6 Resep Bolu Kukus Sederhana Mekar Merekah

Resep Bolu Kukus

Waktuku.comResep bolu kukus memang sangat bermacam-macam. Banyak sekali jenis bolu kukus dengan rasa yang bervariasi dan sangat lezat rasanya. Anda bisa membuat resep ini dirumah dengan melihat beberapa pilihan resep berikut ini.

Kue bolu kukus yang biasa dikenal ialah bolu kukus coklat, bolu kukus gula merah, dan masih banyak kue bolu kukus dengan cara pembuatan yang sangat mudah. Kue bolu bisa anda jumpai di pasar tradisional dengan warna warni yang sangat menarik dan lezat rasanya.

Jika anda menyukai jajan pasar ini, tidak ada salahnya jika anda belajar membuatnya dengan memilih kue bolu kukus yang paling anda sukai berikut ini.

Apa Bahan Bahan Resep Bolu Kukus

Resep Bolu Kukus Mandarin

kue bolu mandarin

Resep yang pertama ialah kue bolu kukus mandarin. Anda biasa menjumpai kue bolu kukus ini di Solo. Meskipun kue ini berasal dari Solo, namun kue ini sudah banyak dijumpai di daerah daerah lain.

Cirri khas kue bolu kukus ini ialah berwarna kuning dan coklat dengan bagian tengah yang dilapisi oleh selai nanas. Jika anda salah satu penggemar kue bolu kukus, tidak ada salahnya jika mencoba resep bolu kukus mandarin berikut ini.

Waktu persiapan yang anda habiskan untuk menyiapkan bahan-bahan sekitar 20 menit. Sedangkan waktu memasak sekitar 15 menit. Total waktu yang anda butuhkan untuk membuat kue bolu mandarin ini sekitar 35 menit bisa lebih. Saran penyajian untuk takaran berikut ini ialah 8 potong kue.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
– 8 butir telur ambil bagian kuningnya
– 2 butir telur ayam
– 1 sendok the SP ( cake emulsifier )
– 125 gr tepung terigu
– 25 gr tepung maizena
– 50 ml santan kental ( 1 butir kelapa )
– coklat pasta sesuai selera
– 150 gr gula pasir
– 50 ml susu cair

Cara membuat resep bolu kukus mandarin:
– Langkah pertama kocok semua telur, gula pasir, dan SP sampai berwarna putih mengembang.
– Tuangkan tepun terigu dan juga maizena.
– Tambahkan santan dan susu perlahan sembari diaduk sampai rata
– Sisihkan 1/3 bagian adonan untuk ditambahkan coklat pasta lalu aduk rata.
– Masukkan ½ sisa adonan berwarna kuning pada cetakan beroles margarine tunggu sekitar 5 menit. Kemudian tuangkan lagi adonan coklat tadi kukus sampai 5 menit. Tuangkan sisa adonan lalu kukus sampai matang sekitar 10 menit. Setelah matang, angkat dan sajikan.

Sebaiknya tepung terigu yang dipilih ialah yang rendah protein. Tujuannya agar bolu yang anda buat bisa lebih empuk. Ketika mengukus, jangan sampai anda membuka tutupnya karena bisa membuat bolu kukus tersebut tidak bantat. Hindari juga mengukus dengan nyala api yang besar. Hal ini karena bisa membuat permukaan bolu menjadi bergelombang.

Apabila anda lebih menyukai kue bolu dengan lapisan selai, pangganglah lapisan bolu tersebut dengan terpisah. Anda bisa melapisi bolu coklat buatan anda dengan selai selera anda bisa selai dari nanas ataupun strawberry. Selanjutnya tumpuklah lapisan tersebut dengan bolu kuning. Setelah matang, bisa disajikan ketika sudah dingin.

Masih ada kreasi bolu kukus lain yang bisa anda buat sendiri dirumah. Berikut ini resepnya.

Resep Bolu Kukus Coklat (Brokus)

bolu kukus coklat

Salah satu kue bolu yang menjadi primadona masyarakat bandung ialah bolu kukus coklat. Resep ini banyak dikreasikan dengan tambahan beberapa bahan yang menjadikannya lebih nikmat dan lezat. Kue ini juga banyak dijumpai dipasar tradisional yang menyediakan berbagai macam jajanan pasar.

