Robot Bertubuh Lunak
Octobot

Waktuku.com – Mungkin Anda sudah tau, kebanyakan robot pasti berkontur tubuh yang keras, tapi tidak untuk robot yang satu ini. Octobot, merupakan robot bertubuh lunak pertama di dunia.

Komponen Dalam Tubuh Octobot

Robot yang berbentuk gurita ini terbuat dari silikon, dimana otaknya adalah sirkuit mikofluida fleksibel yang mengarahkan aliran bahan bakar cair melalui saluran dengan katup. Robot ini didukung oleh jaringan pneumatik yang tertanam dalam tubuh dan lengannya.

Tubuh lunak yang dimiliki Octobot bertujuan agar lebih fleksibel berada di ruang-ruang sempit atau saat berhadapan dengan benda-benda yang lebih halus dengan aman. Untuk jenis robot bertubuh lunak, gurita merupakan salah satu cetak biru sempurna untuk dijadikan jenis robot ini.

Octobot yang merupakan robot pertama bertubuh lunak ini berhasil diciptakan oleh satu tim ilmuwan dari Universitas Harvard yang membawa desain Cephalopoda ini ke masa depan.

Octobot memiliki tinggi kurang dari 2 cm (0,8 inci) kira-ira seukuran tapak tangan manusia. Robot ini dapat berjalan selama antara empat dan delapan menit sebelum kehabisan pasokan bahan bakar. Ia mampu berjalan hingga 8 menit dengan 1 mililiter bahan bakar. 50 persen bahan bakar mereka adalah larutan hidrogen peroksida. Versi yang lebih besar dapat tetap aktif untuk waktu lebih lama sesuai dengan jumlah bahan bakarnya.

Dilansir dari laman Nationalgeographic.co.id, Ahli robot Daniela Rus di Massachusetts Institute of Technology mengatakan komponen pada robot ini hanya otak, elektronik dan batrai saja yang keras. “Karya ini baru dan benar-benar menarik,” tambahnya.

“Sekarang yang perlu dikerjakan adalah cara memprogram ulang robot untuk melakukan tindakan yang berbeda, merespon lingkungan, dan bukan hanya melakukan urutan-urutan pra-program,” ujar Insinyur Robert Shepherd dari Universitas Cornell di Ithaca, New York.