juga apakah kamu ingin mendapatkan kembali nomor di kartu lama tersebut atau ingin melakukan unregistrasi.

– Apabila masih ingin menggunakan nomor lama, maka nantinya petugas akan memberikan kamu kartu perdana baru dengan nomor Smartfren yang sama dengan yang tertera di kartu sebelumnya.

– Sedangkan jika kamu memilih untuk unregistrasi kartu tersebut, maka petugas akan membantu prosesnya hingga unregistrasi berhasil dan data pribadi kamu sudah tidak terhubung dengan kartu lama.

Kelebihan Menggunakan Kartu Smartfren

1. Memberikan Bonus Kuota Besar

Smartfren merupakan salah satu operator seluler yang tak segan memberikan bonus kuota besar-besaran kepada pelanggan. Contohnya, terdapat bonus kuota hingga 13 GB yang bisa didapatkan oleh pelanggan.

Selain itu, setiap bulannya para pelanggan yang menggunakan kartu Smartfren 4G GSM+ dan 4G GSM melalui situs resmi Smartfren akan mendapatkan bonus kuota setiap bulannya.

2. Cashback Pulsa

Kelebihan kartu Smartfren yang selanjutnya adalah jika kamu membeli kartu perdana 4G GSM+, maka kamu berkesempatan mendapatkan cashback yang diberikan dalam bentuk pulsa.

Tak sampai di situ, ketika kamu melakukan pengisian pulsa minimal RP10.000, maka berpeluang mendapatkan bonus kuota internet sebesar 13 GB yang di dalamnya termasuk kuota games sebesar 2GB

3. Smartfren Sudah Terdaftar di Program GIS

Smartfren memberikan penawaran bagi siapa saja yang menggunakan layanan mereka, maka secara otomatis akan tercatat pada program Gratis Internet Setahun atau yang disebut juga dengan GIS.

Ditambah lagi, pelanggan juga akan mendapatkan bonus kuota sebesar 2 GB yang bisa diperoleh selama setahun penuh.

Syarat untuk mendapatkan bonus itu adalah dengan melakukan transaksi minimal sebesar Rp60.000 setiap bulannya.