4 Resep Rendang Daging Lezat dan Empuk

Resep Rendang Daging

Waktuku.com – Resep rendang daging yang enak dan empuk mungkin bisa menjadi salah satu pilihan ketika anda memiliki stok daging yang cukup banyak di rumah. Baik itu daging sapi, daging kambing, ataupun daging ayam, semua bisa dijadikan olahan rendang yang lezat, dan baca juga cara membuat bakso.

Rendang adalah masakan nusantara yang pernah masuk dalam kategori kuliner paling lezat di dunia. Tak heran jika peminatnya sangatlah banyak. Tekstur daging yang super lembut, berpadu sempurna dengan aneka bumbu yang menjadikan citarasa rendang semakin istimewa dan spesial.

Ada banyak sekali olahan rendang ala rumahan yang bisa anda buat sendiri dengan mudah dan praktis. Diantaranya adalah resep rendang daging sapi kering, resep rendang daging Jawa, resep rendang daging ayam, resep rendang daging padang spesial, rendang balado atau pedas dan lain-lain.

Langsung saja disimak aneka resep cara membuat resep rendang daging yang enak dan empuk berikut ini.

Sebelum masuk ke inti pembahasan, saya akan membagikan sedikit tips kepada anda tentang cara melunakkan daging sapi atau daging kambing dengan cepat.

Tips Memasak Resep Rendang Daging

Dipipihkan:

daging dipipihkan

Ini dia cara melunakkan daging paling sederhana, kita hanya perlu memukul daging dengan alat bergerigi tumpuh sampai daging agak pipih. Cara ini akan membuat proses pemasakan daging lebih cepat, hanya saja cara ini untuk olahan khusus seperti daging bumbu kuning, resep rendang daging atau sejenisnya.

Olesi Dengan Halusan Buah Nanas:

nanas untuk daging

Buah nanas muda memiliki banyak sekali kandungan enzim bromelin yang ampuh dalam menguraikan serat daging. Pertama silahkan haluskan buah nanas muda bisa diblender ataupun di parut. Kemudian olesi seluruh permukaan daging dengan halusan nanas,diamkan selama 20 atau 30 menit. Dijamin daging sapi, kambing atau kerbau akan cepat lunak.

Langkah Langkah Memasak Rendang Daging

Balut Daging Dengan Daun Pepaya

daun pepaya untuk daging

Selain nanas, ternyata daun pepaya juga ampuh digunakan untuk melunakkan daging. Caranya cukup dengan membalut daging dengan daun pepaya dan diamkan selama 45 menit. Anda pun juga bisa mengolesi daging dengan bumbu sebelum dibalut daun pepaya.
Mari lanjutkan ke pembahasan utama yaitu aneka resep cara membuat rendang daging.

Resep Cara Membuat Rendang Daging Sapi Sederhana

rendang daging sapi

Seperti biasa, mari kita belajar membuat menu dari yang paling mudah terlebih dahulu. Kali ini kita akan membuat rendang daging sapi yang sederhana. Dalam resep ini, langkah-langkahnya sangatlah mudah dan bumbunya tidak sulit untuk ditemukan. Sehingga tidak perlu khawatir anda akan merasa kesulitan. Langsung saja simak bahan dan cara membuat rendang daging sapi sederhana berikut ini.

Bahan untuk membuat bumbu rendang daging sapi sederhana:

– 3 butir kelapa, jadikan santan
– 1kg daging sapi
– 10 siung bawang putih
– 15 buah bawang merah
– 200 gram cabai
– 5 cm kunyit, panggang
– 3 cm jahe
– 5 cm lengkuas
– 7 butir kemiri
– 2 sendok teh garam halus
– ½ sendok teh pala bubuk
– ½ sendok makan ketumbar bubuk
– 1 sendok teh jinten, sangrai
– 4 lembar daun kunyit
– 3 cm asam kandis
– 4 batang serai, memarkan
– 6 lembar daun jeruk purut

