11 Peninggalan Kerajaan Mataram Kuno di Nusantara

Peinggalan Kerajaan Mataram Kuno

Waktuku.com – Belajar mengenai sejarah pastinya menjadi hal yang penting bagi kita. Terlebih jika kita bisa mengenal berbagai macam peninggalan dari sebuah kerajaan. Kali ini kita akan membahas mengenai peninggalan kerajaan Mataram Kuno.

Kerajaan ini berada di Jawa Tengah dimana daerahnya sudah dikelilingi dengan pegunungan. Daerah tersebut bahkan banyak dialiri oleh sungai. Wajar saja jika daerah yang ada di sana terbilang begitu subur.

Kerajaan Mataram Kuno ini sering kali mendapatkan sebutan sebagai Kerajaan Medang. Dimana kerajaan tersebut ternyata mempunyai corak agraris. Telah tercatat ada sekitar 3 wangsa yang sudah menguasai Kerajaan Mataram Kuno ini. Raja pertama dari kerajaan Mataram Kuno adalah Sanjaya. Dimana beliau ini juga pendiri dari Wangsa Saniya. Namun kini sudah wafat dan digantikan oleh Rakai Panangkaran.

Mempelajari Sejarah dari Kerajaan Mataram Kuno

Kerajaan Mataram Kuno ini memang sempat mengalami beberapa kali pergantian istana. hal ini bias terjadi karena adanya bencana alam pada masa itu. Bagaimanapun juga bagi mereka orang aam, sejarah dari kerajaan Mataram Kuno ini seringkali menjadi rancu. Pada dasarnya kerajaan Mataram Kuno ini sama dengan kerajaan Medang. Dimana pusat pemerintahan awalnya berada di Jawa Tengah. Hingga akhirnya berpindah juga ke Jawa Timur.

Sedangkan untuk sistem pemerintahan yang ada di politik istana bias dikatakan sedikit berbeda dengan yang sudah di terapkan oleh para pendahulunya dalam hal sejarah Kerajaan Majapahit. Kini Mataram Kuno sudah menjadi salah satu kerajaan yang terbilang agraris yang sudah meneruskan sebuah tahta dari Kerajaan Kalingga.

Pusat Kerajaan Mataram Kuno ini awalnya berdiri di daerah Mataram. Pada akhir masa pemerintahan Rakai Pikatan berhijrah ke Mamrati. Kemudian hingga saat pemerintahan Dyah Balitung berhijrah lagi ke Poh Pitu. Hingga akhirnya pada zaman Dyah Wawa berpindah kembali ke daerah Mataram.

Setiap kerajaan tentu saja mempunyai sejarah tersendiri mengenai kerajaannya. Bahkan setiap kerajaan juga mempunyai berbagai peninggalan yang perlu kita ketahui. Yang perlu anda ketahui bahwasanya kerajaan Mataram Kuno ini mempunyai dua dinasti yang masih mempunyai ikatan cukup erat yakni dinasti Sailendra dan juga dinasti Sanjaya. Banyak sekali peninggalan yang bersejarah dari kedua kerajaan yang besar ini. Ada beberapa candi yang memang cukup terkenal bercorak Hindu dan Budha. Bukan hanya candi saja yang menjadi sejarah kerajaan Mataram Kuno ini. Namun ada banyak sekali penemuan berupa prasasti yang menjadi sejarah kerajaan tersebut.

Inilah 11 Berbagai Peninggalan Kerajaan Mataram Kuno

Ketika kita sudah mengulas sedikit mengenai sejarah dari kerajaan Mataram Kuno. Kali ini anda juga harus tahu mengenai apa saja peninggalan dari kerajaan tersebut. Salah satu kerajaan besar yang ada di nusantara ini memang mempunyai berbagai peninggalan yang perlu anda ketahui. Inilah berbagai macam peninggalan kerajaan Mataram Kuno. Yakni:

1. Prasasti Kalasan

Prasasti Kalasan
Image by: situsbudaya.id

Kebanyakan dari peninggalan kerajaan Mataram Kuno ini berupa prasasti. Salah satunya yakni prasasti Kalasan, Prasasti ini menjadi salah satu prasasti peninggalan dari Wangsa Sanjaya pada tahun 778 masehi. Prasasti tersebut menggunakan sebuah tulisan dengan huruf Pranagari dan juga bahasa sanskerta. Prasasti ini berhasil di temukan di kawasan Kecamatan Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Hingga saat ini pun prasasti hasil peninggal kerajaan Mataram Kuno ini sengaja di simpan dalam Museum Nasional yang ada di Jakarta.

2. Prasasti Kedu atau Mantyasih

Prasasti Kedu

Prasasti yang satu ini merupakan salah satu peninggalan dari Wangsa Sanjaya pada tahun 907 masehi. Prasasti ini berisikan mengenai daftar silsilah sebuah raja Mataram Kuni sebelum Raja Balitung. Prasasti tersebut kabarnya di temukan di kampung Mateseh, Magelang Utara, Jawa Tengah. Mungkin masyarakat yang berada di sekitar sana tahu tentang prasasti Kedu ini.

