Penyebab Kanker Payudara Gejala Awal

Penyebab Kanker Payudara

Waktuku.com – Penyebab Kanker Payudara – Kanker payudara adalah jenis kanker yang menyerang organ payudara seseorang. Hal ini terjadi karena sel dalam payudara membelah serta tumbuh diluar kendali. Kanker jenis ini merupakan salah satu jenis kanker yang paling banyak diderita, terutama kaum wanita. Wanita memiliki resiko yang cukup besar untuk terkena kanker payudara. Namun, hal ini juga tidak menghilangkan kemungkinan bahwa pria juga bisa terserang penyakit kanker payudara ini.

Kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker yang sulit untuk disembuhkan. Disamping itu, kemungkinan penderita untuk sembuh juga bisa dibilang sangat kecil. Dengan demikian wajar pabila kanker payudara sangat ditakuti oleh masyarakat. Walaupun demikian bukan berarti bahwa kanker payudara tidak bisa disembuhkan sama sekali.

Simak juga: Mengobati Kanker Payudara

Jumlah penderita dari kanker ini bertambah setiap tahunnya. Disamping itu, angka prevalensi kanker pada setiap gender juga berbeda. Berdasarkan data Globocan 2012 kanker payudara telah menempati posisi pertama dengan persentase kasus 43,1% dan juga persentase kematian 12,9%. Hal ini tentu menunjukkan bahwa kanker payudara adalah momok yang paling menakutkan untuk para wanita.

Faktor Penyebab Kanker Payudara

cara mencegah kanker payudara

Ada banyak faktor Penyebab Kanker Payudara yang diduga bisa memicu tumbuhnya sel kanker dalam organ payudara. Faktor-faktor tersebut telah digolongkan menjadi dua faktor utama, yaitu faktor yang tidak bisa dikendalikan dan faktor yang bisa dikendalikan. Berikut faktor-faktor resiko penyebab kanker payudara beserta penjelasannya:

A. Faktor yang tidak bisa dikendalikan

Faktor yang tidak bisa dikendalikan merupakan faktor resiko bawaan sejak lahir dan tidak bisa diubah seperti:

1. Riwayat keluarga

Wanita yang mempunyai anggota keluarga yang pernah menderita penyakit kanker jenis ini mempunyai resiko yang lebih besar untuk terserang. Apabila seorang wanita mempunyai ibu, bibi ataupun saudara perempuan yang menderita kanker payudara, maka ia juga akan mempunyai resiko 2 kali lipat untuk menderita kanker payudara. Sementara itu juga resiko untuk generasi selanjutnya. Misalnya apabila wanita tersebut mempunyai anak, maka anak dari wanita tersebut mempunyai resiko 3 kali lebih besar dari pada ibunya.

2. Genetik

Genetik juga menjadi salah satu faktor Penyebab Kanker Payudara. Sekitar 5% hingga10% dari penderita kanker payudara muncul karena faktor genetik. Tubuh manusia normalnya mempunyai gen yang bisa mengendalikan pertumbuhan tumor yang disebut dengan Gen BRCA1 dan  juga BRCA2. Jika gen ini rusak ataupun bermutasi, maka pertumbuhan dari sel menjadi tidak dapat dikendalikan dimana pada akhirnya akan timbul sel kanker.

3. Gender

Gender atau jenis kelamin merupakan salah satu faktor resiko penyakit kanker. Wanita akan beresiko 100 kali lebih besar menderita jenis kanker ini jika dibandingkan dengan laki-laki. Hal tersebut disebabkan karena wanita memiliki payudara yang lebih berkembang dan mempunyai lebih banyak jaringan didalamnya jika dibandingkan dengan pria.

Jaringan yang terdapat didalam payudara pria tidak mengalami pertumbuhan sebagaimana payudara pada wanita. Disamping itu pria tidak mempunyai kadar estrogen dan juga progesteron yang tinggi seperti pada wanita. Kedua jenis hormon ini merupakan salah satu pemicu timbulnya kanker payudara.