Untuk membuat kue bolu kukus coklat dirumah, anda membutuhkan waktu sekitar 45 menit dengan langkah yang sederhana dan mudah. Siapa saja bisa membuatnya dengan panduan resep berikut ini.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
– 125 gr coklat masak pekat yang di lelehkan
– 50 ml minyak salad / minyak goreng
– 50 gr margarine, lelehkan juga
– 50 ml susu kental manis
– 4 butir telur ayam
– 180 gr gula pasir
– 1 sendok teh SP
– 100 gr tepung terigu rendah protein
– 1 sendok makan coklat bubuk
– 1 sendok makan coklat pasta

Cara membuat resep bolu kukus coklat:
– Langkah pertama campurkan minyak, coklat, margarine, serta susu kental manis yang sudah disediakan. Aduklah sampai rata kemudian sisihkan.
– Kocoklah gula, telur dan juga SP sampai berwarna putih dan berbuih
– Tuangkan campuran coklat bubuk dengan terigu sambil aduk sampai rata
– Masukkan coklat masak pekat secara perlahan dan aduk kembali sampai berpadu dan rata.
– Masukkan adonan pada Loyang yang berukuran 20 x 20 diberi alas kertas roti yang sudah diolesi dengan margarine.
– Kukuslah adonan sampai matang selama 30-40 menit. Tunggu sampai matang dan mengembang.
– Setelah itu, angkat dan dinginkan.

Bolu kukus coklat siap dihidangkan dalam keadaan dingin. Jangan lupa untuk menyajikan kue ini untuk keluarga tercinta anda. Jika ingin lebih awet, bisa menyimpannya di lemari es. Sebagai tambahan, anda juga bisa menaburkan keju, coklat leleh, maupun buah dan topping lain sesuai selera anda.

Untuk resep kue bolu kukus selanjutnya, anda bisa langsung simak ulasan berikut ini.

Resep Bolu Kukus Gula Merah

resep kue bola gula merah

Bolu kukus yang banyak anda temukan sekarang ini ialah bolu kukus gula merah. Sebagai pewarna alami yang digunakan ialah gula merah. Jenis gula ini dihasilkan oleh pohon kelapa, siwalan dan juga pohon aren.

Biasanya gula merah digunakan untuk resep masakan bubur, kolak, sambal, atau campuran minuman tertentu. Selain itu, gula aren merupakan proses air legen yang mendidih sampai mengental. Ada yang berbentuk tabung kecil, ada yang berbentuk seperti mangkuk.

Anda juga bisa menggunakan gula merah ini untuk campuran bahan bolu kukus gula merah. Cara membuatnya sangat mudah berikut ini langkah langkahnya.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
– 4 butir kuning telur
– 2 butir putih telur
– 100 gr gula merah ( disisir )
– 50 gr gula pasir
– 1 sendok teh SP
– 100 gr tepung terigu
– 100 ml santan kental
– 3 lembar keju

Cara membuat resep bolu kukus gula merah:
– Langkah pertama kocok beberapa bahan seperti telur, gula pasir, SP, dan gula merah sampai berwarna putih berbuih dan campuran adonan mengembang.
– Tambahkan terigu lalu aduk menggunakan spatula hingga rata tercampur dengan adonan
– Masukkan santan kental kemudian aduk lagi
– Bagilah adonan menjadi 2. Masukkan adonan 1 di dalam Loyang lapis berukuran 22x10x8cm yang sudah dioles dengan margarin serta gunakan kertas roti untuk bawahnya.
– Kukus adonan yang sudah di tuangkan dalam waktu 5 menit kemudian angkat setelah adonan mengembang.
– Tuangkan keju untuk toping di atas bolu sampai tertutup seluruh bagiannya
– Tuangkan lagi sisa adonan kemudian kukus sampai 10 menit
– Angkatlah, potong-potong lalu sajikan dalam keadaan dingin.