Cara membuat rendang daging sapi sederhana dan praktis:
– Pertama campurkan antara garam halus, cabai, pala bubuk, bawang putih, ketumbar, bawang merah, jinten, kemiri, kunyit, lengkuas, dan jahe. Haluskan semua bahan tersebut dengan cara diulek ataupun menggunakan mesin pelumat.
– Setelah itu potong-potong daging yang sudah disiapkan sesuai selera
– Masukkan bumbu halus yang sudah anda buat tadi ke dalam wajan besar, tuangkan juga santan kedalamnya, masak sambil terus diaduk-aduk supaya santan tak pecah.
– Baru kemudian tambahkan serai, jeruk purut, daun kunyit dan asam kandis. Kemudian aduk-aduk lagi sampai santan matang dan mendidih, kurang lebih selama 30 menit.
– Masukkan daging sapi yang sudah anda potong-potong ke dalam santan yang sudah matang. Kemudian lanjutkan masak rendang daging sapi sambil terus di aduk-aduk. Jangan lupa untuk mengecilkan apinya.
– Begitu santan sudah menyusut & mengental, serta daging sapi matang dan empuk. Segera angkat
– Rendang daging sapi sederhana sudah siap disajikan
Kira-kira seperti itulah resep cara membuat rendang daging sederhana yang mudah dan praktis. Selain lezat, rendang juga tergolong sebagai makanan yang tahan lama meskipun tanpa diberikan bahan pengawet.
Jadi anda bisa menikmati rendang dilain waktu apabila tidak bisa menghabiskannya hari ini. Lanjut ke resep cara membuat rendang daging selanjutnya.

Resep Cara Membuat Rendang Daging Sapi yang Enak dan Empuk Khas Jawa

rendang khas jawa

Tidak hanya Padang saja yang memiliki hidangan rendang lezat, ternyata Jawa pun juga memiliki olahan rendang yang khas. Perbedaan antar keduanya mungkin terletak pada bahan-bahan yang digunakan saja. Kendati demikian, rendang daging khas Jawa ini mempunyai rasa yang tidak kalah enaknya dari rendang khas Padang.

Lantas, bagaimana cara membuat rendang daging sapi Jawa?, simak informasinya berikut ini.

Bahan utama rendang daging Jawa:
– Daging sapi 500 gram

Bumbu membuat rendang Jawa:
– Garam secukupnya
– Cabai rawit 10 gram
– Bawang bombay 50 gram
– Jahe 5 gram
– Serundeng 50 gram
– Minyak zaitun 50 gram
– Bunga kantan 5 gram
– Bawang merah 150 gram
– Susu murni 200 gram
– Bawang putih 150 gram
– Serai 5 gram
– Lengkuas 5 gram
– Kunyit serbuk 5 gram
– Kunyit 2 gram

Cara membuat rendang daging sapi Jawa:
– Langkah pertama silahkan potong-potong daging sapi dengan ukuran sesuai selera. Kemudian cuci sampai benar-benar bersih dan tiriskan dulu.
– Setelah itu haluskan kunyit, jahe, serai, lengkuas, jahe, bawang merah, bawang bombay dan bawang putih. Silahkan gunakan blender untuk menghaluskan atau bisa dengan menguleknya.
– Selanjutnya, gunakan bumbu halus tersebut untuk mengolesi daging sapi. Pastikan setiap daging sapi sudah diolesi bumbu halus secara merata. Diamkan daging sapi selama 30 menit, supaya bumbunya bisa meresap secara sempurna
– Panaskan minyak secukupnya di dalam wajan lalu tumis semua daging sapi sampai matang danmengeluarkan aroma wangi.
– Tambahkan serundeng, susu, bunga kintan ke dalam wajan lalu masak kembali sampai daging matang merata dan empuk. Tunggu sampai bumbunya mengental, cicipi dulu dan rasakan apa yang dirasa kurang.
– Sajikan rendang daging sapi Jawa di atas piring saji
Teman yang paling pas untuk rendang khas Jawa ini adalah nasi putih hangat dan es teh. Menikmati menu spesial ini sangatlah menyenangkan. Nah, apakah anda tertarik untuk mencoba resep cara membuat rendang daging yang enak dan empuk khas Jawa ini?.
Lanjut ke resep cara membuat rendang daging selanjutnya.

Resep Cara Membuat Rendang Daging Sapi Asli Padang yang Lembut

rendang padang

Menu rendang daging kali ini pasti sudah banyak yang mengetahui, atau bahkan anda sering mencicipinya setiap hari?. Kelezatan dan citarasa rendang daging sapi asli Padang memang sudah terngiang di Indonesia dan bahkan dunia.

Daging sapi diolah sedemikian rupa sehingga bertekstur empuk dan sangat lembut. Belum lagi aneka rempah-rempah yang akan menyelimuti setiap bagian daging, membuat rasanya akan menggoyang lidah anda.

Berikut adalah bahan dan cara membuat rendang daging sapi asli Padang.

