7 Resep Kue Basah Enak dan Lembut

Resep Kue Basah

Waktuku.com – Resep kue basah memang sangat penting untuk diketahui. Karena setiap ada acara pasti hidangan utamanya kue basah. Maka tak heran jika kue basah banyak dijual dipasar tradisional.

Selain itu, jajanan kue basah juga banyak disukai anak anak. Mereka juga akan aman mengkonsumsi jajanan kue basah karena bahan yang digunakan ialah bahan alami tanpa ada pengawet. Bagi anda yang ingin membuat resep kue basah, bisa melihat beberapa pilihan resep berikut ini.

Langkah Langkah Untuk Membuat Resep Kue Basah

Resep Kue Talam

kue talam

Kue basah yang pertama ialah kue talam. Banyak sekali jenis jenis kue talam yang ada di tanah air. Perpaduan antara rasa manis legit dengan gurihnya santan menjadi cirri khas kue basah satu ini.

Dengan rasa manis legit yang dimilikinya, anda bisa mengkonsumsinya dengan porsi mangkok maupun dalam potongan kecil kecil. Hal ini agar tidak timbul rasa eneg karena mengkonsumsi dengan porsi berlebihan.

Jika anda ingin membuat resep kue basah ini, bahan bahannya sudah tersedia di pasar tradisional. Waktu yang dibutuhkan untuk membuat kue talam sangat singkat hanya sekitar 1 jam saja. Jika anda sedang ada acara arisan, maka sajian paling cocok disuguhkan ialah kue talam ini. Untuk membuatnya, ikuti panduan dibawah ini:

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
– Santan 300 ml (1 butir kelapa)
– Air kelapa 150 ml
– Gula pasir 100 gram
– Garam dapur ¼ sendok teh
– Tepung beras 100 gram
– Tepung sagu 30 gram
– Pasta pandan 1 sendok teh
– Gula merah 50 gram, (larutkan kedalam 25 ml air kemudian rebus sampai mengental)

Cara memasak kue talam:
– Langkah pertama rebus santan, gula pasir, air kelapa, serta garam dapur sambil diaduk secara perlahan hingga air mendidih.
– Masukkan rebusan santan didalam campuran tepung sagu dengan tepung beras (sebelumnya telah diayak) secara bertahap sembari diuleni sampai adonan licin.
– Bagilah adonan kedalam 2 bagian.
– Adonan pertama tambah dengan air gula merah lalu aduklah sampai merata.
– Adonan yang kedua tambah dengan air kelapa, aduklah sampai semua tercampur rata
– Masukkan 1 lapis adonan berwarna coklat didalam cetakan mangkok kue talam. Kemudian kukus sekitar 10menit.
– Angkat dan sajikan kue talam.

Bila anda tidak punya cetakan kue talam, bisa juga menggunakan Loyang kue berukuran 5x30x30cm setelah itu potong dengan ukuran kecil. Selain itu, anda juga bisa mencetaknya pada sebuah mangkok kecil dari daun pandan.

Sehingga aroma pandan kukus yang dihasilkan akan menambah nikmat kue talam buatan anda. Berikut ini juga ada resep kue basah lainnya yang bisa anda jadikan pilihan.

Resep Klepon

kue klepon

Pasti anda sudah tahu kue basah satu ini. Kue basah yang identik dengan warna hijau ini banyak sekali di jual dipasar tradisional. Kue bulat dengan gula merah yang ada didalamnya mampu memberi energi untuk aktivitas anda. Untuk mencoba resep kue basah klepon, ikuti langkah langkah berikut ini:

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
– Tepung ketan 300 gram
– Air mendidih 4 sendok makan
– Santan hangat 150 ml
– Air daun suji 50 ml
– Air kapur ½ sendok makan
– Gula merah 200 gram (sisir sampai halus)
– Kelapa agak muda 1 butir kupas, dan parut memanjang
– Garam dapur secukupnya

Cara memasak kue klepon:
– Siramlah tepung menggunakan air mendidih kemudian aduk rata
– Masukkan garam, air kapur, & air daun suji. Tambahkan santan sedikit sedikit. Uleni sampai adonan bisa dibentuk.
– Buat bentuk bulat seperti kelereng, pipihkan kemudian isilah gula merah sisir didalamnya.
– Rebuslah bulatan klepon di dalan air mendidih sampai adonan bisa mengapung.
– Angkat adonan lalu tiriskan.
– Campurkan parutan kelapa dengan sedikit garam. Kukuslah dengan daun pandan agar baunya lebih harum sekitar 5 menit. Lalu angkat.
– Gulingkan dengan parutan kelapa yang sudah dikukus.

