3 Cara Registrasi Kartu Axis Mudah dan Terlengkap

Cara Registrasi Kartu Axis
Images by: Pixabay.com

Waktuku.com – Pengguna kartu Axis harus mengetahui cara registrasi kartu Axis yang benar dan tepat. Registrasi atau pendaftaran kartu perdana bagi pelanggan jasa telekomunikasi adalah hal yang wajib di Indonesia sejak tahun 2017 dan masih berlaku hingga saat ini.

Kebijakan ini sesuai dengan Peraturan Menteri (PM) Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pendaftaran Pelanggan Jasa Telekomunikasi.

Cara daftar kartu AXIS bisa dilakukan secara online dan offline. Cara registrasi kartu Axis online dilakukan dengan mengunjungi website resmi Axis dan offline melalui SMS. Apakah pendaftaran kartu Axis bisa dilakukan tanpa KK?

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) telah menetapkan aturan bagaimana cara pendaftaran kartu perdana, termasuk Axis, tidak bisa dilakukan tanpa KK.

Artikel kali ini akan mengulas lebih detail lima cara registrasi kartu Axis via SMS, online, dan mengatasinya saat registrasi gagal.

Cara Registrasi Kartu Axis Terbaru

Cara Registrasi Kartu Axis Terbaru
Images by: Axis

Cara Registrasi Kartu Perdana AXIS untuk Pelanggan Baru

Bagi Anda yang baru pertama kali menggunakan kartu perdana AXIS, tentunya Anda adalah pelanggan baru. Buat pelanggan baru, ada 2 langkah sederhana untuk mendaftar kartu perdana. Berikut penjelasan lengkapnya:

Cara Registrasi Kartu Axis Secara Manual

Salah satu cara registrasi kartu Axis paling sederhana dan paling banyak digunakan untuk mendaftarkan kartu perdana AXIS adalah secara manual. Cara ini bisa Anda lakukan saat pertama kali mengaktifkan kartu perdana.

Dimana akan muncul notifikasi pop up yang akan meminta Anda untuk melakukan registrasi kartu. Tekan opsi “OK” untuk menutup jendela. Selanjutnya, Anda hanya perlu mengisi formulir yang disediakan dengan nomor NIK dan nomor KK Anda.

Pastikan nomor yang dimasukkan sudah benar dan sesuai dengan pedoman yang diberikan. Setelah menekan tombol “OK”, restart smartphone.

Setelah smartphone menyala setelah registrasi, Anda dapat menikmati berbagai layanan akses yang ditawarkan oleh AXIS. Sangat mudah bukan cara registrasi kartu Axis?

Cara Registrasi Kartu Axis Melalui Layanan SMS

Selain memanfaatkan cara registrasi kartu Axis diatas, Anda juga dapat melakukan registrasi melalui layanan SMS. Langkah-langkah pendaftaran starter pack sangat mudah dan praktis. Anda hanya perlu mengetik SMS dengan format DAFTAR#NIK#NOMOR KARTU KELUARGA dan kirim pesan ke nomor 4444.

Nanti akan muncul SMS balasan dari nomor tersebut dengan petunjuk yang harus Anda ikuti untuk menyelesaikan proses pendaftaran. Setelah proses registrasi kartu perdana selesai, pilih opsi restart di smartphone Anda untuk mulai memanfaatkan berbagai layanan AXIS.

Cara Registrasi Kartu Axis untuk Pelanggan Lama

Bagi Anda yang sebelumnya menggunakan kartu AXIS dan memutuskan untuk berganti nomor di satu provider yang sama, cara registrasi kartu Axis yang perlu Anda terapkan sedikit berbeda dengan cara pelanggan baru.

Untuk mendaftarkan nomor Axis Anda, Anda dapat menggunakan layanan SMS. Kirim SMS ke nomor 4444 dengan format: RETURN#NIK (total 16 digit)#NOMOR KARTU KELUARGA. Jika misalnya Anda baru saja mengganti nomor KK, Anda juga bisa menggunakan cara registrasi kartu Axis di atas. Sangat sederhana, bukan?

Alasan Harus Registrasi Kartu Perdana AXIS

Seperti diketahui, regulasi registrasi perdana yang diterapkan AXIS adalah sebagai langkah mendukung regulasi pemerintah. Tentu saja bukan tanpa alasan, melainkan ada alasan yang jelas di balik hadirnya peraturan mengenai pendaftaran kartu perdana.

Berdasarkan informasi yang disampaikan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dalam jumpa pers, pendaftaran kartu perdana AXIS sangat dibutuhkan untuk membantu memberantas penyebaran hoax atau berita bohong yang membuat marah masyarakat.

Selain itu, cara registrasi kartu Axis ini juga diharapkan dapat membantu menekan kasus penipuan yang marak terjadi dengan menggunakan media nomor handphone.

