5 Resep Brownies Kukus Sederhana dan Murah

Resep Brownies Kukus

Waktuku.comResep brownies kukus merupakan sebuah jajanan pasar yang paling banyak diburu. Banyak sekali varian brownies kukus ini yang bisa anda jadikan sebagai sajian utama dalam moment penting anda sekeluarga.

Kebersamaan akan lebih bermakna dengan sajian lezat brownies kukus buatan anda dirumah. Jika anda ingin tahu apa saja resep brownies kukus yang ada, maka simak ulasan berikut ini.

Bagaimana Cara Buat Brownies Kukus

Resep Brownies Kukus Ubi Coklat

brownies ubi

Taro maupun yang biasa dikenal dengan ubi ungu merupakan jenis umbi umbian. Makanan ini memiliki kandungan pigmen antosianin berwarna ungu. Biasanya pigemen tersebut dimanfaatkan oleh masyarakat untuk pewarna makanan secara alami. Sehingga dengan penggunaan pewarna tersebut tidak akan berakibat buruk pada kesehatan.

Bahkan dalam ubi ungu memiliki kandungan antioksidan yang bisa menyerap racun dalam tubuh, menangkal radikal bebas, serta melancarkan peredaran darah yang terjadi didalam tubuh anda.

Nah, dengan kendungan gizi tersebut, anda juga bisa memanfaatkan makanan tersebut sebagai bahan utama resep brownies kukus. Cara membuat resep ini juga cukup mudah, anda bisa mengikuli langkah berikut ini.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
– Telur ayam 4 butir
– Gula pasir 120 gr
– SP 1 sendok teh
– Tepung terigu rendah protein 160 gr
– Santan kental 60 ml
– Margarin 60 gr ( dilelehkan )
– Ubi ungu 160 gr ( kukus & dihaluskan )
– Pewarna makanan 10 tetes
– Garam secukupnya ( ¼ sendok teh )
– coklat masak berwarna putih 60 gr ( lelehkan )
– coklat pasta ¼ sendok teh

Cara membuat resep brownies kukus ubi coklat:
– Langkah pertama kocok campuran bahan gula pasir, telur, dan SP hingga mengembang dan berbuih
– Masukkan tepung terigu dengan diayak lalu aduk sampai rata
– Tuangkan santan, tepung ubi, pewarna makanan dengan garam sambil diaduk. Tambah dengan margarin. Lalu aduk rata kembali.
– Masukkan coklat masak putih yang sudah leleh sambil diaduk sampai rata tercampur.
– Sisihkan adonan 100 gr. Lalu tambahkan kedalamnya coklat pasta dan aduk sampai semua tercampur rata.
– Masukkan adonan pada Loyang yang berukuran 24x10x7 cm dengan olesan margarin sebelumnya yang diberi alas dengan kertas roti.
– Masukkan adonan coklat didalam plastic segitiga untuk disemprot pada adonan bagian atas.
– Kukuslah sampai 30 menit dengan api sedang hingga matang.
– Iris iris brownies tersebut lalu simpan didalam lemari es jika ingin lebih tahan lama.

Sangat mudah sekali bukan cara membuat brownies kukus dengan bahan dasar ubi coklat? Namun jika anda ingin mengkreasikan masakan brownies dengan bahan utama lain, simak resep selanjutnya berikut ini.

Resep Brownies Kukus Coklat

brownies-kukus-coklat

Anda tentu tahu dengan yang namanya brownies kukus coklat. Masakan satu ini memang banyak dijual di pasar tradisional yang menyajikan kue kue basah. Biasanya brownies kukus coklat mempunyai 2 lapisan. Sementara untuk menambah variasi, ada tambahan toping yang disemprotkan diatasnya.

