3 Cara Tukar Poin Indosat Lengkap Beserta Cara Cek poin

Cara Tukar Poin Indosat
image by: sragenupdate.pikiran-rakyat.com

Waktuku.com – Cara tukar poin Indosat tersedia dalam beberapa cara yang mudah dilakukan. Cara-cara tersebut ada baiknya diketahui jika kamu merupakan pengguna setia Indosat.

Hal itu karena poin Indosat atau IMPoin bisa ditukarkan dengan berbagai penawaran dan hadiah menarik. Sayang kan, jika poin sudah terkumpul banyak namun tidak terpakai dan dibiarkan begitu saja?

Poin Indosat ini merupakan sejenis program loyalitas yang diadakan Indosat sebagai bentuk penghargaan kepada pelanggan setia mereka. Sistem ini memang lazim diadakan oleh berbagai provider di Indonesia, termasuk Indosat.

IMPoin bisa digunakan baik oleh pelanggan Indosat prabayar maupun pascabayar. Untuk pelanggan prabayar, poin Indosat tersebut bisa digunakan setelah melakukan registrasi.

Sedangkan untuk pelanggan pascabayar bisa langsung menikmati IMPoin tersebut karena sudah secara otomatis terdaftar oleh Program Loyalitas Indosat Ooredoo.

Nah, untuk menukarkan poin yang sudah terkumpul, ikuti cara tukar poin Indosat yang akan dijelaskan pada pembahasan selanjutnya.

Tentang Poin Indosat

Tentang Poin Indosat
image by: viva.co.id

Sebelum membahas mengenai cara tukar poin Indosat, sebagai pelanggan operator seluler yang satu ini tentu akan lebih baik jika kamu mengetahui lebih jauh tentang sistem poin yang diberlakukan oleh Indosat ini.

Poin Indosat atau IMPoin adalah sebuah program loyalitas yang menargetkan para pelanggan setia Indosat. Melalui program ini Indosat menawarkan hadiah tertentu kepada pelanggan setia mereka berupa berbagai penawaran menarik.

Program IMPoin dapat dikatakan sebagai pengganti dari program sebelumnya yang bernama Poin Senyum Indosat Ooredoo yang sudah berakhir beberapa tahun lalu. Sebagai gantinya, diadakanlah IMPoin sejak tahun 2020.

Cara Daftar Poin Indosat atau IMPoin

Cara Daftar Poin Indosat atau IMPoin
image by: tekno.kompas.com

Seperti yang telah dijelaskan pada bagian pembuka, bagi pelanggan pascabayar bisa langsung menikmati IMPoin karena secara otomatis sudah terdaftar.

Namun, bagi pelanggan prabayar harus mendaftar terlebih dahulu untuk bisa mendapat keuntungan dari program ini. Lantas seperti apa cara daftarnya? Berikut beberapa cara yang bisa dipilih.

– Daftar melalui fitur SMS dengan cara ketik pesan DAFTAR, lalu kirim pesan tersebut ke nomor 999.

– Mendaftar dengan menghubungi customer service Indosat Ooredoo di nomor 185. Hubungi nomor tersebut menggunakan nomor Indosat Ooredoo milikmu.

– Kamu juga bisa melakukan pendaftaran melalui aplikasi myIM3. Caranya adalah dengan klik pada banner “IMPoin”.

Cara Mengumpulkan Poin Indosat

Untuk mendapatkan beragam hadiah yang ditawarkan, kamu perlu mengumpulkan poin Indosat dalam jumlah banyak. Karena semakin banyak poin yang berhasil terkumpul, maka semakin banyak juga hadiah yang bisa ditukarkan.

Agar bisa memiliki poin Indosat dalam jumlah banyak, maka kamu harus mengetahui bagaimana cara mendapatkan poin tersebut.

Poin Indosat bisa kamu dapatkan setiap kali melakukan transaksi seperti melakukan pengisian pulsa dan pembelian paket bagi pelanggan prabayar, dan melakukan pelunasan tagihan bagi pelanggan pascabayar.

Bagi pelanggan prabayar, kamu perlu melakukan pengisian pulsa dengan nominal minimal Rp10.000, baik melalui konter pulsa ataupun melalui e-commerce.

Sedangkan untuk pelanggan pascabayar, maka bisa mendapatkan poin dengan membayar tagihan dan melakukan isi ulang minimal Rp10.000 juga.

Setelah melakukan transaksi yang disyaratkan, IMPoin tersebut akan ditambahkan ke akun kamu paling lambat 2 x 24 jam. Untuk itu, jangan risau jika setelah melakukan transaksi namun poin tidak langsung bertambah.

