3 Cara Registrasi Kartu XL Mudah dan Anti Gagal

Cara Registrasi Kartu XL
Images by: Pixabay.com

Waktuku.com – Semua masyarakat Indonesia khususnya yang menggunakan layanan telekomunikasi, wajib mendaftarkan kartu perdana telekomunikasi segera. Oleh sebab itu cara registrasi kartu xl sangat penting untuk diketahui khususnya para pengguna provider yang satu ini.

Jika tidak di registrasi, akan ada sejumlah sanksi seperti pembatasan komunikasi bagi pelanggan. Kebijakan ini sesuai dengan Peraturan Menteri (PM) Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pendaftaran Pelanggan Jasa Telekomunikasi.

Lalu bagaimana cara registrasi kartu XL untuk pengguna baru dan lama? Tidak hanya pengguna lama, pelanggan baru cara pendaftaran kartu XL ternyata dapat dilakukan dengan mudah dan aman bagi Warga Negara Indonesia (WNI) dan Warga Negara Asing (WNA).

Cara registrasi kartu XL membutuhkan persyaratan berupa Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (e-KTP), KITAS/Paspor/KITAP (WNA). Memahami cara mendaftar kartu XL cukup penting, karena proses pendaftaran dimaksudkan untuk menghindari penyalahgunaan data dan hal-hal yang tidak diinginkan.

Apakah bisa daftar kartu XL tanpa Kartu Keluarga (KK)? Saat ini, tidak mungkin untuk mendaftarkan kartu XL tanpa KK. Kemudian jika cara registrasi kartu XL gagal, cek ulang nomor KK atau nomor NIK dan daftar ulang setelah beberapa saat.

Berikut ini adalah ulasan lengkap cara daftar kartu XL untuk pelanggan baru dan lama bagi WNI dan WNA yang mudah dan aman dilakukan.

Syarat Cara Registrasi Kartu XL

Omong-omong, tahukah Anda perbedaan pendaftaran kartu XL prabayar sekarang dengan pendaftaran kartu XL sebelumnya? Kalau belum tahu, berikut penjelasan mengenai syarat cara registrasi kartu xl terbaru!

Pendaftaran tersebut meliputi data Nomor Induk Kependudukan (NIK) sesuai KTP dan Kartu Keluarga (KK) atau NIK sesuai KTP elektronik dan Kartu Keluarga (KK). Pendaftaran harus melalui proses validasi terhadap data yang tercatat di Ditjen DUKCAPIL.

Pendaftaran dapat dilakukan oleh pelanggan yang bersangkutan melalui berbagai cara mulai dari gerai milik mitra, gerai penyedia jasa telekomunikasi, atau menghubungi layanan contact center.

Nah, tiga poin di atas inilah yang dimanfaatkan pemerintah untuk membuat pengguna kartu XL lebih aman dan fleksibel saat melakukan registrasi kartu. Meskipun Anda pelanggan lama XL, pendaftaran kartu tetap berlaku.

Sebelum mendaftar, sebagai warga negara Indonesia, Anda harus menyiapkan persyaratan di bawah ini:

  • KTP-Elektronik
  • Kartu Keluarga (KK)

Lalu, untuk Warga Negara Asing (WNA), apa saja persyaratannya? Untuk syarat pendaftaran kartu XL untuk WNA bisa dilihat di bawah ini:

  • Paspor
  • KITAP (Kartu Izin Tinggal Tetap)
  • KITAS (Kartu Izin Tinggal Sementara)

Cara Registrasi Kartu XL Terbaru

Cara Registrasi Kartu XL Terbaru
Images by: XL Axiata

Setelah semua persyaratan pendaftaran sudah Anda siapkan, maka yang harus Anda lakukan hanyalah mendaftar sesuai data pengguna. Baik Anda warga negara Indonesia (WNI) atau warga negara asing, nantinya data yang akan Anda lengkapi harus sesuai dengan data diri yang valid dan sesuai.

Cara Registrasi Kartu XL Melalui SMS

Bagi Anda yang ingin mendaftar kartu XL baru untuk pertama kalinya alias pelanggan baru XL, Anda cukup mengikuti langkah-langkah cara registrasi kartu xl di bawah ini:

  • Ketik SMS dengan format DAFTAR#NIK#Nomor KK kirim ke nomor 4444.
    Tunggu hingga proses validasi selesai.
  • Nah, contoh format pengetikan bisa dilihat seperti ini: DAFTAR#1234567891011134#5566778899110022 kirim ke 4444

Sedangkan jika Anda pelanggan lama kartu XL, cara registrasi kartu xl seperti ini:

Ketik SMS: RETURN#NIK#KK kirim ke nomor 4444.
Tunggu hingga proses validasi selesai, OK!