Nah resep bolu kukus gula merah siap dihidangkan. Untuk resep bolu kukus selanjutnya, anda bisa langsung simak resep bolu kukus berikut ini. Cara membuatnya juga sangat mudah hampir sama dengan cara cara diatas. Yang membedakan hanya bahan pelengkapnya yang akan menambah kelezatan bolu kukus tersebut.

Resep Bolu Kukus Gulung Pelangi

bolu kukus pelangi

Bolu kukus bukan Cuma dengan bentuknya yang itu itu saja. Ada bolu kukus yang beebentuk gulung yang bisa anda pilih untuk resep pilihan bolu kukus dirumah. Cara membuatnya juga sangat praktis hampir sama dengan resep yang sudah disajikan diatas.

Bolu kukus gulung juga bisa anda jadikan alternative pilihan untuk sajian moment penting anda. Bolu gulung yang dilapisi dengan krim lembut akan membuat siapa saja ingin mencobanya lagi.

Berikut ini akan disajikan resep bolu kukus gulung warna pelangi. Cara membuat warna pelangi pada bolu kukus ini ialah dengan memakai pewarna makanan dengan standar keamanan dikonsumsi.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
– 5 butir kuning telur
– 3 butir putih telur
– 125 gr gula pasir
– 1 sendok the SP
– 75 gr tepung terigu
– 2 sendok makan maizena
– 2 sendok makan susu bubuk
– 75 ml minyak goreng / salad
– Pewarna makanan sesuai selera (merah, kuning, orange, hijau, biru)

Cara membuat resep bolu kukus pelangi:
– Kocoklah seluruh telur yang sudah disediakan, gula pasir, dan juga SP. Tunggulah sampai adonan tersebut berwarna putih dan mengembang.
– Tuangkan maizena, terigu, serta susu bubuk sedikit demi sedikit sambil adonan diaduk agar tercampur semua. Masukkan minyak lalu aduk lagi.
– Bagilah adonan yang dibuat menjadi 6 bagian.
– berikan pewarna makanan pada setiap bagian yang berbeda.
– kemudian masukkan setiap adonan kedalam plastic berbentuk segitiga.
– Semprotkanlah setiap adonan dengan cara berseling di kotak Loyang yang berukuran 22×22 cm. Jangan lupa oles margarine dahulu dan berikan alas kertas roti.
– Sebelumnya panaskan panci pengukur, lalu kukus adonan tersebut sampai sekitar 15 menit atau benar benar matang.
– Setelah matang, angkat lalu lepaskan kertasnya, menggunakan butter cream.
– Selanjutnya gulung lalu padatkan, iris iris dan hias sesuai selera.

Jika anda membuat bolu kukus gulung ini, maka jangan membuat adonan yang terlalu kental atau padat. Hal ini agar adonan yang digulung tidak gampang pecah. Kemudian apabila anda menambahkan pasta di dalam adonan yang sudah jadi, maka aduklah melipat perlahan, hindari terlalu lama supaya volume adonan yang anda buat tetap stabil dan tidak rusak.

Resep Bolu Kukus Ketan Hitam

kue bolu kukus ketan hitam

Resep selanjutnya yang bisa anda buat dirumah ialah bolu kukus ketan hitam. Jika anda masih belum mengetahui ketan hitam, maka wajib coba kuliner lezat berbahan ketan hitam satu ini. Pada ketan hitam mempunyai kandungan serat lebih tinggi daripada ketan putih yang biasa.

Banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh didalam ketan hitam. Sehingga banyak yang mengkonsumsi ketan hitam untuk menjaga kesehatannya. Ada kandungan antioksidan yang terdapat pada ketan hitam sehingga berfungsi untuk menangkal radikal bebas sebagai penyebab penyakit kanker.

Anda juga bisa membuat bolu kukus berbahan utama ketan hitam ini untuk sajian sehat keluarga anda. Cara membuatnya juga sangat mudah. Berikut ini langkah langkahnya.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
– 4 butir telur ayam
– 175 gr gula pasir 175
– ½ sendok the SP
– 100 gram tepung ketan hitam
– 150 gr tepung terigu
– 150 ml santan kental
– 100 gr margarine kemudian lelehkan

Cara membuat resep bolu kukus ketan hitam:
– Langkah pertama kocok terlebih dahulu campuran gula pasir, telur dan SP tunggulah sampai berwarna putih dan mengembang
– Tuangkan tepung ketan hitam dengan tepung terigu lalu aduk sampai melipat dengan gerakan dari atas kebawah.
– Tuangkan adonan tersebut pada cetakan yang sudah dioles dengan margarine atau minyak goreng.
– Kukuslah sampai 20 menit atau tunggu sampai matang.
– Angkat setelah matang dan mengembang, kemudian iris iris lalu sajikan.

