5 Cara Registrasi Kartu Smartfren Terbaru dan Wajib Dicoba!

Cara Registrasi Kartu Smartfren
Images by: Unsplash.com

Waktuku.com – Mengetahui cara registrasi kartu Smartfren merupakan hal yang wajib untuk diketahui agar nomor telepon dapat digunakan untuk menikmati berbagai layanan, seperti telepon, SMS, akses internet, dan validasi transaksi online.

Berdasarkan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika No. 12/2016 dan perubahannya, seluruh pelanggan operator seluler (termasuk pelanggan Smartfren) wajib melakukan registrasi dengan registrasi yang tervalidasi menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK).

Pendaftaran kartu dengan menggunakan NIK dan KK tidak hanya berlaku untuk para pengguna kartu baru. Pelanggan lama yang belum melakukan registrasi menggunakan NIK dan KK juga diwajibkan melakukan registrasi ulang.

Cara registrasi kartu Smartfren bisa dilakukan dengan berbagai cara dengan mudah. Jadi, bagi nasabah yang belum mendaftarkan kartunya, tidak perlu panik. Pendaftaran kartu Smartfren dapat dilakukan melalui website Smartfren, aplikasi MySmartfren, dan lain sebagainya.

Sebelum mendaftarkan kartu Smartfren Anda, Anda harus terlebih dahulu mempersiapkan NIK dan KK Anda. Jika syarat-syarat tersebut sudah lengkap, simak empat cara daftar kartu Smartfren yang akan dijelaskan berikut ini.

Mengapa Perlu Mengetahui Cara Registrasi Kartu Smartfren?

Seperti yang telah disebutkan pada tinjauan sebelumnya, pendaftaran kartu diperlukan untuk semua jenis penyelenggara mengacu pada Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 12/2016.

Anda mungkin masih bertanya-tanya mengapa perlu adanya pendaftaran kartu? Alasannya tentu saja terkait dengan manfaat pendaftaran kartu itu sendiri. Ya, manfaat pendaftaran kartu perdana sangat beragam.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah alasan mengapa Anda harus mengetahui cara registrasi kartu smartfren.

  • Menghindari terjadinya penyalahgunaan data pribadi oleh orang yang tidak bertanggung jawab.
  • Mencegah penipuan dengan menggunakan nomor pelanggan.
  • Mencegah penyebaran konten negatif dengan menggunakan nomor pelanggan.
  • Memudahkan pelanggan smartfren dalam menikmati berbagai layanan, baik transaksi maupun komunikasi, serta internet.

Data yang dibutuhkan sebelum mengikuti cara registrasi kartu smartfren untuk Warga Negara Indonesia (WNI) antara lain adalah Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP), Kartu Keluarga (KK).

Sedangkan untuk Warga Negara Asing (WNA) memerlukan Paspor, Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP), Kartu Izin Tinggal Sementara (KITAS)

Cara Registrasi Kartu Smartfren Terbaru

Cara Registrasi Kartu Smartfren Terbaru
Images by: Smartfren

Cara registrasi kartu Smartfren sangat mudah. Pengguna dapat memilih berbagai cara pendaftaran kartu Smartfren dengan berbagai cara.

Cara pendaftaran kartu Smartfren antara lain dapat dilakukan melalui SMS, aplikasi mySmartfren, melalui outlet resmi, hingga melalui website Smartfren. Nah, berikut ini 4 cara mudah registrasi kartu Smartfren

1. Cara Registrasi Kartu Smartfren Melalui SMS

Untuk cara registrasi kartu Smartfren khususnya bagi pelanggan baru dapat melakukannya dengan melalui SMS. Berikut langkah-langkahnya:

Kirim SMS ke nomor 4444, dengan format ketik NIK#Nomor KK#

Sedangkan untuk registrasi ulang kartu Smartfren bagi pelanggan lama dapat mengikuti langkah berikut ini:

Kirim SMS ke nomor 4444, dengan format ketik RETURN#NIK#Nomor KK #

2. Cara Registrasi Kartu Smartfren Melalui MySmartfren

Cara registrasi kartu Smartfren yang selanjutnya yakni dengan mendownload aplikasi MySmartfren di Google Play Store (untuk ponsel Android) atau App Store (untuk ponsel iOS), lalu instal di ponsel Anda.

Buka aplikasi MySmartfren, lalu klik menu Next Registration, masukkan nomor handphone, NIK, KK, dan data pribadi lainnya yang diperlukan.

Terakhir, klik opsi “Lanjutkan” dan tunggu hingga Anda menerima pemberitahuan pendaftaran yang berhasil.