Untuk itu, bagi anda yang suka dengan masakan kue satu ini, tidak ada salahnya jika langsung membuatnya sendiri dengan panduan resep berikut ini. Langkah-langkah yang perlu anda lakukan ialah cukup sederhana, berikut ini tahapnya.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
– coklat masak pekat 300 gr
– mentega 300 gr
– garam 1/8 sendok the ( secukupnya )
– telur ayam 6 butir
– gula pasir 250 gr
– susu cair 200 ml
Untuk bahan yang diayak:
– Tepung terigu 200 gr
– Baking powder 1 sendok teh
– coklat bubuk 75 gr

Untuk topping, aduklah sampai semuanya rata:
– coklat masak pekat 250 gr ( tim sampai meleleh )
– krim kental 125 ml

Cara membuat resep brownies kukus coklat:
– Langkah pertama panaskan oven sampai pada suhu 180 derajat celcius. Kemudian masukkan Loyang pada oven bagian atas sendiri. Sisihkan campuran coklat dengan mentega. Tim sampai sampai meleleh lalu angkat taburi dengan garam. Aduk sampai rata lalu sisihkan.
– Kocok campuran telur dengan gula pasir sampai mengembang. Tuangkan coklat leleh dengan susu dan aguk sampai rata.
– Masukkan terigu sesikit demi sedikit sambil diaduk rata. Masukkan adonan di dalam dua buah loyang berukuran 15x30x3cm sebelumnya sudah diolesi oleh mentega serta taburi dengan tepung terigu. Ratakan taburan tersebut diatas adonan.
– Masukkan loyang di dalam loyang dengan ukuran yang lebih besar dan sudah berisi air. Kemudian panggang secara bain marie dalam waktu 30 menit sampai adonan matang. Lalu angkat, dan keluarkan adonan dari loyang, kemudian dinginkan.
– Oles bahan lapisan di permukaan kue kemudian ratakan. Lalu tumpuk dengan adonan kue satunya sembari ditekan supaya bisa menempel dan rapikan.
– Iris iris brownies kemudian sajikan.

Nah, resep brownies kukus coklat sudah siap disantap. Jika ingin kue ini lebih awet, masukkan didalam lemari es dengan ditutup rapat dalam sebuah wadah. Setelah resep kue brownies kukus coklat, anda juga bisa mencoba resep brownies kukus lainnya dibawah ini.

Resep Brownies Pandan Keju

brownies-keju

Ternyata brownies bukan Cuma dengan warna coklat saja yang bisa dibuat. Anda juga bisa membuat brownies dengan warna hijau berbahan alami pandan hijau. Untuk memperoleh sebuah brownies dengan warna lebih menarik, biasanya anda bisa memanfaatkan coklat putih untuk bahan dasarnya.

Meskipun kelezatan coklat putih tak senikmat coklat biasa, namun untuk anda yang lebih suka dengan rasa manis bisa menggunakan coklat putih untuk bahan dasarnya. Karena coklat biasa memiliki rasa pahit yang tidak disukai oleh kebanyakan orang.

Untuk resep brownies kukus selanjutnya, akan disajikan dengan bahan dasar coklat putih dengan pandan keju. Sehingga perpaduan antara aroma pandan dengan gurihnya keju cheddar tentunya menjadikan siapa saja yang mencium aromanya akan langsung tergoda. Berikut ini tahap tahap pembuatannya.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
– coklat putih 120 gram
– minyak goreng 90 ml
– gula pasir 100 gram
– keju cheddar yang dicincang 50 gram
– garam 1/3 sendok teh
– pasta pandan ¼ sendok teh
– baking powder ½ sendok teh
– telur 4 butir

Bahan bahan untuk topping:
– lelehkan coklat putih 100 gram
– Siapkan potongan buah naga (dapat diganti dengan buah lain sesuai keinginan)