4. Riwayat Individu

Wanita yang sudah pernah menderita kanker payudara di salah satu bagian payudaranya, misalnya payudara kiri, maka ia akan beresiko menjalarkan kanker payudara tersebut ke bagian tubuh lainnya. Walaupun sel kankernya sudah diangkat dari jaringan payudaranya, namun tetap saja wanita tersebut tetap beresiko untuk terserang penyakit kanker payudara.

5. Usia

Wanita yang sudah berusia lebih dari 55 tahun akan beresiko lebih besar terserang kanker payudara. Hal tersebut disebabkan oleh kemampuan dari pengendalian sel dan juga fungsi organ tubuh yang menurun sehingga sel bisa tumbuh tidak terkendali.

A. Faktor yang bisa dikendalikan

Faktor yang dimaksud disini adalah faktor yang yang berhubungan dengan pola dan juga gaya hidup dari seseorang. Berikut kami bagikan faktor penyebab kanker apa saja yang bisa dikendalikan, sehingga Anda bisa melakukan pencegahan sejak dini:

1. Kurang Olahraga

Kurang berolahraga merupakan salah satu faktor resiko yang bisa menyebabkan penyakit kanker. Seseorang yang secara rutin melakukan olahraga 4 jam sehari bisa mengurangi resiko terserang penyakit kanker payudara hingga 14%.

2. Makanan

Seseorang dapat terkena penyakit karena  pola makan yang tidak sehat.  Begitu juga kanker, pola makan yang kurang sehat bisa menjadi faktor Penyebab Kanker Payudara. Kurangnya mengkonsumsi sayuran serta buah – buahan bisa menyebabkan tubuh kekurangan antioksidan sebagai penangkal radikal bebas. Radikal bebas merupakan senyawa yang berbahaya untuk tubuh dan bisa menyebabkan kerusakan sel termasuk dengan gen BRCA1 dan BRCA2.

3. Alkohol

Alkohol merupakan senyawa kimia yang bisa menggangu proses serta fungsi organ tubuh. Wanita yang sering mengkonsumsi alkohol akan beresiko 1 ½ kali lebih besar untuk terserang kanker payudara jika dibandingkan dengan mereka yang bukan peminum.

4. Merokok

Tidak dapat diragukan lagi bahwa merokok adalah perilaku yang dapat menyebabkan banyak penyakit termasuk juga kanker payudara. Rokok memiliki ratusan bahan kimia yang bisa merusak organ serta sel tubuh yang dapat memicu perkembangan sel kanker.

5. Radiasi

Meskipun hal ini jarang ditemukan, radiasi dapat menjadi salah satu faktor penyebab kanker. Radiasi dari sinar X atau yang dikenal dengan rontgen mempunyai kemampuan untuk memicu mutasi pada sel. Hal ini bisa menyebabkan kerusakan sel yang menyebabkan kehilangan kemampuan untuk mengendalikan pembelahan dirinya.

6. Berat badan

Kelebihan berat badan ( kegemukan) juga dapat meningkatkan resiko terserang kanker. Hal ini dikarenakan hormon estrogen yang menjadi pemicu kanker dihasilkan oleh sel lemak. Dengan demikian semakin banyak sel lemak yang terdapat dalam tubuh, maka akan semakin besar pula resiko kanker payudara yang untuk terjadi.

Kanker payudara mempunyai gejala yang khas yang bisa diketahui dengan jelas baik itu dengan cara pemeriksaan payudara sendiri ( SADARI). Salah satu gejala dari kanker payudara yang paling umum adalah berubahnya tekstur dari payudara itu sendiri. Oleh sebab itu, Anda sebagai pemilik payudara tentu harus melakukan pemeriksaan terhadap payudara, untuk mengetahui apakah terjadi perubahan bentuk atau tidak. Itulah beberapa Penyebab Kanker Payudara yang perlu Anda waspadai.