Resep kue basah klepon sudah siap disajikan. Apabila anda tidak menggunakan adun suji sebagai pewarnanya, bisa juga menggunakan pewarna makanan. Klepon juga cocok disajikan dalam sebuah mangkok kecil. Selamat mencoba.

Resep Getuk

getuk
Image by: Youtube.com

Kue basah selanjutnya ialah getuk. Makanan tradisional ini berasal dari jawa tengah. Gethuk juga ada yang cara masaknya digoreng ada yang cara masaknya dikukus. Sajian resep berikut ini ialah gethuk kukus.

Bahan utama gethuk lembut ialah dari singkong kukus yang dihaluskan dengan adanya tambahan bahan bahan pendukungnya. Seperti mentega, santan kental, dan gula pasir. Cara membuat resep kue basah gethuk juga sangat mudah, hanya dengan mengikuti langkah langkah dibawah ini:

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
– Singkong 500 gr, kukus dan haluskan
– Santan kental 4 sendok makan
– Mentega 1 sendok makan
– Kelapa parut 100 gr
– Gula pasir 2 sendok makan
– Sediakan pewarna makanan merah muda dengan hijau muda (sesuai selera)
– Siapkan kelapa parut secukupnya

Cara memasak gethuk:
– Campurkan singkong yang sudah dihaluskan dengan mentega, santan kental, gula dan kelapa parut. Aduk sampai seluruh bahan tercampur rata.
– Apabila ingin member warna pada adonan, bagilah adonan kedalam 3 bagian.
– Berilah warna sesuka anda
– Siapkan selembar plastik. Taruh adonan diatas alas plastik tersebut, kemudian tutuplah dengan plastik.
– Gilinglah menggunakan rol kayu sampai pipih kemudian cetak sesuai keinginan.

Gethuk singkong bisa disajikan dengan parutan kelapa diatasnya. Anda juga bisa memberikan variasi dengan tambahan topping diatasnya berupa keju parut atau coklat chips. Untuk resep kue basah selanjutnya, simak ulasan dibawah ini.

Resep Lumpur Pisang

kue lumpur pisang

Resep kue basah selanjutnya yang bisa anda coba ialah resep kue lumpur. Bahan utama yang bisa digunakan untuk membuat kue basah ini juga beragam. anda bisa memilih salah satu bahan yang mudah didapat atau yang anda suka.

Biasanya kue lumpur dibuat dari bahan kentang, buah waluh, kismis dan pisang. Untuk resep yang akan disajikan ini ialah resep lumpur pisang. Untuk langkah dan bahannya, anda bisa melihat penjelasan berikut ini:

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
– Tepung terigu 75 gr
– Baking powder ½ sendok teh
– Vanili bubuk ½ sendok teh
– Margarin 3 sendok makan
– Pisang raja matang 150 gr (haluskan)
– Telur 2 butir, pisahkan antara putih dengan kuningnya
– Santan kental 300 ml (½ butir kelapa)
– Air 200 ml air
– Garam dapur 1 sendok teh

Cara membuat lumpur pisang:
– Terlebih dahulu ayak tepung terigu, baking powder, serta vanili bubuk. Kemudian sisihkan bahan bahan tersebut.
– Masaklah air dengan margarine sampai mencair sambil diadik sampai adonan tercampur rata
– Tuangkan campuran pisang raja (halus) dengan tepung terigu kemudian aduk sampai rata. Angkat adonan tersebut.
– Lalu tambahkan telur dengan santan sedikit sedikit dan aduk secara terus menerus.
– Panaskan cetakan yang sebelumnya sudah diolesi oleh margarin
– Tuangkan 2 sendok adonan dalam setiap cetakan kue lumpur
– Panggang didalam nyala api sedang sampai adonan matang.
– Kue lumpur siap disajikan

Lumpur pisang memang mudah dibuat, anda juga hanya membutuhkan waktu sebentar untuk menyelesaikan resep ini. Apabila anda ingin tahu resep kue basah selanjutnya, langsung simak ulasan dibawah ini.