Cara membuat resep brownies kukus pandan keju:
– Langkah pertama tim coklat putih dengan minyak goreng. Setelah minyak panas, matikanlah api pada kompor anda. Aduk sampai semuanya rata dan coklat putih tersebut meleleleh, lalu sisihkan.
– Selanjutnya panaskan panci sebagai pengukur, bungkuslah tutup panci tersebut dengan kain bersih.
– Kemudian kocok telur dengan gula menggunakan mixer tunggulah sampai adonan mengembang. Tuangkan tepung terigu, baking powder, dan juga garam. Aduklah sampai seluruh bahan tercampur dengan melipat.
– Tuangkan coklat putih leleh lalu aduk kembali.
– Jadikan adonan menjadi 2 bagian. Untuk adonan pertama masukkan coklat putih dengan pasta pandan. Aduklah balik menggunakan spatula sampai seluruh bahannya tercampur secara merata. Masukkan adonan tersebut kedalam cetakkan yang sebelumnya sudah dioleskan dengan margarine. Kemudian kukus adonan tersebut sampai setengah matang atau sekitar 15 menit.
– Untuk adonan kedua, masukkan dengan keju cheddar yang sudah dicincang. Aduklah balik menggunakan spatula sampai seluruh bahan tercampur rata. Kemudian tuangkan adonan kedua diatas adonan pertama. Kukus lagi sampai semua adonan matang atau sekitar 30 menit.
– Setelah matang, buka tutup panci, lalu angkat cetakan kue brownies tersebut.
– Dinginkan lalu potong-potong sesuai selera.

Pakailah bahan loyang ataupun cetakan dari bahan stainless steel supaya bisa menghasilkan panas yang lebih merata. Untuk memanggang brownies, jangan menggunakan panggangan dari bahan kaca atau Teflon.

Hal ini bisa membuat brownies tersebut menjadi basah bahkan volumenya juga bisa berkurang, Sebagai cara mempercantik brownies, hiasi adonan dengan coklat putih maupun buah segar sesuai selera.anda bisa menyajikan brownies tersebut untuk hidangan penutup makanan Anda.

Resep Brownies Kukus Pisang Keju

brownies pisang keju

Saat ini banyak masakan kue yang menggunakan bahan dasar pisang dan keju. Salah satunya ialah brownies kukus yang menggunakan bahan dasar kedua bahan tersebut. Dengan variasi kedua bahan ini, tentunya akan menjadikan kue buatan anda lebih nikmat dan menggugah selera.

Rasa yang dihasilkan oleh pisang dan keju akan semakin terpadu didalam brownies yang sangat lezat. Untuk mengobati rasa penasaran anda, simak resep dan cara membuat brownies kukus pisang keju berikut ini.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
– coklat masak pekat 60 gr
– coklat masak putih 60 gr
– minyak goreng 90 ml
– gula pasir 100 gr
– Pisang matang 100 gr ( haluskan menggunakan garpu )
– Tepung terigu 50 gr sudah diayak
– keju chedar 50 gr ( cincng )
– garam 1/3 sendok teh
– baking powder ¼ sendok teh
– telur 4 butir

Bahan untuk topping:
– Siapkan keju cheddar yang diparut
– trimit 100 gram

Cara membuat resep brownies kukus pisang keju:
– Tim dahulu coklat pekat dengan minyak goreng 45 ml. Setelah minyak panas, matikan saja api kompor anda. Aduklah coklat sampai meleleh lalu sisihkan.
– Tim juga coklat putih dengan minyak goreng 45 ml. Sama seperti cara diatas, setelah minyak panas, anda harus mematikan api. Lalu aduk sampai coklat putih tersebut meleleh. Sisihkan juga.
– Panaskan panci yang akan dipakai untuk mengukus, bungkuslah tutup panci dengan kain bersih.
– Kocoklah adonan gula dan telur sampai bahan tersebut mengembang dan berwarna putih. Tambahkan tepung terigu, baking powder, dan garam secukupnya. Aduklah dengan melipat sampai seluruh bahan merata. Masukkan pisang halus, kemudian aduk kembali sampai tercampur rata dengan semua bahan.
– Jadikan adonan menjadi 2 bagian. Adonan yang pertama bisa ditambahkan dengan coklat pekat serta pasta cokelat. Lalu aduk menggunakan spatula sampai semuanya bisa tercampur. Masukkan didalam loyang loaf / tempat tahan panas dengan sebelumnya sudah dioles margarine serta berikan alas kertas roti. Masukkan kedalam panci kukusan sampai adonan setengah matang ( sekitar 15 menit ).
– Kemudian untuk adonan kue brownies kedua bisa anda tambahkan dengan coklat putih leleh dengan keju chedar yang sudah dicincang. Aduklah sampai semua bahan tercampur dengan rata.
– Tambahkan adonan ini diatas adonan yang pertama. Kukus lagi sampai semuanya matang sekitar 30 menit.
– Setelah matang angkat adonan kue.
– Sediakan wadah datar, keluarkan brownies dengan cara membalikan cetakan, kemudian setelah dingin iris brownies tersebut.
– untuk topingnya, taburi diatasnya dengan keju cheddar parut serta trimit. Nah, kue brownies siap disajikan.