Cara Tukar Poin Indosat

3 Cara Tukar Poin Indosat
image by: menit.co.id

1. Cara Tukar Poin Indosat Lewat Aplikasi MyIM3

Cara yang pertama adalah dengan menggunakan aplikasi MyIM3. Apabila belum memiliki aplikasi tersebut di perangkat kamu, pastikan untuk menginstallnya terlebih dahulu.

Jika aplikasi MyIM3 sudah terinstall, ikuti langkah berikut untuk menukar poin Indosat.

– Buka aplikasi MyIM3 yang ada di perangkat. Kemudian login dengan menggunakan nomor Indosat kamu yang aktif.

– Setelah itu kamu akan dibawa ke halaman utama. Di halaman utama tersebut, klik opsi Tukar Poin yang terletak di sebelah menu jumlah IMPoin.

– Apabila tidak menemukannya, silahkan masuk ke menu Reward. Kemudian langsung pilih hadiah yang diinginkan.

– Kemudian klik Tukar dan lakukan konfirmasi penukaran poin sesuai dengan tombol yang muncul.

2. Cara Tukar Poin Indosat Via SMS ke 999

Selain menggunakan aplikasi MyIM3, kamu juga bisa menukar poin Indosat melalui fitur SMS. Cara ini cocok untuk pelanggan yang tidak ingin menghabiskan memori perangkatnya dengan menginstall aplikasi baru lagi.

Cara tukar poin Indosat melalui SMS adalah sebagai berikut.

– Masuk ke menu pesan yang ada di ponsel kamu.
– Di kolom untuk mengetik pesan, ketik TUKAR.
– Setelah itu kirimkan SMS ke nomor tujuan 999.
– Selanjutnya akan muncul petunjuk. Ikuti petunjuk tersebut hingga poin berhasil ditukarkan.

3. Cara Tukar Poin Indosat Via SMS ke 7887

Ada satu lagi cara untuk menukarkan poin Indosat milikmu menggunakan fitur SMS, yakni dengan mengirimkan ke nomor 7887. Caranya adalah sebagai berikut:

– Buka menu pesan yang terdapat di perangkat kamu.
– Ketikkan format SMS berupa POIN.
– Kirim pesan tersebut ke nomor 7887.
– Kemudian langsung tukarkan poin tersebut sesuai dengan petunjuk yang muncul selanjutnya.

Cara Cek Poin Indosat

1. Cara Cek Poin Indosat Melalui SMS

– Buka menu pesan di ponsel.
– Kemudian pada kolom pesan ketikkan format POIN STATUS, lalu kirimkan ke nomor 999.
– Setelah itu kamu tinggal menunggu balasan yang menunjukkan berapa jumlah IMPoin yang kamu miliki.

2. Cara Cek Poin Indosat Via Aplikasi MyIM3

– Download dan install aplikasi MyIM3 di perangkat kamu.
– Setelah itu lakukan login dengan menggunakan nomor Indosat yang sedang kamu gunakan.
– Masuk ke halaman beranda aplikasi MyIM3.
– Lalu klik menu Reward, setelah itu akan tertera berapa jumlah poin Indosat yang kamu miliki.

Catatan Terkait Poin Indosat

Ada beberapa catatan yang perlu kamu perhatikan saat ingin menukar poin Indosat dengan berbagai hadiah yang tersedia, di antaranya adalah:

– Poin Indosat yang kamu miliki mempunyai masa aktif hingga periode tertentu dan memiliki waktu kadaluwarsa. Waktu kadaluwarsanya adalah setiap tanggal 31 Desember. Jika sudah kadaluwarsa, jumlah IMPoin akan direset dan kembali menjadi 0.

– Jika dalam kurun waktu 90 hari tidak ada transaksi yang dilakukan seperti isi pulsa, membeli paket data, atau bayar tagihan, maka poin yang sudah terkumpul akan otomatis kadaluwarsa dan hangus.

– IMPoin memiliki 4 tingkatan keanggotaan yang berbeda, yakni Red Silver, Gold, dan Platinum. Setiap tingkatan juga memiliki keunggulan. Semakin tinggi tingkatan yang kamu miliki, maka akan semakin banyak keuntungan yang bisa didapatkan.

– Untuk membuat tingkatan terus naik, maka kamu harus terus melakukan transaksi seperti melakukan isi ulang pulsa, membeli paket internet, dan membayar tagihan tepat waktu.

– Poin Indosat bisa ditukarkan dengan beberapa produk telekomunikasi yang disediakan oleh pihak Indosat seperti kuota internet, paket telepon, dan paket combo yang merupakan gabungan dari kuota internet dan paket telepon.

– Setiap penawaran hadiah memiliki harga poin yang berbeda-beda. Untuk itu sebelum menukarkan dengan hadiah yang diinginkan, kamu perlu mengecek terlebih dahulu apakah poin yang dimiliki sudah cukup atau belum.