Sebelum anda memasukkan adonan, pastikan untuk mengayak tepung terlebih dahulu agar adonan yang anda buat halus. Masukkan secara perlahan tepung ketan hitam saat anda memasukkanya saat adonan telah mengembang sambil diaduk dengan spatula yang caranya melipat, tidak diaduk. Tujuanya ialah supaya volume udara pada adonan buatan anda tetap terjaga setelah terbentuk.

Resep Bolu Kukus Tiramisu

kue bolu tiramisu

Resep yang tak kalah lezat selanjutnya ialah resep bolu kukus tiramisu. Kue tiramisu biasanya dibuat dari bahan sponge cake serta roti lady finger yang berlapis krim dengan ditaburi toping berupa bubuk kopi.

Nah, anda juga bisa mengkreasikan kue bolu kukus dengan tiramisu sehingga menjadikan kue bolu buatan anda semakin lezat dan nikmat. Jika anda penasaran bagaimana cara membuatnya, simak ulasan berikut ini.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
– 4 butir telur ayam
– 150 gr gula pasir
– 1 sendok the SP
– 150 gr tepung terigu
– 50 gr margarine, lelehkan
– 1 sendok teh esens tiramisu
– 50 ml susu cair
– 1 sendok makan kopi instan, yang sudah dilarutkan pada susu hangat 50 ml

Bahan untuk lapisan:
– 50 gr coklat masak pekat
– 50 ml krim
Cara membuat resep bolu kukus tiramisu:
– langkah pertama kocok dahulu gula pasir, telur, dan SP sampai berwarna putih dan mengembang.
– Tuangkan tepung terigu lalu aduk dengan melipat sampai semua tercampur rata.
– Masukkan margarine cair dengan esens tiramisu kemudian aduk sampai rata.
– Bagilah adonan tersebut menjadi 2 bagian. Untuk adonan yang satu, tambahkanlah susu cair kedalamnya. Sedangkan adonan satunya larutkan dengan kopi yang sudah disiapkan tadi. Aduk sampai tercampur rata.
– Tuangkan adonan yang dicampur susu didalam loyang yang berukuran 22 x 22 cm dan beralas kertas roti yang sudah dioles dengan margarin.
– Selanjutnya panaskan terlebih dahulu panic yang digunakan untuk mengukus. Setelah panas, kukus adonan tersebut sekitar 5 menit. Tuang adonan kopi yang sudah anda buat tadi diatasnya. Lalu kukus lagi sampai 10 menit.
– Setelah matang, angkat lalu dinginkan.
Untuk lapisan: tim saja coklat masak serta krim sampai menjadi ganache. Setelah selesai, oles kue kukus yang sudah jadi dengan ganache, iris setelah beku dan hiaslah. Kue bolu kukus tiramisu siap disajikan.

Untuk membuat Ganache anda tinggal mengaduk sampai coklat ganache halus serta mengkilat. Apabila anda ingin mendapatkan hasil yang lebih halus serta mengkilat, maka tuangkan ganache encer di atas kue kukus tersebut. Untuk meratakannya, gunakan pisau.

Anda juga bisa mendinginkan ganache dalam lemari es kurang lebih ½ jam sebelum anda oleskan. Anda bisa mengolesi bolu menggunakan ganache saat bolu sudah dalam keadaan dingin. Taburi juga dengan gula halus putih serta bubuk kopi untuk menambah nikmat kue tiramisu buatan anda.

Beberapa pilihan resep bolu kukus diatas sangat mudah dibuat. Caranya juga hampir sama, yang membedakan hanya sedikit bahan utamanya. Selamat mencoba resep baru bolu kukus yang nikmat.