Sejarah Bahasa Indonesia

Waktuku.com – Sejarah Bahasa Indonesia merupakan bahasa nasional dari negara kita yang biasa kita gunakan sehari-hari. Seperti yang telah kita ketahui bersama, ada banyak sekali bahasa yang biasa kita gunakan sehari-hari di berbagai daerah, namun Bahasa yang satu ini menjadi salah satu bahasa pilihan yang digunakan untuk berkomunikasi antara suku yang berbeda.

Sejarah bahasa Indonesia sendiri sedikit sekali diketahui padahal sejarahnya sangat penting sekali untuk dapat kita ketahui asal muasalnya dan kapan ditetapkannya. Bahasa Indonesia sendiri sudah dapat kita pelajari sejak duduk di bangku sekolah dasar hingga masuk perguruan tinggi. Penting sekali bagi warga Indonesia untuk dapat mempelajarinya karena memiliki makna yang sangat luas untuk dipelajari.

Sejarah Bahasa Indonesia sendiri tertumpah pada sumpah pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober 1928. Pada saat itu, Bahasa Indonesia sendiri terlahir dari ikrar sumpah pemuda yakni bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia, berbangsa yang satu bangsa Indonesia dan menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Poin yang ketiga pada ikrar sumpah pemuda tersebut yakni menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia ditetapkan sebagai lahirnya bahasa nasional kita yang biasa kita gunakan sehari-hari.

Pada tanggal tersebut, dimana sumpah pemuda dirayakan sebagai hari nasional dan ikrar, bahasa Indonesia pun ditetapkan sebagai bahasa yang satu untuk seluruh rakyat Indonesia. Masih sedikit orang yang tahu kalau sumpah pemuda ini merupakan sejarah dari lahirnya bahasa kita disamping ikrar sumpah yang kerap kita ucapkan untuk bangsa dan negara.

Kedudukan Bahasa Indonesia pertama kali ditetapkan pada 18 Agustus 1945 atau satu hari setelah proklamasi. Selain itu, ide bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional negara kita tertuang juga pada UUD 45.

Dengan demikian lengkap sudah bahasa kita ini menjadi bahasa resmi seluruh rakyat Indonesia yang telah tertulis dalam undang undang dasar. Menurut sejarah, bahasa melayu yang biasa kita gunakan ini sudah ada sejak abad ke 7.

Bukti-bukti dapat kita temukan dari berbagai macam prasasti dan peninggalan-peninggalan sejarah lainnya yang bisa kita jadikan sebagai acuan sejarah yang akurat. Dengan demikian penting bagi kita untuk tetap mempertahankan bahasa kita dengan cara mempelajarinya.

Sejarah singkat ini bisa membuat anda paham dan mengerti pertama kali bahasa kita dijadikan sebagai bahasa nasional untuk mempererat tali persaudaraan. Semoga artikel ini bisa kita jadikan sebagai referensi dan informasi yang akan bermanfaat.