Anti Ribet! 7 Cara Cek Kuota Telkomsel Yang Wajib Dicoba

Cara Cek Kuota Telkomsel
Images by: Unsplash.com

Waktuku.com – Cara cek kuota Telkomsel merupakan salah satu hal penting yang harus dipahami oleh setiap pengguna provider ini. Apalagi khususnya untuk Anda yang sangat bergantung dengan koneksi internet dalam kehidupan sehari-hari.

Mengetahui masa aktif beserta sisa kuota yang Anda miliki tentu sangat penting. Mengingat kuota internet sudah menjadi kebutuhan yang sangat penting dan wajib dimiliki oleh siapapun di zaman sekarang ini.

Hal ini tentunya dikarenakan segala sesuatunya memerlukan internet mulai untuk kebutuhan berkomunikasi hingga mendapatkan hiburan seperti streaming atau bermain game online.

Tentunya Anda tidak mau apabila koneksi internet terputus secara tiba-tiba dalam situasi penting atau mendesak. Oleh sebab itu apabila Anda rutin mengecek sisa kuota internet telkomsel yang Anda miliki dapat menghindari Anda dari kejadian-kejadian yang tidak diinginkan.

Lagi pula, cara cek kuota Telkomsel dapat dilakukan dengan mudah melalui berbagai cara baik secara online maupun offline. Anda dapat mengikuti langkah demi langkah dengan sangat cepat dan praktis, sehingga tak perlu khawatir akan menemukan banyak kendala.

Setelah mengetahui cara cek kuota telkomsel, Anda tidak perlu khawatir untuk memikirkan sisa kuota paket internet yang Anda miliki. Kegiatan dunia maya mulai dari social media, kebutuhan bekerja, hingga belajar pun akan berjalan lancar tanpa gangguan.

Berikut ulasan lengkap mengenai cara cek kuota telkomsel yang mudah dan praktis untuk Anda coba!

Cara Cek Kuota Telkomsel Termudah

Cara Cek Kuota Telkomsel Termudah
Images by: telkomsel

Cara Cek Kuota Telkomsel Melalui Fitur Panggilan

Cara Cek Kuota Telkomsel Melalui Fitur Panggilan
Images by: unsplash.com

Anda dapat menggunakan cara cek kuota Telkomsel yang pertama yakni dengan memanfaatkan fitur panggilan yang tersedia pada ponsel Anda. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka fitur panggilan pada ponsel Anda, lakukan panggilan ke nomor *888#.
  • Kemudian akan muncul pop-up berisikan berbagai pilihan menu, pilih menu dan ketikan angka dengan pilihan menu cek pulsa dan kuota.
  • Selanjutnya akan muncul pop-up dan pilih angka pada menu yang memiliki keterangan Cek Kuota.
  • Lalu pilih menu Cek Kuota Internet.
  • Setelah itu tunggu hingga beberapa saat hingga muncul notifikasi berupa permintaan cek kuota yang sedang diproses.
  • Setelah itu, Anda akan menerima SMS berupa informasi mengenai paket internet beserta sisa kuota yang Anda miliki.

Selain menggunakan nomor *888#, Anda juga dapat mengecek sisa kuota telkomsel dengan melakukan panggilan ke nomor *363#. Berikut langkah-langkah yang perlu Anda lakukan:

  • Pilih fitur panggilan dan lakukan panggilan menuju ke nomor *363#.
  • Setelah muncul pop-up yang berisi berbagai menu, pilih menu dan ketikan angka yang memiliki menu “Cek Pulsa dan Kuota”.
  • Setelah itu, Anda akan mendapatkan notifikasi yang menginformasikan permintaan Cek Kuota Anda sedang diproses.
  • Tunggu beberapa waktu hingga menerima notifikasi SMS dari provider berupa informasi sisa kuota internet yang Anda miliki.

Cara Cek Kuota Telkomsel Melalui Fitur SMS

Cara Cek Kuota Telkomsel Melalui Fitur SMS
Images by: Liputan6

Selain melalui fitur panggilan, Anda juga dapat melakukan cara cek kuota telkomsel dengan memanfaatkan fitur SMS dengan mudah dan praktis.

Selain itu cara yang satu ini juga tidak membutuhkan biaya sehingga pulsa Anda tidak akan terpotong. Berikut langkah-langkah yang perlu Anda lakukan:

  • Langkah pertama yang perlu Anda lakukan tentunya membuka fitur SMS pada ponsel Anda
  • Tulis pesan dengan format “FLASH INFOV2”
  • Setelah itu kirim pesan ke nomor 3636 sebagai penerima.
  • Setelah pesan sukses terkirim, tunggu beberapa saat hingga mendapat balasan pesan dari operator berupa informasi mengenai paket internet serta kuota yang Anda miliki.

