5 Cara Cek Nomor 3 (Tri) Paling Praktis & Mudah

cara cek nomor 3
Images by: Unsplash.com

Waktuku.com – Ada banyak hal kecil yang sering sekali orang abaikan dalam hidup. Misalnya, menghafal nomor ponsel yang kita gunakan. Oleh sebab itu, dengan mengetahui cara cek nomor 3 akan sangat berguna untuk Anda para pengguna provider yang satu ini.

Susunan angka yang rumit dan membingungkan menjadi salah satu penyebab orang tidak mau menghafalkan nomor teleponnya. Padahal, mengetahui atau menghafal nomor telepon HP sangatlah penting.

Hal ini dikarenakan banyak aktivitas sehari-hari yang melibatkan penggunaan nomor telepon pribadi. Hal tersebut termasuk aktivasi akun, pendaftaran berbagai file, mengisi formulir tertentu, dan banyak lainnya.

Terdapat berbagai jenis layanan operator seluler yang beredar di Indonesia. Salah satu penyedia kartu yang cukup populer adalah kartu Tri atau 3 kartu. Tak berbeda jauh dengan layanan provider lainnya, 3 juga menawarkan pilihan kartu pascabayar dan prabayar.

Selain itu, Tri juga menawarkan berbagai pilihan paket data atau kuota internet bagi pelanggannya. Namun jika Anda lupa nomor Tri, tidak perlu panik atau khawatir. Pasalnya, ada beberapa cara cek nomor 3 yang bisa dilakukan dengan sangat mudah dan sangat cepat.

Cara cek nomor 3 (Tri) sudah menjadi hal penting bagi anda yang pelupa. Pasalnya, mengingat nomor memudahkan Anda saat ingin isi pulsa, paket data bahkan bertukar nomor WhatsApp dengan teman.

Namun, bagaimana jika Anda lupa nomor tri Anda sendiri? Jangan khawatir, kami telah mengulasnya untuk Anda. Nah simak ulasan mengenai cara cek nomor 3 yang perlu Anda ketahui berikut ini.

Cara Cek Nomor 3 (Tri) Dengan Tepat

Cara Cek Nomor 3 Tri Dengan Tepat
Images by: Tri Indonesia

1. Cara Cek Nomor 3 (Tri) melalui Dial Up

Ada beberapa cara cek nomor 3 yang dapat Anda lakukan. Namun sayangnya cara cek nomor 3 via SMS sudah tidak tersedia lagi. Cek nomor 3 via Dial bisa digunakan untuk cek nomor dengan tipe hp apa saja, dan tidak perlu pulsa sama sekali. \

Jadi, jika Anda kehabisan pulsa dan perlu isi ulang tetapi lupa nomornya, tidak perlu panik, apalagi membuang nomor Anda. Duduk saja dan jangan ragu untuk menggunakan metode ini.

Untuk mengetahui nomor 3 yang terpasang di ponsel Anda melalui dial up, Anda hanya perlu menekan tombol *998# lalu pilih OK/YES. Di layar awal ponsel Anda, nomor 3 Anda akan langsung muncul. Mudah, bukan?

Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengecek nomor 3 dengan menekan *111*1#. Jangan lupa tekan OK/YES dan tunggu sebentar.

Dengan cara cek nomor 3 yang satu ini, Anda tidak hanya akan melihat informasi mengenai nomor telepon pada kartu SIM, melainkan juga informasi mengenai masa aktif, pulsa, dan bonus yang Anda miliki.

Masih via dial up, Anda bisa menghubungi *123*2*1*1# untuk mendapatkan informasi nomor handphone, masa aktif, pulsa, dan bonus.

Nah, layanan dial up ini tidak hanya sebatas cek nomor saja kan? Anda juga bisa mendapatkan berbagai informasi lainnya. Mudah dan praktis.

Jika Anda ingin mengetahui informasi atau penawaran lainnya, Anda juga dapat memilih pada menu yang sesuai dengan kebutuhan Anda, apakah untuk mengetahui informasi kuota data, masa aktif, atau informasi lainnya. Pokoknya, pilih saja angka-angka di layar ponsel Anda.

2. Cara Cek Nomor 3 (Tri) melalui Aplikasi Bima Tri

Jika ingin cara yang lebih praktis bisa coba menggunakan cara cek nomor 3 yang satu ini yaitu cek nomor 3 melalui aplikasi BimaTri. Dan yang pasti aplikasi Bima Tri perlu diunduh terlebih dahulu ke smartphone.

