sejarah bola basket

Waktuku.comSejarah Bola Basket, Olahraga merupakan salah satu bentuk kegiatan olah tubuh untuk menjadikan fisik lebih sehat dan bugar. Ada banyak jenis kegiatan olahraga yang bisa Anda coba, seperti olahraga lari, senam, volly, sepak bola, bulu tangkis, basket dan sebagainya.

Cabang-cabang olahraga tersebut sering di pertandingkan dalam berbagai event dan tidak sedikit orang yang memiliki kemampuan khusus dalam bidang olahraga tersebut. Berbicara olahraga tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan olahraga basket, kita mengenal basket hanya olahraga yang dipermainkan oleh 5 orang pertim, memasukan bola pada ring untuk mencetak point kemenangan.

Tapi, tahukah Anda sejarah basket tersebut? Jika belum, berikut ini point-point sejarah olahraga basket yang perlu Anda ketahui:

– Olahraga basket diciptakan karena ketidak sengajaan oleh seorang guru olahraga asal Kanada yang bernama Dr. James Naismith pada tahun 1891 yang mengajar di sebuah perguruan tinggi di Springfield, Massachusetts yang memiliki ide untuk mengisi waktu para sisiwa pada saat liburan musim dngin di New England.

– Pertandingan bola basket pertama diselenggarakan di tempat kerjanya Dr. James Naismith pada tanggal 20 Januari 1892. Dan olahraga tersebut dikenal oleh banyak orang di Amerika Serikat.

– Awalnya tim olahraga basket tersebut berjumlah 9 orang dan tidak adanya dribble (bola yang digiring untuk memasukannya pada sebuah ring) dan hanya dilempar antar pemain. Kemudian Dr. James Naismith membuat peraturan permainan basket yang diawali dari 13 peraturan dasar dan peraturan tersebut ditulinya sendiri.

– Lapangan khusus untuk olahraga basket berbentuk persegi panjang, yaitu memiliki 2 standar khusus yaitu untuk standar National Basketball Association dengan panjang 28,5 meter dan lebar 15 meter. Dan standar Federasi Bola Basket Internasional dengan panjang 26 meter dan lebar 14 meter. Serta ada 3 buanh lingkaran pada lapangan basket dengan panjang jari-jari 1,80 meter.

– Jumlah pemain basket berjumlah 5 orang dalam 1 regu atau tim, dan cadangan 5 orang. Untuk jumlah wasit dalam dalam olahraga basket adalah 2 orang yang memiliki julukan wasit 1 disebut Referee dan wasit 2 disebut Umpire.

– Waktu permainan bola basket adalah 4×10 menit menurut aturan Federasi Bola Basket Internasional dan versi National Basketball Association 4×12 menit.

– Permainan bola basket sendiri masuk ke Indonesia bersamaan dengan kedatangan para pedagang Cina pada saat menjelang kemerdekaan tepatnya pada tahun 1894.

Itulah beberapa sekilas sejarah basket yang perlu Anda ketahui, meskipun olahraga tersebut sudah begitu familiar di kalangan masyarakat, namun jika Anda belum pernah memainkanya perlu di coba untuk memainkannya!.