Resep Bika Ambon

bika ambon

Kue basah selanjutnya ialah bika Ambon. Cara membuat resep kue basah ini cukup lama, karena anda harus mendiamkan adonan selama 12 jam. Kejelian dalam membuat bika ambon ini juga dibutuhkan ketika anda harus membuka dan menutup panggangan.

Diawal pemanggangan, anda harus membuka oven sampai adonan bika telah mengembang serta berongga. Sesudah pada tahap ini, anda harus menutup pintu oven serta menggunakan nyala api atas saja.

Bahan bahan yang digunakan juga sangat berpengaruh pada kesuksesan pembuatan bika ambon ini. Gunakan santan kelapa yang masih segar dan cukup tua agar bika ambon berminyak serta tidak bantat.

Hindari pemakaian santan kelapa instan, sebab bisa membuat bika kering serta bantat. Untuk lebih jelasnya, ikuti langkah dibawah ini.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
– Gula pasir 175 gram
– Tepung sagu 100 gram
– Santan kelapa 200 ml
– Daun pandan 1 helai, rebus menggunakan 100 ml air, tunggu sampai dingin
– Daun jeruk 2 helai
– Kuning telur 10 butir
– Putih telur 2 butir
– Minyak goreng sebagai olesan
– Ragi instan ½ sendok teh
– Tepung terigu 50 gram
– Air 50 ml

Cara membuat resep bika ambon:
– Tahap pertama campur bahan seperti ragi instan, air dan tepung terigu lalu aduk sampai semua bahan tercampur rata. Tunggulah sampai sekitar 15 menit (adonan mengembang).
– Kocoklah telur dengan gula putih sampai adonan mengental. Kemudian masukkan tepung sagu dengan santan sambil di aduk sampai semua tercampur rata.
– Masukkan adoban bika, aduk sampai rata.
– Tutuplah adonan menggunakan serbet lalu biarkan sampai 10 jam.
– Olesi cetakan dengan minyak
– Sebelum dituangkan pada cetakan, aduklah adonan.
– Masukkan adonan pada cetakan yang sudah dipanaskan sampai terdengar bunyi mendesis. Pangganglah adonan bika, dengan tutup panggangan agak terbuka. Selanjutnya angkat.
– Panggang lagi dengan nyala api atas, tunggu sampai adonan berubah warna kuning kecoklatan. Setelah matang, angkat dan tunggu sampai dingin untuk disajikan.
– Keluarkan adonan dari cetakan, kemudian hidangkan.

Meskipun tidak diberi bahan pengawet, ternyata bika ambon mampu bertahan hingga 3 hari pada suhu ruangan. Sesudah itu, permukaan bika akan mengering kemudian kue ini tidak nikmat lagi disantap.

Nah, jika anda ingin menyajika bika ambon untuk acara tertentu, buatlah satu malam sebelum hari H. Agar keesokan harinya bisa dihidangkan dalam keadaan masih segar. Jangan lupa simak resep kue basah selanjutnya dibawah ini.

Resep Nagasari

kue nagasari

Mungkin anda sudah mengenal kue basah naga sari ini. Resep kue basah ini terbuat dari tepung beras yang didalamnya berisi pisang dengan rasa yang nikmat. Anda juga bisa membuat nagasari dengan bahan roti sebagai kulitnya namun untuk bagian isi tetap dengan pisang.

