6 Cara Unreg Kartu Indosat Lengkap dan Praktis

Cara Unreg Kartu Indosat
image by: pindahlubang.com

Waktuku.com – Cara unreg kartu Indosat tentu dibutuhkan oleh kamu yang sudah berniat untuk menonaktifkan kartu tersebut.

Bisa jadi mungkin kamu hendak mengganti dengan kartu yang baru, atau memang sudah tidak lagi membutuhkan kartu tersebut.

Ditambah lagi saat ini pemerintah Indonesia sudah memberlakukan pembatasan terkait registrasi kartu perdana. Sebuah NIK KTP dan nomor KK hanya bisa didaftarkan maksimal pada 3 nomor saja.

Sehingga jika NIK dan nomor KK kamu sudah terdaftar di tiga nomor Indosat berbeda, maka harus melakukan unregistrasi pada salah satu nomornya jika ingin memakai kartu Indosat yang baru.

Tersedia beberapa pilihan terkait cara unreg kartu Indosat. Masing-masing pilihan pun memiliki kekurangan dan kelebihannya sendiri. Sehingga kamu bisa memilih sesuai dengan yang diinginkan.

Nah, untuk kamu yang berniat untuk unregistrasi kartu Indosat, berikut ini beberapa cara yang bisa dipilih.

6 Cara Unreg Kartu Indosat

1. Cara Unreg Kartu Indosat Via SMS

Cara Unreg Kartu Indosat Via SMS
image by: carabisnis-pulsa.com

Cara pertama yang bisa kamu pilih untuk unregistrasi kartu Indosat adalah dengan menggunakan metode SMS. Tahapannya pun sangat mudah, yakni seperti di bawah ini:

– Buka menu SMS atau Pesan yang tersedia di ponsel.
– Setelah itu di kolom yang tersedia untuk menulis pesan, ketikkan UNPAIR#Nomor Telepon#. Contohnya, UNPAIR#085712345678#.
– Periksa kembali dan pastikan format sudah benar dan nomor telepon yang dicantumkan juga sudah sesuai. Setelah itu, kirimkan SMS tersebut ke nomor 4444.
– Tunggu beberapa saat. Apabila proses unregistrasi telah berhasil, maka akan muncul pemberitahuan bahwa kartu telah berhasil di unreg.

2. Cara Unreg Kartu Indosat Via Telepon

Cara Unreg Kartu Indosat Via Telepon
image by: qoala.app

Selain melalui SMS, cara selanjutnya untuk unreg kartu Indosat adalah dengan menggunakan fitur telepon seperti berikut ini:

– Buka menu Panggilan atau Telepon yang ada di ponsel milikmu
– Setelah itu ketik nomor *123*444#. Kamudian klik tombol OK atau tombol Call.
– Kemudian akan terlihat tampilan pop up yang menunjukkan beberapa opsi seperti Cel Status, Registrasi, Cek NIK, dan juga Unreg atau Hapus Data Registrasi.
– Karena tujuan kamu adalah untuk melakukan unregistrasi, maka pilih opsi Unreg atau Hapus Data Registrasi. Setelah itu klik OK.
– Lanjutkan dengan memasukkan angka 1, lalu klik OK lagi.
– Tunggu hingga beberapa saat, jika proses atau cara unreg kartu Indosat sudah sukses maka akan muncul notifikasi yang memberitahukan bahwa kartu Indosat sudah berhasil dinonaktifkan.

3. Cara Unreg Kartu Indosat Lewat Customer Service

Cara Unreg Kartu Indosat Lewat Customer Service
image by: majalahfranchise.com

Selain melalui telepon dan SMS, layanan Customer Service juga bisa menjadi pilihan alternatif untuk menonaktifkan kartu Indosat.

Cara yang satu ini bisa kamu pilih jika sudah mencoba lewat telepon dan SMS, namun proses unreg tetap saja belum berhasil. Langkah melakukan unreg lewat Customer Service adalah sebagai berikut:

– Buka menu Panggilan atau Telepon yang sudah tersedia di ponsel.
– Lakukan panggilan telepon ke nomor (021) 30003000.
– Sampaikan keluhan atau permintaan kamu terkait proses unreg kartu Indosat.
– Pihak Customer Service akan membantu memproses permintaan terkait unreg tersebut. Perlu diingat Customer Service mungkin akan meminta kamu menyebutkan beberapa data pribadi.
– Apabila unregistrasi kartu Indosat sudah berhasil, pihak Customer Service akan menginformasikan kepada pelanggan.

Perlu diingat bahwa cara ini berbayar menggunakan pulsa. Oleh karena itu pastikan untuk mengisi pulsa dalam jumlah yang cukup sebelum menghubungi Customer Service.