Untuk pilihan pisang yang digunakan sebagai bahan dasar, anda bisa menggunakan pisang raja atau pisang ambon ( sesuai dengan selera ). Untuk kreasi brownies yang lebih lezat selanjutnya, silahkan simak resep berikut ini.

Resep Brownies Fruity Mix

Brownies Fruity Mix

Banyak sekali masakan kue yang menggunakan buah kalengan untuk mempercantik hidangan kue tersebut. Anda juga bisa mengkreasikan buah kaleng ini untuk tampilan indah kue brownies yang selanjutnya.

Cocktail buah, maupun buah kalengan sekarang ini sangat disukai oleh masyarakat karena ada berbagai jenis buah eksotis yang berkualitas di dalamnya. Biasanya buah ini dikemas berbentuk potongan, maupun direndam dalam sirup khusus yang membuat buah ini lebih awet.

Anda juga bisa membuat sendiri cocktail tersebut maupun mencarinya di pasaran yang sudah dikemas. Varian buah yang ada juga bermacam macam misalnya leci, nanas, rambutan, ceri, pir, pepaya, pir, dan juga buah tropis nikmat lainnya.

Selain itu, buah kalengan tersebut juga bisa dikonsumsi secara langsung serta mencampurkannya didalam minuman segar, kue, ataupun puding. Nah, anda juga bisa memadukan kelezatan buah kaleng tersebut dengan resep brownies kukus fruity mix. Untuk langkah langkah dan bahan yang dibutuhkannya, anda bisa simak ulasan berikut ini:

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
– Tepung terigu rendah protein 250 gr
– susu bubuk 25 gr
– coklat bubuk 1 sendok makan
– vanili bubuk ½ sendok teh
– kuning telur 8 butir
– putih telur 3 butir
– gula pasir 225 gr
– SP 1 sendok teh
– margarine 150 gr ( dikocok sampai lembut )
– coklat masak pekat 100 gr yang dilelehkan
– coklat pasta 1 sendok teh
– berbagai manisan buah 250 gr (mix fruit) atau cocktail buah.

Langkah dan cara membuat resep brownies kukus fruity mix:
– Langkah pertama ayak terlebih dahulu tepung terigu, vanili dan susu bubuk. Sisihkan.
– Kocoklah campuran bahan telur, SP, dan gula pasir sampai berwarna putih dan berbuih. Tuangkan tepung terigu sedikit (sisakan sedikit sebagai pelumur buah campur).
– Masukkanlah buah campur (sudah dilumuri dengan sisa tepung). Kemudin aduk hingga semua bahan tercampur rata.
– Tuangkan margarin yang sudah dikocok, dengan cokelat masak yang sudah dilelehkan serta cokelat pasta. Kemudian aduk sampai semuanya tercampur rata. Masukkan adonan di dalam loyang yang berukuran 12x20x5cm (oles terlebih dahulu dengan margarin tipis-tipis, serta alasi dengan kertas roti).
– Masukkan di dalam kukusan dandang ( terlebih dahulu panaskan sekitar 25 menit hingga matang lalu angkat).

Untuk menentukan manisan buah ataupun cocktail buah kalengan, perhatikan secara baik baik tanggal kadaluarsa pada kaleng buah tersebut. Agar buah tersebut aman dikonsumsi. Anda bisa menyajikan brownies kukus ini untuk keluarga tercinta.

Beberapa resep brownies kukus diatas memang sangat mudah dibuat. Bagi anda yang punya hobi memasak, beberapa resep diatas sangat cocok anda jadikan pilihan. Untuk mengkreasikan resep brownies kukus diatas, anda bisa menambahkan topping sesuai selera anda. Selamat mencoba.