Panduan Rumus Matematika Lengkap Beserta Contohnya

Waktuku.com – Buat para siswa yang masih bersekolah pastinya kebanyakan anak paling benci dengan pelajaran matematika. Bagi mereka pelajaran yang satu ini sulit untuk dipahami. Mungkin saja banyak diantara mereka yang belum paham dengan rumus matematika lengkap. Meskipun sudah mengetahui beragam rumusnya, adakalanya kita pun kesulitan untuk melakukan pemahaman lebih dalam sebuah soal matematika.

Mungkin banyak siswa merasa ogah jika harus menghadapi persoalan rumus matematika lengkap ini. Banyak yang beralasan merasa pusing dengan banyaknya angka dan juga rumus yang telah ada. Padahal sebetulnya rumus matematika lengkap ini bisa dipelajari dengan cara yang terbilang menyenangkan asalkan memang mengetahui triknya.

Jika kalian merasa tidak percaya, cobalah untuk melihat berbagai macam rumus matematika berikut ini:

1. Sebuah tabel perkalian dari angka 8
8×1=8
8×2=16
8×3=24
8×4=32
8×5=40
8×6=48
8×7=56
8×8=64
8×9=72
8×10=80

Angka diatas merupakan deretan angka dari hasil perkalian angka 8.
Tentunya kalian merasa penasaran dengan rumus perkalian angka 8 yang terbilang unik ini. Jika kalian mengalikan dengan 1,2,3 dan seterusnya hingga angka 10 maka nantinya bisa menghasilkan sebuah susunan angka yang mampu memperlihatkan sebuah sifat palindrom.

2. Menghasilkan sebuah angka yang berulang dan berurutan
1×8+1=9
12×8+2=98
123×8+3=987
1234×8+4=9876
12345×8+5=98765
123456×8+6=987654
1234567×8+7=9876543
12345678×8+8=98765432
123456789×8+9=987654321
Angka yang berulang hasil dari perkalian 8

3. Perkalian dengan sebuah angka 12
+
62×12=744
/53×12=636
57×12=684

Apabila hasil penjumlahan melebihi satu digit seperti tabel diatas, maka angka puluhannya bisa kalian jumlahkan dengan angka yang pertama. Semisal saja 6+5=11. Kini kalian bisa menjumlahkan angka 5 tadi dengan angka yang pertama dari penjumlahan 6 dan juga 5. Dari sini kalian akan mendapatkan hasilnya yaitu 684.

Tips Penting Untuk Menghafal Rumus Matematika Dengan Cepat

Rumus lengkap matematika memang banyak sekali bahkan sempat membuat kita semua seakan kesulitan memahaminya. Kesulitan dalam mata pelajaran matematika ini sebetulnya karena banyaknya rumus yang bisa dipergunakan. Terlebih lagi kebanyakan dari siswa pastinya lebih suka dengan yang namanya menghafal.

Padahal sebetulnya dalam pelajaran matematika ini tergantung pada bagaimanakah seorang siswa lebh terampil dalam menyelesaikan permasalahan yang ada. Jadi sebetulnya yang lebih penting itu bukan pada penghafalan rumusnya melainkan bagaimana cara kalian menggunakan informasi yang ada. Seringkali seorang siswa membuat kertas contekan untuk sebuah rumus matematika. Padahal jika kalian tidak memahami rumusnya juga tidak akan mampu menyelesaikan sebuah soal.

Sebetulnya untuk menghafal rumus matematika lengkap bukanlah hal yang sulit bahkan terbilang cepat. Hanya saja buat kalian yang belum mengerti caranya akan merasa kewalahan untuk menghafalkan rumusnya. Supaya kalian tidak merasa bingung lagi, inilah berbagai tips menghafal rumus matematika supaya mampu bertahan lama. Di antaranya:

1. Memahami bagaimanakah cara rumus dihasilkan

Sebuah rumus matematika lengkap yang telah diajarkan oleh seorang guru, tentu saja membutuhkan sebuah proses. Dimana dalam proses ini kalian harus memahami persoalan matematika yang sedang di hadapi. Setidaknya kalian harus tahu manakah rumus yang tepat untuk menyelesaikan soal matematika. Tentunya kini kalian bisa juga mencoba rumus ini:

rumus matematika

Rumus tersebut merupakan sebuah hasil penjumlahan dari akar-akar rumus abc yaitu:

rumus matematika

Dalam belajar matematika, kalian sebagai seorang siswa memang harus mampu menerapkan rumus yang ada. Setidaknya harus sering bertanya atau mencari tahu tentang rumus matematika yang sudah diajarkan oleh gurunya. Seringnya kalian dalam bertanya sekaligus mengerjakan soal yang ada tentunya bisa melatih kalian dalam menghadapi berbagai macam soal matematika sesulit apapun itu.