4. Cara Unreg Kartu Indosat Lewat Media Sosial

Cara Unreg Kartu Indosat Lewat Media Sosial
image by: techinpost.com

Berikutnya adalah cara unreg kartu Indosat melalui akun resmi Indosat di media sosial. Pada dasarnya cara ini sama saja dengan menghubungi Customer Service. Bedanya, ini dilakukan secara online tanpa perlu menghabiskan pulsa.

Indosat sendiri menyediakan layanan di berbagai platform media sosial seperti Facebook, Instagram dan juga Twitter.

Kamu bisa menghubungi akun resmi Indosat di berbagai platform tersebut dan sampaikan permintaan untuk menonaktifkan kartu Indosat.

5. Cara Unreg Kartu Indosat dengan Kunjungi Gerai Indosat

Cara selanjutnya adalah dengan mengunjungi gerai Indosat terdekat dari tempat tinggal kamu. Jangan lupa untuk membawa beberapa persyaratan administrasi seperti KTP dan KK yang sebelumnya digunakan untuk mendaftarkan kartu Indosat tersebut.

Di gerai Indosat nanti biasanya pelannggan akan diminta untuk mengisi formulir terlebih dahulu. Tak perlu khawatir karena pengisian formulir itu akan dipandu oleh petugas gerai.

Setelah mengisi formulir, barulah jelaskan keperluan kamu bahwa ingin melakukan unreg pada kartu Indosat. Petugas gerai akan segera membantu permintaan tersebut hingga proses unreg dapat selesai.

6. Cara Unreg Kartu Indosat yang Hilang

Terkadang ada saja masalah yang menyebabkan kita harus kehilangan kartu Indosat. Salah satu penyebabnya adalah jika ponsel yang kita miliki hilang atau dicuri.

Jika hal tersebut terjadi, maka kita sebaiknya cepat melakukan unregistrasi terhadap kartu Indosat yang terpasang di ponsel tersebut. Hal ini untuk mencegah nomor Indosat kita disalahgunakan oleh orang lain.

Nah, cara untuk melakukan unregistrasi terhadap kartu yang hilang adalah dengan menghubungi Customer Service dan menjelaskan bahwa kartu Indosat kita telah hilang.

Jelaskan juga mengenai kapan waktu kartu Indosat tersebut hilang, di mana lokasi kehilangannya, sebutkan juga identitas pemilik kartu tersebut, dan informasi penting lainnya.

Apabila memungkinkan, kamu bisa langsung datang ke gerai Indosat terdekat agar permasalahan bisa ditangani secara langsung dan cepat.

Jika datang ke gerai Indosat, pastikan membawa data dan dokumen identitas seperti KTP dan juga KK yang dahulu digunakan untuk mendaftar kartu Indosat tersebut.

Kelebihan Kartu Indosat Dibandingkan Operator Lain

Kelebihan Kartu Indosat
image by: wigatos.com

Indosat merupakan salah satu operator seluler yang sudah beroperasi dan melayani pelanggan di Indonesia dalam waktu yang cukup lama.

Dibandingkan dengan operator seluler lainnya, ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Indosat, yakni seperti di bawah ini:

1. Sudah Mendukung Jaringan 5G

Jaringan merupakan faktor penting yang membuat seseorang tertarik untuk memilih operator tertentu. Salah satu kelebihan Indosat perihal jaringan adalah sudah mendukung fitur 5G.

Di Indonesia belum semua operator seluler mendukung jaringan 5G. Hanya beberapa operator saja yang sudah melakukannya, termasuk Indosat.

Jaringan 5G yang disediakan oleh Indosat pun sudah mencakup area dan wilayah yang luas di berbagai penjuru Indonesia. Di antaranya seperti Jakarta, Surakarta, Surabaya, Balikpapan, dan Makassar.

Meski memang belum benar-benar merata ke seluruh pelosok Indonesia, namun Indosat terus mengembangkan jangkauan 5G miliknya ke berbagai daerah lain.

2. Tersedia Beragam Pilihan Paket Internet

Selain unggul dalam faktor jaringan, Indosat juga memiliki banyak sekali pilihan paket Internet untuk penggunanya.

Kamu bisa mengecek sendiri lewat *123# dan akan terlihat banyak sekali pilihan paket yang tersedia. Sebut saja Freedom Harian, Freedom Combo hingga Freedom Unlimited serta beragam jenis paket lainnya.

Dengan ketersediaan paket yang beragam, pengguna dapat memilih mana yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka.

3. Harga Relatif Murah

Jika dibandingkan dengan operator seluler lainnya, harga yang ditawarkan oleh Indosat masih termasuk kategori terjangkau. Ada banyak promo dan diskon harga paket yang disediakan oleh operator yang satu ini.