Sebagai asisten digital terpercaya, BimaTri sudah menggunakan push notification. Dengan memanfaatkan aplikasi dari tri ini, Anda akan mengetahui  kapan waktu yang tepat untuk mengisi ulang. Notifikasi ini akan muncul saat kuota atau pulsa Anda habis.

Lalu, bagaimana langkah-langkah cara cek nomor 3 dengan aplikasi BimaTri? Tidak perlu repot, karena informasinya sudah ditampilkan di profil Anda. Jadi, Anda hanya perlu mengunduh aplikasi BimaTri ke smartphone Anda, lalu mendaftar.

Setelah proses selesai, tinggal klik icon BimaTri dan nomor telepon, informasi validitas kartu, sisa pulsa, info kuota (data, telepon, SMS) dan jangan sampai ketinggalan, info akses situs gratis.

3. Cara Cek Nomor 3 (Tri) melalui Layanan Operator

Cara cek nomor 3 lainnya adalah dengan meminta bantuan operator. Setiap penyelenggara telekomunikasi menyediakan layanan purna jual, dan disebut dengan layanan pelanggan atau call center atau yang biasa kita sebut dengan operator.

Untuk cek nomor 3 melalui layanan operator, Anda hanya perlu menghubungi nomor 123 (dikenakan biaya) dan langsung bertanya kepada petugas call center atau customer service.

Petugas call center (biasanya wanita), akan segera menjawab pertanyaan Anda dengan ramah. Jadi, tidak perlu kebingungan.

Selain mendapatkan informasi nomor telepon, Anda juga dapat menghubungi call center customer service jika ada yang ingin ditanyakan mengenai layanan atau produk Tri Indonesia bahkan dapat menanyakan jangkauan jaringan, informasi tarif, dan pengaduan.

4. Cara Cek Nomor 3 Via SMS

Lupa nomor kartu sendiri, Anda mungkin pernah mengalaminya. Makanya ada solusi cara cek nomor kartu Tri bagi pengguna provider ini.

Apalagi cara cek nomor kartu Tri sangat praktis dan mudah dilakukan. Cara cek nomor 3 bermacam-macam, mulai dari SMS, kode USSD, operator bahkan aplikasi.

Sebelum mengetahui cara cek nomor kartu Tri dengan berbagai cara, ketahui dulu langkah-langkahnya jika menggunakan SMS untuk mengetahui nomor kartu Tri sendiri. Adapun cara cek nomor kartu Tri melalui SMS bisa Anda lihat melalui ulasan di bawah ini.

  • Buka aplikasi perpesanan di ponsel Anda.
  • Buat pesan SMS baru kemudian isi dengan format INFO(spasi) DATA.
  • Kemudian kirim SMS ke nomor 234.
  • Tunggu hingga Anda mendapatkan balasan SMS berisi informasi nomor Tri yang aktif di ponsel Anda.

5. Cara Cek Nomor 3 Melalui Website

Bagi yang belum tahu, Anda juga bisa menggunakan cara cek nomor 3 melalui website. Caranya juga mudah, yuk simak langkah-langkahnya berikut ini:

  • Kunjungi website resmi bima.tri.co.id melalui aplikasi browser di smartphone atau komputer Anda.
  • Ada dua pilihan login yaitu melalui email atau akun media sosial. Silakan klik opsi yang Anda inginkan.
  • Jika sudah login, maka informasi mengenai nomor Tri, sisa kuota, dan masa aktif kartu akan ditampilkan di halaman utama.

Cara Cek Nomor 3 Terdaftar

Tidak hanya cara cek nomor 3 saja yang perlu Anda ketahui, informasi mengenai nomor yang sudah terdaftar atau belum juga penting untuk Anda ketahui. Untuk itu dibawah ini adalah langkah-langkah cara cek nomor kartu Tri yang sudah didaftarkan.

Cara cek nomor kartu Tri sebagai berikut dapat membantu Anda mengetahui apakah nomor Anda sudah berhasil terdaftar atau belum.

  • Pertama buka menu pesan di hp Anda.
  • Kemudian buat SMS baru dengan format STATUS dan kirimkan ke nomor 4444.
  • Tunggu hingga Anda mendapatkan notifikasi melalui SMS mengenai nomor kartu yang didaftarkan.

Itulah beberapa cara cek nomor 3 lebih cepat dan praktis. Sehingga mengetahui cara cek nomor kartu Tri memudahkan Anda untuk mengetahui nomor sendiri saat lupa.