2. Belajar latihan soal dengan rumus

Memang sudah seharusnya kalian mencoba menerapkan rumus yang ada dengan mengerjakan latihan soal. Dengan begitu pola pemikiran kalian pun akan bergerak menyelesaikan setiap kesulitan dari soal matematika.Dengan seringnya menggunakan rumus tersebut maka semakin kuat juga rumus tersebut dalam ingatan. Sebaiknya buatlah sebuah ringkasan mengenai rumus matematika lengkap beserta dengan topiknya. Seringlah melihatnya dan cobalah mengerjakan beberapa soal latihan.

3. Mengajarkan apa yang sudah di kuasai kepada teman

Pastinya banyak murid yang merasa kagum sekali dengan gurunya yang begitu hafal dengan semua rumus matematika yang ada. Hal ini terbilang wajar sekali karena guru setiap hari, bulan bahkan tahun seringkali mengajarkan materi tersebut. Untuk itu sebaiknya kalian sering membagikan rumus kepada teman bahkan bisa juga mengajarkan bagimana cara menggunakannya.

4. Menggunakan teknik supaya mampu menghafal rumus matematika

Dalam beberapa topic matematika seperti halnya trigonometri pastinya ada beberapa teknik yang bisa kalian ambil supaya mudah dalam menghafalnya. Mungkin kalian akan merasa bingung dengan tekniknya. Buat kalian yang merasa bingung dengan teknik menghafalnya, sebaiknya ikut saja berbagai cara berikut ini:

1.Teknik plesetan

Dalam sebuah bab trigonometri pastinya kalian menemukan sebuah teori mengenai fungsi dari trigonometri dari sebuah sudut negative yakni:

Sin (-α) = -sin α
Tan (-α)= – tan α
Cos (-α) = cos α

Kalian sudah pasti mampu melihat hanya sin dan juga tan saja yang negatifnya masih tersediia. Dengan belajar teknik plesetan ini tentu saja semakin memudahkan kalian dalam belajar rumus matematika.

2. Membuat sebuah singkatan

Memang mudah jika kita menghapal rumus matematika dengan menjadikannya sebuah singkatan. Sebagai contoh saja operasi bilangan. Urutan dari eksekusi operasi bilangan ini bisa dengan kurung, kali ataupun bagi, tambah ataupun kurang.

3. Melihat sebuah pola yang unik pada rumusnya

Adakalanya segerombol rumus mempunyai sebuah pola yang terkesan unik. Sebagai contoh sebaiknya perhatikan adanya rumus dasar integral trigonometri ini:

rumus matematika

Dari pola unik diatas bisa kalian temukan sin dan juga cos yang sering berkebalikan. Dari sini kalian pun akan mudah mengingat. Lantas bagaimanakah dengan adanya sebuah tanda plus-minus? Asal kalian tahu bahwa pola yang terbilang mudah sebetulnya berada pada integral sin.

Lalu kalian bisa memperhatikan sin yang ada kandungan in layaknya min yang telah mempunyai kandungan min. dari situ bisa kalian ambil kesimpulan integral sin sudah pasti min.

Begitu pula dengan sebuah integral cos apabila kita perhatikan cos yang sudah mengandung cos sama halnya dengan positif mengandung pos. Dari hal ini bisa diambil kesimpulan bahwa integral cos sudah pasti positif. Saya rasa teknik yang satu ini bisa memudahkan kalian mempelajarinya.

Banyaknya rumus matematika lengkap yang sudah tersedia memang tak harus anda hapalkan semuanya. Yang terpenting kalian bisa memahami satu persatu rumus yang sudah tersedia. Dengan begitu kalian pun akan lebih mudah menyelesaikan sebuah persoalan matematika yang sedang kalian hadapi.

Apalagi jika kalian menerapkan teknik menghapal paling mudah dan cepat seperti cara diatas. Sedikit demi sedikit berbagai macam ilmu mengenai rumus maupun cara menghapal rumus matematika ini sangat membantu kalian. Yang terpenting bukan karena kalian harus pandai menghapal namun bagaimana kalian mampu menerapkan sebuah rumus dalam setiap soal matematika.

Berbicara mengenai rumus matematika lengkap tentu banyak sekali. Jika kalian tidak memahaminya, akan sulit sekali buat kalian mengerjakan sebuah soal matematika. Sebetulnya matematika itu tidak sulit, hanya saja kita harus lebih paham mengenai rumus yang ada. Bisa dengan melatih diri mengerjakan latihan soal yang ada.