Cara Registrasi Kartu XL Melalui Gerai

Nah, bagi Anda yang memiliki teman warga negara asing, Anda bisa mendaftarkan kartu XL Anda dengan langkah-langkah di bawah ini:

  • Kunjungi outlet mitra penyedia layanan telekomunikasi atau outlet penyedia layanan telekomunikasi.
  • Tunjukkan kartu identitas orang asing berupa paspor/ KITAP/ KITAS/ ke outlet.
  • Nomor paspor/KITAS/ KITAP akan dicatat oleh petugas loket.
  • Tunggu sampai proses pendaftaran selesai
  • Setelah selesai, Anda bisa langsung menggunakan kartu XL.

Cara Registrasi Kartu XL Melalui Website

Selain SMS, ternyata Anda juga bisa daftar kartu perdana XL melalui website resmi XL Axiata dengan mudah. Cara registrasi kartu xl ini sangat cocok untuk Anda yang bekerja di depan PC atau laptop atau saat dapat memegang ponsel dalam waktu lama.

Yuk simak panduan lengkapnya di bawah ini:

  • Buka website resmi XL Axiata (https://registrasi.xl.co.id/ulang).
  • Masukkan nomor telepon XL yang akan Anda gunakan.
  • Sistem akan mengirimkan kode verifikasi melalui SMS ke nomor tersebut.
  • Masukkan kode verifikasi pada halaman layanan pendaftaran.
  • Klik Verifikasi.
  • Masukkan nomor NIK & KK.
  • Klik Kirim.

Setelah klik Submit, proses registrasi dan update data kartu XL Axiata terbaru Anda selesai. Anda akan menerima konfirmasi melalui SMS.

Mengapa Registrasi Kartu XL Gagal?

Setelah melihat panduan pendaftaran di atas, Anda yang sudah berhasil mendaftar pasti berpikir bahwa mendaftar kartu perdana XL caranya sangat mudah bukan?

Namun terkadang ada juga yang gagal melakukan registrasi kartu XL. Padahal, cara registrasi kartu xl dan persyaratannya sudah diatur dengan jelas. Lalu, apa sebenarnya yang membuat registrasi paket perdana gagal?

Pertama, mungkin ada kesalahan saat mengisi identitas Anda. Saat mendaftar di awal Anda diharuskan mengisi identitas Anda sesuai NIK dan KK Anda.

Karena banyaknya angka yang harus dimasukkan, ada kemungkinan Anda sedikit ketinggalan saat mengisinya. Jika sudah seperti ini, pastikan untuk lebih berhati-hati saat mengisi agar pendaftaran selanjutnya bisa berhasil.

Penyebab kedua kegagalan juga bisa terjadi karena salah input format SMS pendaftaran. Setiap operator seluler di Indonesia memiliki format SMS pendaftaran yang berbeda-beda. Jadi, pastikan Anda mengikuti format yang disediakan oleh XL agar pendaftaran berhasil.

Kemungkinan ketiga alias terakhir adalah kartu perdana yang Anda beli telah hangus atau tidak berlaku lagi. Jadi, Anda harus cek dulu tanggal kadaluarsa kartu sebelum membelinya, ya!

Cara Registrasi Kartu XL yang Gagal

Sampai di sini, apakah Anda sudah mencoba cara pendaftaran di atas, tetapi selalu gagal? Jika Anda mengalami hal seperti ini, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah jangan panik.

Tenang saja karena masih ada cara registrasi kartu xl lainnya, kalau Anda gagal daftar kartu XL Anda sampai lima kali. Memang, cara yang akan dijelaskan tidak selalu berhasil. Namun banyak juga yang berhasil mendaftarkan kartunya setelah mengikuti cara di bawah ini.

Pastikan untuk berhati-hati dalam mengisi data identitas.

Jika benar tapi selalu gagal, ada kemungkinan NIK dan KK Anda tidak bisa lagi digunakan untuk registrasi karena sudah melewati kuota sebanyak tiga kali.

Datanglah ke Gerai XL jika tidak bisa mendaftarkan kartu sama sekali. Petugas di sana harus punya solusi untuk mengatasi masalah ini.

Itulah cara daftar kartu XL 2022 terbaru yang bisa Anda ikuti. Dijamin cepat dan mudah, jadi Anda bisa langsung menggunakan layanan internet dan komunikasi terbaik dari XL Axiata!

Perlu dicatat dan ingat untuk Anda agar benar-benar menjaga dan menghindari agar Anda tidak memberikan nomor E-KTP dan nomor KK Anda kepada orang lain. Hal ini adalah cara untuk mencegah penyalahgunaan pendaftaran kartu XL atau kartu lainnya.

Itu dia penjelasan lengkap mengenai cara registrasi kartu xl yang benar dan tepat. Selamat mencoba dan semoga berhasil dengan proses registrasi kartu XL!