Macam macam Sumber Keuangan Negara

Sumber Keuangan Negara

Waktuku.comSumber Keuangan negara merupakan suatu hal yang berkaitan dengan penerimaan maupun pengeluaran negara sekaligus efek terhadap perekonomian negara. Seluruh penerimaan dan pengeluaran tersebut sangatlah diperhitungkan oleh pemerintah secara cermat dan juga sangat teliti.

Seluruh hal tersebut disusun kedalam sebuah Anggaran Penerimaan serta Belanja Negara (APBN). APBN merupakan suatu daftar terperinci mengenai kondisi keuangan negara yang meliputi penerimaan dan juga pengeluaran negara tersebut.

Sumber Keuangan Negara ini diperoleh dari sumber-sumbernya:

Pajak

Pajak merupakan salah satu instumen fisikan yang diberlakukan oleh pemerintah guna membiayai suatu pembangunan. Bisa dikatakan bahwa Pajak ini bersifat memaksa karena berdasarkan konsitusi maupun kontribusi wajib kepada negara yang mana terikat hutang oleh pribadi.

Meskipun tidak memperoleh imbalan secara langsung, pajak ini merupakan sebuah sumber utama keuangan negara yang digunakan demi keperluan negara dan kemakmuran rakyat di negara tersebut.

Retribusi

Sebuah pungutan daerah yang diperoleh pada jasa atau penggunaan lahan . Berdasarkan pada Undang-Undang yang berlaku, yakni UU No. 28 Tahun 2009 yakni, pungutan daerah sebagai pembayaran atas jasa atau pemberian izin tertentu yang khusus diberikan oleh Pemerintah Daerah untuk kepentingan pribadi maupun yang lainnya.

Mengambil Keuntungan BUMN/BUMD

BUMN/BUMD merupakan suatu bentuk intervensi pemerintah untuk menyediakan barang atau jasa yang berhubungan dengan kebutuhan hidup orang-orang banyak. Dengan tujuan agar dapat mengendalikan harga sehingga tidak dikendailkan oleh pemilik modal tersebut.

Penyitaan dan Denda

Suatu bentuk penegakan kedisiplinan karakter warga pada suatu negara dengan menggunakan cara menyerahkan finansial hukum tersebut kepada suatu pelanggaran.

Pencetakan Uang

Pencetakan Uang merupakan usaha pemerintah guna mempermudah transaksi di kalangan masyarakat, disamping itu jumlah uang yang beredar dapat mengendalikan inflasi.

Pinjaman

Pinjaman adalah kegiatan institusi keuangan untuk memperoleh keuntungan dari pemberian pinjaman tersebuh terhadap anggota atau nasabahnya, yang nantinya akan dikembalikan beserta bunganya.

Sumbangan Maupun Hadiah

Yang satu ini dapat didapatkan pemerintah dari perorangan, institusi atau pemerintah dari dalam maupun luar negara. Pemerintah tidak mempunyai kewajiban untuk mengembailkan sumbangan tersebut.

Undian Berhadiah

Pemerintah bisa saja melakasanakan undian begitu saja terhadap suatu institusi tertentu sebagai penyelanggara. Jumlah yang dapat pemerintah ambil merupakan selisih dari penerimaan uang undian yang dikurangi dengan biayai operasi dan besarnya hadiah pada pemenang.

Itulah macam-macam sumber keuangan pada negara. Semoga dapat memberi pengetahuan lebih pada kalian.