Cara Cek Kuota Telkomsel Melalui Aplikasi MyTelkomsel

Selain dilakukan secara offline, ada juga cara cek kuota telkomsel yang dapat dilakukan secara online yakni dengan menggunakan aplikasi MyTelkomsel. Pelanggan setia telkomsel tentunya sudah sangat familiar dengan aplikasi yang satu ini.

Aplikasi MyTelkomsel merupakan aplikasi yang disediakan oleh pihak telkomsel untuk menunjang kegiatan para pelanggannya. Aplikasi ini dilengkapi dengan sejumlah fitur yang sangat berguna mulai dari informasi mengenai pulsa, internet, sisa kuota hingga membeli paket internet dapat dilakukan di aplikasi ini.

Aplikasi MyTelkomsel tersedia dan dapat diunduh melalui play store maupun App store yang tersedia di perangkat seluler Anda. Nah, untuk cara cek kuota melalui aplikasi ini Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Apabila belum memiliki aplikasinya, pastikan untuk mengunduhnya terlebih dahulu melalui play store maupun App store.
  • Setelah diunduh, buka aplikasi MyTelkomsel, lakukan registrasi atau login menggunakan nomor telepon telkomsel Anda, klik Lanjut.
  • Setelah itu Anda akan menerima SMS yang berisikan kode verifikasi
  • Gunakan kode verifikasi yang Anda dapatkan untuk masuk ke akun MyTelkomsel Anda.
  • Setelah berhasil masuk Anda akan ditujukan pada halaman awal
  • Pada halaman awal tersebutlah Anda dapat melihat berbagai informasi termasuk sisa kuota Internet yang Anda miliki.
  • Apabila ingin mendapatkan total rinciannya, Anda dapat memilih menu “jumlah kuota”
    Di menu tersebut tersedia berbagai pilihan paket internet yang akan Anda cek kuotanya.

Nah itu dia cara cek kuota telkomsel melalui aplikasi MyTelkomsel yang sangat mudah dan cukup praktis. Anda juga tidak memerlukan banyak waktu untuk mengaksesnya.

Cara Cek Kuota Telkomsel Melalui Website Resmi Telkomsel

Apabila tidak ingin mendownload aplikasi, Anda juga dapat menggunakan cara cek kuota telkomsel melalui website resmi telkomsel. Caranya pun cukup mudah untuk diikuti. Berikut langkah-langkahnya:

  • Langkah pertama tentunya pastikan Anda tersambung dengan koneksi Internet.
  • Kunjungi website resmi telkomsel di my.telkomsel.com melalui browser ponsel maupun komputer dan laptop.
  • Setelah itu pilih menu registrasi atau login dengan menggunakan nomor telkomsel Anda.
  • Kemudian, Anda akan mendapatkan SMS konfirmasi berupa kode verifikasi
    Setelah mendapatkan SMS berupa kode verifikasi, masukkan empat angka pada kode verifikasi tersebut pada kolom yang terdapat pada website.
  • Setelah berhasil masuk ke akun telkomsel Anda, pilih menu dengan ikon telepon yang terdapat pada menu utama.
  • Jika berhasil, Anda akan melihat informasi rincian mengenai paket internet serta sisa kuota nomor telkomsel Anda.

Cara Cek Kuota Telkomsel Melalui Customer Service

Apabila terjadi kendala dalam menggunakan cara cek kuota telkomsel yang dijelaskan diatas, Anda dapat memanfaatkan layanan customer service untuk mengetahui kuota internet nomor telkomsel Anda.

Caranya tentunya dengan menghubungi langsung customer service di nomor 188. Untuk cara yang satu ini Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp300 setiap panggilannya.

Cara Cek Kuota Telkomsel Melalui Email

Apabila Anda tidak ingin pulsa yang dimiliki terpotong karena menelpon customer service, maka Anda dapat menggunakan cara yang satu ini yakni dengan memanfaatkan fitur email.

Memang sedikit lebih ribet tapi tak ada salahnya untuk dicoba. Anda hanya perlu mengirimkan pesan melalui email ke cs@telkomsel.co.id.

Nah itu dia berbagai cara cek kuota telkomsel yang dapat Anda coba secara offline maupun online, mudah dan sangat praktis bukan? Sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi keabisan kuota disaat-saat penting.