Bahan bumbu rendang padang spesial:
– Gula pasir, secukupnya
– Daging sapi 1kg, potong sesuai selera
– Garam, secukupnya
– Kelapa tua 3 butir, jadikan santan kental
– Daun kunyit 1 lembar
– Bawang merah 15 butir
– Daun salam 4 lembar
– Bawang putih 8 siung
– Daun jeruk 3 lembar
– Cabai merah kriting 1 ons
– Bunga pekak 2 buah
– Jahe 2 cm
– Asam kandis 2 biji
– Lengkuas 2 cm, memarkan
– Sereh 2 batang, geprek
– Merica bubuk 1 sendok teh

Bahan pelengkap:
– Hati sapi 1 ons, potong dadu
– Serundeng

Cara membuat rendang daging sapi asli Padang:
– Pertama campurkan lengkuas, bawang merah, jahe, bawang putih, dan cabai. Haluskan semua bahan hingga benar-benar halus.
– Setelah itu gunakan bumbu halus tersebut untuk mengungkep daging sapi yang sebelumnya sudah dipotong-potong. Diamkan sampai mengeluarkan uap dan daging dalam ungkepan kering.
– Kemudian masukkan gula pasir, santan kental, garam, merica bubuk, daun salam, sereh, daun jeruk, asam kandis dan bunga pekak. Aduk semua bahan hingga tercampur rata. Jangan lupa untuk menambahkan kunyit, namun sobek-sobek dahulu.
– Tunggu hingga santan mengeluarkan sedikit minyak dan mendidih. Kecilkan api
– Selanjutnya masukkan bahan pelengkap dan aduk kembali sampai merata
– Terus aduk-aduk jangan sampai rendang menempel pada wajan. Tunggu hingga rendang mengering dan berubah warna.
– Angkat, dan rendang daging sapi asli padang siap disajikan.

Ternyata resep cara membuat rendang daging sapi asli Padang cukup simpel dan mudah ya?. Jadi tak perlu ragu lagi apabila anda ingin mencobanya sendiri. Agar lebih mantap, sajikan rendang khas padang bersama sambal ijo,lalapan dan nasi hangat.

Masih ingin resep cara membuat rendang daging yang tidak kalah lezat?. Silahkan lanjutkan membacanya.

Resep Cara Membuat Rendang Daging Ayam yang Gurih dan Lezat

rendang daging ayam

Jika di atas kita sudah membahas beberapa variasi resep rendang daging sapi, sekarang mari kita coba menggunakan daging ayam. Nah, untuk anda yang mungkin tidak menyukai daging sapi dan lebih suka daging ayam, anda pun juga bisa membuat olahan rendang daging yang tidak kalah lezatnya.

Cara membuat rendang daging ayam kali ini sangatlah mudah untuk dicoba sendiri di rumah. Bahan yang diperlukan mudah untuk didapat. Meliputi daging ayam dan beberapa tambahan rempah-rempah lainnya.

Langsung saja disimak resep membuat rendang daging ayam yang gurih dan lezat berikut ini.

Bahan utama:
– 1 ekor ayam
Bumbu halus:
– Cabe kecil 5 buah
– Cabe merah 15 buah
– Bawang putih 7 siung
– Bawang merah 10 buah

Bumbu lain:
– Lengkuas 1 cm
– Ketumbar 2 sendok, haluskan
– Daun salam 4 lembar
– Gula merah 1 sendok teh
– Vitsin 1 sendok teh
– Sereh 5 buah
– Merica bubuk 1 sendok teh
– Kelapa 1 butir, haluskan & buat poyah
– Garam secukupnya
– Santan 200 cc

Cara membuat rendang ayam yang gurih dan lezat:
– Langkah pertama bersihkan dulu daging ayam, kemudian potong sesuai selera
– Kemudian campurkan cabe merah, cabe rawit, bawang merah dan bawang putih. Lalu haluskan semua bahan sampai benar-benar halus.
– Selanjutnya panaskan minyak secukupnya dan tumis semua bumbu tersebut. Tambahkan juga bumbu lainnya dan terakhir masukkan poyah.
– Begitu semua bumbu sudah tercampur rata dan matang, masukan potongan daging ayam, lalu ungkep hingga empuk.
– Tuangkan santan, lalu masak kembali hingga airnya mengental
– Sekarang rendang daging ayam siap untuk dihidangkan.

Bagi anda pecinta daging ayam dan ingin mencicipi olahan rendang, maka resep cara membuat rendang daging ayam ini wajib untuk dicoba. Daging ayam akan terasa lebih mantap dan spesial. Itu tadi adalah 4 aneka resep cara membuat rendang daging yang enak dan empuk. Silahkan pilih sendiri mana yang akan anda coba sendiri di rumah.