Sejarah Danau Toba

Waktuku.comSejarah Danau Toba, Seperti yang kita ketahui bahwa Danau Toba yaitu danau vulkanik. Di tengah-tengah danau ini terdapat pulau yang sering ktia sebut dengan nama pulau Samosir.

Danau Toba yaitu salah satu danau yang sangat besar yang berada di kawasan Asia Tenggara yang berada di Indonesia yaitu di Provinsi Sumatera Utara. Dari dahulu sampai sekarang, danau toba ini menjadi sebuah tempat wisata yang sangat menarik sekali baik itu untuk wisatawan yang dari dalam negeri atau pun wisatawan yang berasal dari luar negeri.

Perlu kita ketahui bahwa masyarakat yang berada di dekat danau toba ini kebanyakan adalah orang batak dengan bermata pencaharian yaitu sebagai pedagang, petani dan juga sebagai nelayan. Untuk dapat mengetahui lebih jauh dan juga lebih jelas tentang sejarah Danau Toba berikut ini adalah paparan singkat yang harus kita ketahui.

Berikut ini adalah sejarang Danau Toba yang singkat. Diperkirakan bahwa danau Toba ini telah terjadi ketika ledakan sekitar 75 ribu tahun yang lalu dan merupakan sebuah letusan gunung merapi yang sangat super yang tentunya ledakan yang paling baru.

Diperkirakan bahwa bahan vulkanik yang dimuntahkan oleh gunung tersebut itu berjumlah 2899 km kubik, dengan mencapai 800 km kubik batuan ignimbrit dan juga 2000 km kubik abu vulkanik yang banyak orang memperkirakan tertiup oleh angin ke arah barat hampir selama 2minggu.

Debu vulkanik tersebut menyebar ke beberapah arah bumi dari mulai China sampai ke daerah Afrika Selatan. Letusan tersebut terjadi sangat lama sekali yaitu hampir satu minggu dan lontaran debunya tersebut mencapai 10 kilometer di atas permukaan air laut.

Atas kejadian ini tentu saja menyebabkan banyaknya kematian dan pada beberapa hewan juga diikuti dengan kepunahan. Menurut buktu DNA, letusan gunung merapi ini juga telah menyusutkan hampir 60 persen jumlah manusia dari jumlah manusia yang berada di bumi pada waktu itu yaitu hampir mencapai angkat 60 juta manusia.

Letusan ini juga menyebabkan terjadinya jaman es meskipun banyak para ahli masih memperdebatkan hal tersebut.

Setelah kejadian tersebut, terbentuknya kaldera yang setelah itu terisi oleh banyaknya air dan sekarang ini terkenal dengan sebutan Danau Toba.Tekanan ke bagian atas oleh sebuah magma yang masih terpendam menyebabkan muncul pulau yang berada di tengah-tengah danau toba yaitu pulau Samosir.

Dewabet