Resep Bakso bakar

Waktuku.comResep bakso bakar enak dan gurih, Bakso bakar merupakan jajanan makanan yang saat ini paling digemari oleh masyarakat. Beda halnya dengan bakso yang menggunakan kuah, diberi mie, daun bawang maupun seledri dan tentu diberi pentol baksonya.

Bakso bakar ini merupakan jajanan kreasi sederhana dan cukup populer di Indonesia. Proses pembuatannya pun hampir sama dengan bakso yang diberi kuah, hanya saja yang membedakan yaitu proses pembuatan bakso ini dibakar diatas bara api.

Dibeberapa daerah, bakso bakar biasa Anda jumpai di pusat-pusat keramaian dan juga dibeberapa perumahan. Bahkan diberbagai rumah makan dan restotan sudah ada yang menyajikan menu makanan mereka. Hal ini, dikarenakan bakso bakar mempunyai cita rasa dan proses pembuatannya yang berbeda.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena bakso bakar juga bisa dibuat di rumah sendiri. Kali ini Waktuku akan memberikan resep bakso bakar ini untuk Anda semua. Siapkan dahulu semua bahan-bahannya ya.

Resep bakso bakar enak dan gurih:

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

50 gram tepung sagu

500 gram daging sapi cincang
1 butir telur ayam
Air bersih secukupnya untuk memasak pentol bakso pertama

Bumbu halus yang dibutuhkan:

1 sdm merica bubuk
Bawang putih secukupnya
1/2 sdt biji pala
1/4 sdt bubuk kaldu padat rasa sapi
Garam dapur dengan kandungan yodium sedang secukupnya

Bahan-bahan untuk olesan bakso bakar:

Margarin secukupnya
Kecap manis secukupnya
Cabe rawit secukupnya diiris-iris

Bahan-bahan pelengkap:

Acar timun
Wortel yang sudah dipotong-potong secukupnya
Nasi atau lontong atau ketupat
Sambal kacang secukupnya

Cara membuat bakso bakar:

1. Langkah pertama siapkan wadah, lalu masukkan semua bahan bakso dan campurkan dengan semua bumbu halus kecuali air. Aduk-aduk adonan hingga tercampur secara merata dan adonan bisa dibentuk-bentuk.

2. Adonan yang tadi sudah diolah, kemudian dibanting-banting dan dibolak-balik hingga adonan lunak dan lembut.

3. Kemudian adonan dibentuk menjadi bulatan-bulatan berukuran sedang atau sesuai selera Anda. Lakukan hal dan ulangi proses yang sama, hingga semua adonan dibentuk.

4. Lalu siapkan panci untuk merebus air, tuangkan air ke dalam panci secukupnya, rebus air hingga panas. Setelah itu, masukkan adonan pentol bakso tadi ke dalam rebusan air, masak hingga pentol bakso matang. Adonan akan matang jika sudah mengambang di permukaan rebusan air.

5. Jika dirasa sudah matang, kemudian angkat dan tiriskan adonan bakso terlebih dahulu.

6. Kemudian, tusuk semua bakso yang sudah direbus tadi menggunakan tusuk sate. Aturlah jumlah bakso yang akan ditusuk agat rapi dan jumlahnya pas.

7. Setelah semua bakso di tusuk, kemudian oleskan kecap, atau juga bisa menggunakan kecap dan sambal pada setiap bulatan bakso yang tadi sudah ditusuk.

8. Lalu, bakar pentol bakso diatas bara api, bolak balik bakso agar matangnya rata. Setelah matang, angkat dan tiriskan bakso bakar diatas piring. Kemudian, tambahkan pelengkap acar, lontong, dan sambal kacang.

Dengan resep bakso bakar diatas, kini Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Hidangan bakso ini, cocok dihidangkan ketika ada acara penting seperti hajatan, arisan, acara keluarga, syukuran, dan hidangan ini juga bisa menjadi menu hidangan buka puasa Anda dan tentunya sangat enak jika dilengkapi dengan sambal dan juga nasi, lontong, maupun ketupat. (inh/kulinersehat)