Profil Lengkap dan Biodata Zainuddin Nafarin, Pendiri SmadAV

Zainuddin Nafarin, Pendiri SMADAV

Waktuku.comZainuddin Nafarin, biasa dikenal STC atau Zai. Ia merupakan penemu antivirus lokal Smadav, ia adalah murid Sekolah Menengah Umum 2 Pahandut di tahun 2006.

Smadav tercipta bukan karena ia cinta almamater, melainkan karena awal mulanya, secara tidak sengaja, ia mengenal Visual Basic di laboratorium komputer SMAN 2 Palangkaraya pada pertengahan tahun 2006.

Setelah itu, Zainuddin Nafarin mulai mencoba untuk mempelajarinya, dan beberaoa bulan setelah itu, terciptalah Smadav v1.0.

Akan tetapi, dikarenakan kesibukannya dalam Olimpiade Matematika tersebut, akhirnya pengembangan Smadav ditunda sampai diselesaikan pada tahun 2008.

Smadav ini pertama kali diciptakan di kota Palangkaraya, akan tetapi lokasi pengembangannya lebih memakan tempat di daerah Jogjakarta dikarenakan kesibukannya kuliah di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Gadjah Mada.

Smadav mulai ia kembangkan pada Oktober 2006. Sejak ada beberapa temannya yang meminta Zainuddin agar membersihkan komputernya dari virus-virus lokal yang cukup menjengkelkan.

Padahal, Zainuddin sendiri juga masih cukup awam perihal virus lokal pada saat itu. Ada 2 yang membuatnya jengkel, pertama virus lokalnya sendiri.

Kedua, karena Zainuddin Nafarin harus datang ke rumah masing-masing teman Zainuddin Nafarin itu untuk membantu membersihkan virus lokalnya di komputernya secara manual.

Karena hal tersebutlah, mau tidak mau ia harus mau agar teman Zainuddin Nafarin tetap terbantu dan Zainuddin pun tidak perlu repot lagi, sejak saat itulah Zainuddin mulai mengembangkan aplikasi Smadav.

Asal Nama SmadAV

Zainuddin Nafarin menamakannya SmadAV, karena SMA Zainuddin Nafarin adalah SMAN 2 Palangkaraya, biasa dipanggil Smada.

Jadi, SmadAV itu diamil dari kata Smada + AV (Smada Antivirus). Ia mengambil kata Smada karena Zainuddin baru mulai mempelajari programming sejak awal kelas XI.

Zainuddin Nafarin mengembangkan SmadAV sejak Oktober 2006, hingga akhirnya berhenti pada Mei 2007 dan dimulai lagi sekarang. Karena pada Mei 2007, ia mengikuti olimpiade matematika tingkat Provinsi.

Ia berpikir untuk sementara berkonsentrasi penuh pada Olimpiade. Akan tetapi, karena Zainuddin lolos lagi sampai tinngkat Nasional, ia pun harus berkonsentrasi hingga Oktober 2007.

Setelah berakhir, Zainuddin pun berpikir belum memungkinkan untuk kembali mengembangkan SmadAV, karena waktu itu Zainuddin harus kembali bersiap-siap menghadapi ujian nasional.

Setelah semua berakhir, akhirnya Zainuddin mendaftar dan diterima di UGM jurusan Matematika, Zainuddin Nafarin pikir saat inilah waktu yang tepat untuk mengembangkan SmadAV.