3. Prasasti Ratu Boko

Prasasti Ratu Boko
Image by: informazone.com

Tentunya sudah banyak diantara anda yang mendengar nama prasasti yang satu ini. Ternyata prasasti Ratu Boko ini menjadi salah satu peninggalan kerajaan Mataram Kuno. Dalam prasasti tersebut menceritakan tentang kekalahan seorang Balaputradewa saat menghadapi sebuah peperangan dengan saudara sendiri yakni Pramodawardhani. Prasasti ini berhasil di temukan di Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

4. Candi Borobudur

Candi Borobudur

Pastinya banyak diantara anda yang sudah berkunjung atau berwisata ke Candi Borobudur ini. Siapa sangka sebuah candi yang berada di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah ini menjadi salah satu candi hasil peninggalan kerajaan Mataram Kuno. Candi ini merupakan salah satu candi Budha yang sudah didirikan ketika masa pemerintahan Wangsa Syailendra. Para peneliti pun bahkan sempat memperkirakan bahwa candi tersebut didirikan pada tahun 800 masehi.

5. Candi Pawon

Candi Pawon

Lokasi dari candi Pawon ini ternyata tak jauh dari candi Mendut dan juga candi Borobudur. Dalam bahasa Jawa, pawon ini artinya adalah dapur. Namun bukan berarti candi tersebut bermakna candi pawon. Sebab hingga saat ini pun asal-usul dari candi tersebut masih belum diketahui juga.

6. Candi Bima

candi bima
Image by: situsbudaya.id

Candi Bima juga menjadi salah satu hasil peninggalan kerajaan Mataram Kuno. Candi tersebut berada di daerah Kecamatan Batur, Desa Dieng Kulon, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Uniknya lagi candi ini mempunyai sebuah arsitektur berupa bangunan yang terlihat cukup unik. Arsitekturnya ini memang berupa bangunan yang mirip sekali dengan sebuah candi yang berada di India.

7. Candi Arjuna

Candi Arjuna
Image by: pesona.travel

Candi Arjuna ini menjadi salah satu candi yang tergolong mirip dengan candi yang berada di sebuah kompleks Gedong Sanga. Candi ini menjadi salah satu candi yang letaknya berada di kompleks Percandian Arjuna. Candi tersebut memang masuk dalam kelompok candi hasil peninggalan kerajaan Hindu yang berada di dataran Tinggi Dieng.

8. Candi Semar

Candi Semar
Image by: indonesiakaya.com

Tahukah anda ternyata candi Semar ini letaknya saja berhadapan dengan sebuah candi Arjuna. Candi yang satu ini mempunyai bentuk segiempat yang telah membujur ke arah utara selatan. Sedangkan tangga untuk menuju pintu masuk candi pun berada di sisi timur.

9. Candi Sewu

candi sewu

Peninggalan kerajaan Mataram Kuno kebanyakan ternyata berupa candi. Meskipun ada juga beberapa peninggalan yang masih dalam bentuk prasasti. Hingga akhirnya prasasti tersebut di simpan dalam sebuah musim. Candi Sewu yang menjadi salah satu candi Budha ini berada di kawasan sekitar candi Prambanan. Lebih tepatnya lagi berada di Dukuh Bener, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Candi yang satu ini ternyata menjadi candi Budha terbesar nomor dua setelahnya candi Borobudur.

10. Candi Mendut

Candi Mendut
Image by: wikimedia.org

Peninggalan Kerajaan Mataram Kuno tak jauh dari candi. Kali ini ada candi Mendut yang bercorak Budha. Candi yang satu ini letaknya berada di Jalan Mayor Kusen Kota Mungkid, Magelang, Jawa Tengah. Candi tersebut ternyata sudah didirikan saat masa pemerintahannya Raja Indra dari dinasti yang bernama dinasti Syailendra.

11. Candi Puntadewa

Candi Puntadewa

Candi Puntadewa ini juga menjadi salah satu candi hasil peninggalan kerajaan Mataram Kuno. Candi ini letaknya berada di sebuah kompleks candi Arjuna. Dari segi ukurannya saja candi tersebut berukuran kecil namun candi ini juga terlihat begitu tinggi.

Itulah tadi berbagai macam peninggalan Kerajaan Mataram Kuno yang perlu anda ketahui. Setidaknya dengan belajar sedikit mengenai sejarahnya bisa memberikan wawasan lebih luas mengenai kerajaan tersebut. Apalagi jika anda yang sedang belajar tentang sejarah maupun peninggalan dari kerajaan Mataram Kuno ini. Semoga saja informasi yang sudah diberikan ini mampu memberikan manfaat bagi anda.