3. Cara Registrasi Kartu Smartfren Melalui Website

Kunjungi halaman ini https://my.smartfren.com/prepaid_reg.php melalui browser di laptop atau ponsel pada halaman beranda situs, input data pribadi Anda, mulai dari NIK, KK, dan sebagainya, di Smartfren formulir pendaftaran kartu sebagai syarat untuk pelanggan Smartfren.

Setelah itu masukkan kode Captcha.

Cara registrasi kartu Smartfren terakhir dengan klik opsi “Lanjutkan” dan tunggu hingga mendapatkan notifikasi pendaftaran berhasil.

4. Cara Registrasi Kartu Smartfren Melalui Galeri Smartfren

Jika Anda merasa kesulitan untuk melakukan cara registrasi kartu Smartfren di atas, Anda bisa langsung mengunjungi kantor Galeri Smartfren terdekat. Petugas Smartfren akan membantu Anda untuk melakukan registrasi kartu.

Setelah mendaftar, Anda juga dapat memeriksa kartu Smartfren yang terdaftar. Cara cek kartu Smartfren terdaftar dapat dilakukan melalui SMS, dengan format CEK dikirim ke nomor 4444.

5. Cara Registrasi Kartu Smartfren Melalui Modem atau MIFI

Smartfren juga menyediakan layanan modem jaringan internet nirkabel atau Wi-Fi (MIFI). Cara registrasi kartu smartfren melalui MIFI dapat dilakukan melalui website mysf.id/reg. Masukkan nomor ponsel, NIK, nomor KK, dan alamat email Anda.

Pilih kode verifikasi. Kode verifikasi adalah PUK (terletak di belakang kartu Smartfren) dan kode aktivasi (pada stiker di kotak perangkat). Masukkan kode PUK delapan digit yang terletak di bagian belakang kotak kartu.

Anda juga dapat memilih kode aktivasi, yang merupakan nomor terdiri dari lima digit yang ditemukan di kotak pada perangkat. Pelanggan juga dapat memilih foto e-KTP atau foto Kartu Keluarga untuk pendaftaran MIFI.

Setelah itu biasanya akan dikirimkan kode verifikasi melalui SMS. Jika tidak ada kode PUK untuk aktivasi, pelanggan dapat menghubungi call center Smartfren. Caranya dengan menyebutkan kode ICCID.

Kode ICCID terdiri dari 20 digit di bagian belakang simcard. Pengguna dapat mengunjungi Galeri Smartfren untuk pendaftaran.

Manfaat Registrasi Kartu Smartfren

Registrasi kartu Smartfren bertujuan untuk melindungi konsumen agar tidak terjadi penyalahgunaan data yang merugikan. Misalnya, pencurian data dari kejahatan terorisme, penipuan, spam informasi, dan kejahatan dunia maya lainnya.

Mempermudah penyediaan layanan bagi konsumen untuk transaksi telepon, online dan lain-lain. Data nasabah digunakan untuk tujuan keuangan atau penyaluran dana bantuan, dan dana pemerintah.

Batasan Pendaftaran Kartu Smartfren

Berdasarkan Surat Edaran Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) Nomor 01/2018 dan Keputusan BRTI Nomor 3/2008, pengguna dapat mendaftarkan maksimal tiga kartu SIM untuk setiap operator.

Jika Anda mendaftar lebih dari itu, maka Anda dapat mendaftar di outlet penyedia layanan telekomunikasi.

Cara Cek Status Registrasi Kartu Smartfren Unlimited

Kirim SMS ke 4444 Jika muncul notifikasi bahwa Anda telah berhasil mendaftar, Anda bisa mengeceknya. Caranya dengan membuka aplikasi SMS di ponsel Anda, ketik “CEK” lalu kirim ke 4444.

Pertanyaan Seputar Cara Registrasi Kartu Smartfren

Bagaimana jika proses registrasi kartu smartfren mengalami kendala dan gagal terus menerus?

Nah untuk Anda pelanggan smartfren yang mengalami kesulitan untuk mengikuti cara registrasi di atas tak perlu khawatir.

Pelanggan dapat langsung menghubungi customer service smartfren di 4444 melalui nomor Smartfren atau 021-50100000 dari PSTN serta melalui ponsel lain di 08811-223344.

Bagaimana jika pelanggan tidak mengetahui dan mengalami kendala terkait nomor NIK atau kartu keluarga?

Jika pelanggan smartfren mengalami kendala terkait informasi data kependudukan, silakan dapat langsung menghubungi layanan pelanggan Ditjen Dukcapil melalui layanan call center di 1500537 yang dapat dihubungi di hari dan jam kerja.

Nah itu dia penjelasan lengkap mengenai cara registrasi kartu smartfren yang dapat Anda coba dengan mudah dimana dan kapan saja.