8 Cara Registrasi Kartu Telkomsel Lengkap Dengan Manfaatnya

Cara Registrasi Kartu Telkomsel
Images by: Unsplash.com

Waktuku.com – Mendaftarkan kartu perdana merupakan hal yang wajib bagi pelanggan jasa telekomunikasi di Indonesia. Oleh sebab itu, pelanggan telkomsel harus mengetahui cara registrasi kartu telkomsel.

Jika tidak, akan ada sejumlah sanksi seperti pembatasan komunikasi bagi pelanggan. Kebijakan ini sesuai dengan Peraturan Menteri (PM) Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Nomor 14 Tahun 2017 tentang registrasi untuk pelanggan layanan telekomunikasi.

Lalu bagaimana cara registrasi kartu telkomsel untuk pengguna baru dan lama? Tidak hanya pengguna atau pelanggan baru dan lama, pendaftaran kartu Telkomsel dapat dilakukan dengan mudah dan aman untuk warga negara Indonesia (WNI) dan warga negara asing (WNA).

Pendaftaran dapat dilakukan melalui SMS, telepon USSD, Call Center, bahkan mengunjungi Grapari. Syaratnya adalah menyiapkan Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (e-KTP), KITAS/Paspor/KITAP.

Memahami cara registrasi kartu telkomsel itu penting, karena proses pendaftaran dimaksudkan untuk menghindari penyalahgunaan data dan hal-hal yang tidak diinginkan. Apakah bisa registrasi kartu Telkomsel tanpa Kartu Keluarga (KK)?

Saat ini, tidak mungkin untuk mendaftarkan kartu Telkomsel tanpa KK. Artikel kali ini akan mengulas lebih detail mengenai cara registrasi kartu Telkomsel baru dan lama bagi WNI dan WNA.

Cara Registrasi Kartu Telkomsel yang Benar

Cara Registrasi Kartu Telkomsel yang Benar
Images by: gadgetren.com

Cara Registrasi Kartu Telkomsel Warga Negara Indonesia (WNI)

1. Cara Registrasi Kartu Telkomsel Untuk Pengguna Baru

Siapkan persyaratan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Temukan nomor NIK yang tertera pada KTP yakni merupakan Nomor Induk Kependudukan yang tercantum pada KTP, terdiri dari 16 digit nomor dan posisinya berada di atas nama pada KTP.

Pendaftar harus terdaftar di Kartu Keluarga (KK). Sedangkan nomor KK yang terdiri dari 16 digit angka terdapat pada Kartu Keluarga, angka ini berada di atas dan di bawah tulisan “Kartu Keluarga”.

Pastikan kedua dokumen untuk melakukan cara registrasi kartu telkomsel untuk pengguna baru benar-benar valid dan terdaftar di dukcapil setempat agar bisa melakukan registrasi kartu telkomsel.

Setelah memiliki semua informasi yang dibutuhkan, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Mengetikkan SMS dengan format REGNomor NIK#KK. Contoh: REG 1234567890123456#3201060401130027#
  • Lalu cara registrasi kartu telkomsel pengguna baru kirim SMS ke 4444.
  • Tunggu beberapa saat hingga Anda mendapatkan notifikasi sukses aktivasi atau registrasi kartu Telkomsel melalui SMS di nomor telepon Telkomsel yang digunakan.

2. Cara Registrasi Kartu Telkomsel Pengguna Lama

Cara Registrasi kartu Telkomsel lama yakni siapkan persyaratan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Seperti yang dijelaskan di atas, NIK merupakan Nomor Induk Kependudukan yang dapat Anda temukan pada KTP, terdiri dari 16 digit nomor serta posisinya berada di atas nama pada KTP.

Selain itu, pendaftar tentunya harus terdaftar di Kartu Keluarga (KK). Sedangkan nomor KK yang terdiri dari 16 digit angka dapat Anda temukan pada Kartu Keluarga, angka ini berada di atas dan di bawah tulisan “Kartu Keluarga”.

Pastikan kedua dokumen tersebut sudah lengkap dan benar-benar valid dan terdaftar di dukcapil setempat agar bisa melakukan cara registrasi kartu telkomsel. Simak langkah-langkahnya berikut ini:

  • Cara registrasi kartu Telkomsel pengguna lama adalah dengan mengetik SMS dengan format REPEATNIK#Nomor KK#. Contoh: ULANGI 1234567890123456#3201060401130027#
  • Lalu Anda dapat mengirim SMS tersebut dengan nomor tujuan 4444.
  • Tunggu beberapa saat hingga Anda mendapatkan notifikasi sukses aktivasi atau registrasi kartu Telkomsel melalui SMS di nomor telepon Telkomsel yang digunakan.