Jadi, buat Anda yang muak dengan telepon atau sms iseng-iseng “papa minta pulsa” atau berita hoax yang bikin nggak nyaman di Whatsapp, dukung langkah pemerintah untuk memberantas itu semua dengan mendaftarkan kartu AXIS Anda.

Tujuan lain yang mewajibkan Anda untuk mendaftarkan kartu perdana adalah untuk memudahkan terwujudnya Identitas Tunggal Nasional.

Apa itu Identitas Tunggal Nasional? Identitas Kependudukan Nasional merupakan sistem kependudukan yang baru-baru ini dicanangkan oleh pemerintah.

Nantinya, data yang masuk akan terhubung dan disinkronkan langsung dengan database milik Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Alhasil, akan memudahkan pemerintah untuk melacak identitas pemilik kartu karena akan langsung terhubung dengan data kependudukan mereka.

Anda juga tidak akan dihadapkan pada kerumitan saat mengurus akta atau dokumen kependudukan lainnya. Sangat keren, bukan?

Dampak Tidak Melakukan Registrasi Kartu Axis

Regulasi pendaftaran kartu perdana AXIS dan penyedia kartu seluler lainnya mulai berlaku pada 31 Oktober 2017. Bagi Anda yang tidak segera mendaftar dengan cara registrasi kartu Axis, akan menerima sanksi berupa pemblokiran terhadap layanan pada nomor sendiri yang akan dilakukan secara bertahap.

Bagi Anda yang membeli kartu perdana di luar batas waktu tersebut, Anda tetap akan diminta untuk mendaftarkan nomor telepon Anda. Aturan pendaftaran yang berlaku tetap sama, yakni wajib menggunakan nomor NIK dan KK.

Jika Anda tidak melakukan cara registrasi kartu Axis dalam waktu tertentu, nomor Anda akan diblokir. Jadi, jangan tunda lagi, ya! Lagi pula, ini untuk kebaikan Anda sendiri.

Cara Daftar Kartu AXIS Tanpa E-KTP

Untuk memasukkan nomor NIK Anda, tentunya mengharuskan Anda untuk melihatnya melalui E-KTP Anda. Namun bagi anda yang belum memiliki E-KTP tentunya akan mengalami kesulitan untuk mengikuti cara registrasi kartu Axis.

Untungnya, apabila tidak memiliki E-KTP tidak menjadi masalah besar. Karena Anda masih dapat memasukkan nomor NIK Anda yang tertera pada kartu Keluarga.

Cara Cek Registrasi Kartu Axis

Pelanggan dapat mengecek status registrasi kartu Axis dengan menghubungi *123*4444# melalui menu panggilan di ponsel masing-masing. Jika pendaftaran berhasil, layar akan menampilkan nomor Axis lengkap dengan NIK dan Nomor KK.

Cara Cek Nomor Axis yang Terdaftar di NIK Pengguna kartu Axis dapat mengetahui apakah NIK tersebut sudah digunakan untuk registrasi melalui langkah-langkah berikut.

  • Buka axis.co.id/cek-nik.
  • Masukkan NIK yang digunakan untuk pendaftaran.
  • Centang kolom “Syarat dan Ketentuan”.
  • Masukkan captcha.
  • Klik “Cek NIK” Sumbu akan menampilkan informasi terkait NIK dan nomor kartu.

Cara Unregister Nomor Axis

Jika pelanggan Axis ingin berhenti menggunakan layanan Axis, yang perlu dilakukan hanyalah membatalkan registrasi nomor Axis (unreg). Untuk membatalkan registrasi nomor AXIS, kirim pesan ke 4444 dengan format UNREG#Nomor telepon.

Setelah itu tunggu SMS konfirmasi dari Axis yang menyatakan bahwa data KK dan NIK yang digunakan untuk registrasi kartu Axis sudah terhapus.

Cara Mengaktifkan Kartu Axis yang Sudah Hangus

Pelanggan dapat mengaktifkan kembali kartu AXIS yang hangus karena telah melewati masa tenggang. Cara aktivasi kartu Axis hangus adalah melalui layanan online berikut.
Siapkan KTP/Kartu Keluarga dan SIM Card lama Anda.

  • Berikan nomor ponsel lain yang aktif untuk panggilan video.
  • Kunjungi xl.co.id/id/help/xlcenter.
  • Isi formulir dengan lengkap.
  • Setelah selesai, pelanggan akan mendapatkan kartu baru yang diambil di XL Center terdekat.
  • Selain cara di atas, pelanggan bisa datang langsung ke XL Center dengan membawa KTP/Kartu Keluarga dan SIM Card lama.
  • Untuk perlindungan data pelanggan, proses penggantian kartu yang hilang atau hangus akan melalui proses validasi yang memakan waktu kurang lebih 2 jam.

Nah itu dia berbagai cara registrasi kartu Axis yang dapat Anda coba dengan mudah dan praktis!