Ramadan, PT KAI, PT Kereta Api Indonesia

Waktuku.comPT KAI atau PT Kereta Api Indonesia (Persero) mulai menjual tiket kereta api tambahan dengan rangkaian kereta premium hari ini, Rabu (14/6/2017). VP Public Relations PT KAI, Agus Komarudin mengatakan ada empat kereta untuk layanan premium ini.

Kereta tersebut diantaranya, Mataram Premium relasi Pasar Senen – Lempuyangan dan sebaliknya, juga Gayabary Malam Selatan Premium relasi Pasar Senen – Surabaya Gubeng dan sebaliknya.

Slain itu, Tawangjaya Premium relasi Pasar Senen – Semarang Poncol dan sebaliknya, serta Mantab Premium relasi Pasar Senen – Madiund dan sebaliknya.

Menurut Agus, semua kereta akan mulai beroperasi pada 15 Juni 2017.

“Khusus KA Tawangjaya Premium, pemudik baru bisa merasakan ‘hangatnya’ kursi kereta pada 20 Juni 2017,” ucapnya, Rabu (14/6/2017). Dikatakan hangat karena kereta premium ini baru saja diproduksi PT Inka dan diserahkan kepada PT KAI.

Kereta premium memiliki fasilitas berbeda dari kereta biasa. Kereta tersebut memiliki tempat duduk yang sudah reclining. Ada pula televisi pada tiap kereta sebanyak empat unit dan interior kereta makan dengan desain mini bar.

Menurut Agus, kereta premium yang akan beroperasi terdiri dari delapan unit kereta, dengan masing-masing kapasitas mencapai 80 tempat duduk.

Selain itu, terdapat pula dua unit kereta untuk penumpang dengan keterbatasan fisik yang mencapai kapasitas 64 tempat duduk pada tiap kereta.

Total kapasitas dalam setiap kali perjalanan adalah 768 kursi. Sementara untuk total kapasitas kereta tambahan ekstra ini sebanyak 6.144 kursi.

Agus juga menambahkan sebanyak 46 perjalanan kereta tambahan Lebaran 2017 akan dioperasikan setiap hari pada masa Lebaran.

Jadwal Keberangkatan

Keberangkatan dimulai pada 15 Juni – 11 Juli. Total perjalanan kereta tambahan setiap harinya berjumlah 379 perjalanan.

Jumlahnya naik dari perjalanan reguler setiap harinya yang hanya 333 perjalanan. Dengan kereta tambahan, kapasitas tempat duduk bertambah sebanyak 21.860 kursi perhari.

Selama masa angkutan lebaran PT KAI menyiapkan 13.400 kursi kereta argo, 6.300 kursi eksekutif dan 25.342 kursi campuran eksekutif bisnis, serta 4.764 kursi bisnis.

Selain itu, terdapat juga 48.084 kursi kereta ekonomi jarak jauh, 87.772 kursi kereta ekonomi lokal da 14.452 kursi idel rangkaian.