Untuk isiannya, anda bisa memilih pisang jenis apapun yang anda suka. Misalnya pisang kepok, pisang raja, pisang ambon atau jenis pisang lainnya. Langkah langkah dan bahan yang dibutuhkan juga sangat mudah ditemukan. Jika anda penasaran, langsung ikuti beberapa tahap dibawah ini.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bahan I:
– Tepung beras 200 gr
– Santang 400 ml (kekentalan sedang)
– Garam dapur 1 sendok teh
– Vanila ekstrak 1 sendok teh (½ sendok teh untuk vanili bubuk)
– Gula pasir 130 gr

Bahan II:
– Tepung tapioka 100 gr
– Santan kental 400 ml

Bahan pelengkap:
– Pisang raja (sesuai selera), potong melintang sekitar 3 cm kemudian belah menjadi dua
– Sediakan daun pisang sebagai pembungkus

Cara membuat naga sari:
– Untuk bahan I: Tuangkan tepung beras dengan santan di dalam panci, kemudian aduk sampai rata.
– Pakailah saringan sebagai penyaring adonan yang masih menggumpal
– Tuangkan adonan didalam panci, masukkan gula pasir, daun pandan dan garam.
– Masaklah adonan tersebut menggunakan bara api kecil sembari diaduk-aduk sampai adonan kental.
– Masukkan bahan II di dalam adonan panci, kemudian aduk sampai rata dan masaklah sampai adonan kental, berwarna pekat dan santn mulai berkurang.
– Ambil 2 lembar daun pisang. Kira kira berukuran panjang 15 cm. Ambil adonan sekitar 2 sendok makan taruh pada daun, kemudian tekan supaya melebar.
– Taruh pisang pada tengah adonan kemudian tutup lagi menggunakan adonan.
– Bungkuslah adonan memakai daun pisang, lalu lipat ke dalam. Berhati hatilah supaya daun pisang tidak robek.
– Masukkan pada dandang kukus, tata rapi bagian lipatan daun pisang ada dibawah.
– Kukuslah sekitar 20 menit, setelah matang, angkat dan dinginkan.

Gunakan daun pisang yang sudah dipanaskan diatas api dan telah dibersihkan. Untuk tepung terigu yang digunakan harus yang masih segar. Selamat mencoba.

Resep Putri Noong

kue putri noong

Resep kue basah selanjutnya ialah putri Noong. Mungkin anda masih asing dengan namanya. Tapi jika anda sudah melihat bentuk kue basah ini, pasti sudah tidak asing lagi. Warna kue ini juga berwarna warni. Ada potongan pisang didalam kue ini yang terlihat saat dipotong.

Sementara bagian luarnya dilapisi dengan parutan kelapa rebus. Bahan utama kue basah ini adalah singkong. Sedangkan pisang yang mengisi bagian dalamnya dari jenis pisang nangka maupun pisang tanduk. Untuk mencobanya, simak langkah langkah dibawah ini.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
– Singkong 1 kg, bersihkan, kemudian potong-potong kecil
– Daun pisang beberapa helai
– Santan 200-250 ml
– Gula pasir 250 gr
– Agar agar 1 bungkus (7 gr)
– Garam dapur ½ sendok teh
– Kelapa parut kering 100-150 gr
– Pisang tanduk 4 buah kukus selama 15 menit
– Paruta kelapa segar, yang dikukus, dan ditambah dengan garam sedikit

Cara memasak kue basah putrid noong:
– Tahap pertama panaskan panci yang didalamnya ada air secukupnya
– Haluskan singkong yang telah dipotong potong menggunakan blender, dengan air santan.
– Tambahkan santan, agar agar, gula pasir, garam dan kelapa parut.
– Selanjutnya bersihkan daun pisang, panggang diatas bara api agar daun pisang lemas, lalu bentangkan.
– Letakkan adonan 2 sendok makan pada daun pisang, taruh pisang kukus ditengah adonan.
– Gulunglah, lalu kukus hingga adonan matang
– Setelah matang, angkat dan potong-potong sesudah dingin.
– Gulingkan di dalam parutan kelapa yang sudah dikukus.

Resep kue basah ini juga sangat mudah hampir sama dengan naga sari. Sajikan dengan terlebih dahulu digulingkan pada parutan kelapa kukus. Campurkan garam juga agar rasa gurih kue basah ini terasa. Selamat mencoba.