3. Cara Registrasi Kartu Telkomsel Melalui Grapari

  • Cara registrasi kartu telkomsel untuk pelanggan baru dan lama harus menyiapkan KTP dan KK untuk dibawa ke Grapari.
  • Sesampainya di Grapari langsung ambil nomor antrian.
  • Tunggu sampai nomor antrian dipanggil.
  • Ikuti petunjuk pendaftaran kartu Telkomsel untuk pelanggan baru dan lama sesuai arahan dari tim CS yang melayani.

4. Cara Registrasi Kartu Telkomsel Melalui Call Center

Cara registrasi kartu telkomsel untuk pelanggan baru dan lama harus menyiapkan KTP dan KK.

  • Buka menu panggilan pada smartphone dan masukkan 188 ke nomor panggilan.
  • Saat menelpon cara registrasi kartu Telkomsel baik yang baru dan lama, pilih layanan registrasi kartu.
  • Jangan ragu untuk mengikuti panduan dari tim layanan pelanggan untuk mendaftarkan kartu Telkomsel Anda.

5. Cara Registrasi Kartu Telkomsel Via USSD

Untuk Cara registrasi kartu telkomsel baru dan lama harus menyiapkan dokumen berupa KTP dan kartu keluarga. Lakukan panggilan ke nomor *444# untuk melakukan registrasi kartu telkomsel baru dan lama.

Setelah itu, silakan ikuti cara yang tertera di layar untuk menyelesaikan pendaftaran kartu Telkomsel Anda.

Cara Registrasi Kartu Telkomsel Untuk WNA

1. Cara Registrasi Kartu Telkomsel Melalui Grapari

Cara daftar kartu Telkomsel untuk WNA bisa menyiapkan Paspor/KITAP/KITAS untuk dibawa ke Grapari. Sesampainya di Grapari langsung ambil nomor antrian.
Tunggu sampai nomor antrian dipanggil.

Kemudian dapat mengikuti semua petunjuk cara daftar kartu Telkomsel untuk WNA sesuai petunjuk dari tim CS yang melayani.

2. Cara Registrasi Kartu Telkomsel Melalui Call Center

Untuk melakukan registrasi kartu Telkomsel untuk WNA, tentunya harus menyiapkan Paspor/KITAP/KITAS.

  • Buka menu telepon pada smartphone dan masukkan 188 ke nomor panggilan.
  • Saat dalam panggilan Anda dapat langsung memilih opsi layanan registrasi kartu.
  • Jangan ragu untuk mengikuti panduan dari tim layanan pelanggan untuk mendaftarkan kartu Telkomsel Anda.

3. Cara Registrasi Kartu Telkomsel Via USSD

Cara daftar kartu Telkomsel untuk WNA, tentunya membutuhkan dokumen pendukung berupa Paspor/KITAP/KITAS. Lakukan panggilan ke nomor *444# untuk mengetahui cara daftar kartu telkomsel untuk WNA.

Silakan ikuti cara yang tertera di layar untuk menyelesaikan pendaftaran kartu Telkomsel.

Dampak Tidak Melakukan Registrasi Kartu Telkomsel

Dampak tidak mendaftarkan kartu telkomsel Anda antara lain adalah pemblokiran layanan panggilan keluar dan layanan pesan singkat (SMS) keluar jika tidak melakukan registrasi ulang paling lambat 30 (tiga puluh) hari kalender terhitung sejak tanggal pemberitahuan pendaftaran ulang.

Pemblokiran panggilan masuk dan layanan pesan singkat (SMS) masuk apabila tidak melakukan registrasi ulang paling lambat 15 (lima belas) hari kalender sejak tanggal pemblokiran layanan sebagaimana dimaksud pada penjelasan di atas.

Pemblokiran layanan internet apabila Anda tidak melakukan registrasi ulang selambat-lambatnya 15 (lima belas) hari kalender sejak tanggal pemblokiran layanan sebagaimana dimaksud pada ketentuan yang telah dijelaskan di atas..

Tujuan dan Manfaat Registrasi Kartu Telkomsel

Maksud dan manfaat pendaftaran kartu adalah memberikan perlindungan kepada masyarakat pengguna jasa telekomunikasi terhadap tindak kejahatan dan tindakan penyalahgunaan yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Tindakan tersebut dapat meliputi hal- hal seperti kejahatan terorisme, penipuan, spam informasi, kejahatan siber dan sebagainya. Sehingga masyarakat atau pelanggan juga semakin nyaman dalam menggunakan jasa telekomunikasi.

Kemudahan dalam memberikan pelayanan bagi pelanggan jasa telekomunikasi, misalnya untuk transaksi online dan non tunai. Data nasabah tersebut dapat digunakan untuk inklusi keuangan atau penyaluran dana atau bantuan pemerintah dan hal lain yang sejenis.

Nah itu dia penjelasan lengkap mengenai cara registrasi kartu telkomsel yang perlu diketahui sehingga kartu Anda tidak akan terkena pemblokiran.