Resep putu mayang enak dan sedap

Waktuku.comResep putu mayang enak dan sedap, Indonesia kaya dengan aneka kuliner tradisional, seperti halnya Putu Mayang. Kuliner yang satu ini, bisa dibilang unik karena merupakan salah satu kue tradisional yang bentuknya yang khas menyerupai balutan benang kusut.

Kue tradisional ini tampil dengan beragam warna, warna yang biasanya banyak ditampilkan yaitu warna hijau, pink, dan putih. Kue tradisional ini biasa dihidangkan ketika ada suatu acara, seperti arisan, syukuran, dan bahkan kue putu mayang ini bisa Anda hidangkan ketika menjelang buka puasa dan ketika ramadhan telah tiba.

Kue tradisional ini bisa Anda temukan di beberapa penjual kue, terlebih lagi ketika bulan ramadhan tiba, kue putu mayang ini bisa dengan mudah Anda temui. Namun, Anda juga juga bisa membuatnya sendiri di rumah dan tentunya dengan selera yang sesuai keinginan Anda. Kali ini Waktuku akan memberikan resepnya untuk Anda semua. Pertama, siapkan dahulu semua bahan-bahan untuk membuat kue tradisional ini ya.

Resep putu mayang enak dan sedap:

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

250 gram tepung beras
200 gram tepung sagu
800 ml santan cair
Garam secukupnya

Bahan saus:

1000 ml santan kental
150 gram gula merah
50 gram gula pasir
2 lembar daun pandan
Garam secukupnya

Cara membuat:

1. Pertama siapkan panci atau wadah lainnya untuk memasak adonan putu mayang. Masukkan dan campurkan tepung beras, santan, dan garam lalu masak sampai matang. Setelah masak, angkat dan didihkan.

2. Tambahkan tepung sagu ke dalam adonan tersebut, kemudian aduk adonan tersebut hingga merata. Kemudian, cetak adonan dengan menggunakan cetakan putu mayang.

3. Setelah semua adonan putu mayang dicetak, lalu kukus selama kurang lebih 10 menit dalam panci atau seng yang sudah beralaskan daun pisang. Periksa setiap 3 menit sekali, jika dirasa sudah matang, lalu angkat.

Cara membuat sausnya:

1. Masak bahan saus yang telah dicampur menjadi satu berupa santan, gula pasir, gula merah, garam, dan daun pandan. Masak dengan api sedang sambil di aduk-aduk hingga mendidih. Kemudian angkat

2. Tuangkan saus ke dalam wadah saji dan hidangkan sebagai pelengkap.

Demikianlah resep kue putu mayang yang bisa Anda coba dirumah masing-masing. Dengan membuat sendiri kue ini, akan menghemat uang saku Anda, dan tentunya jika membuat sendiri, tidak hanya Anda sendiri yang bisa menikmati, keluarga dan teman yang berada dekat dengan Anda juga akan merasakan hidangan kuliner tradisional Indonesia yang bentuknya menyerupai balutan benang kusut ini. (inh/resepcaramasak)