4 Peninggalan Kerajaan Kediri di Pulau Jawa

Peninggalan Kerajaan Kediri

Waktuku.com – Peninggalan Kerajaan Kediri – Negara Indonesia pastinya menjadi suatu negara dengan banyaknya kepulauan yang sudah tersebar hingga ke seluruh penjuru dunia. Tak heran lagi ada banyak norma, kebudayaan bahkan adat istiadat yang sudah berlaku di lingkungan masyarakat.

Sebelum Indonesia ini menjadi sebuah negara kesatuan NKRI, dulunya Indonesia menjadi wilayah kerajaan. Salah satunya yakni kerajaan Kediri. Memang banyak sekali kerajaan yang tersebar di Indonesia, mulai dari kerajaan dengan corak Hindu, Budha maupun Islam. Kali ini kita akan membahas mengenai sejarah maupun peninggalan Kerajaan Kediri.

Ada salah satu kerajaan dengan corak Hindu yang telah terkenal di Nusantara ini yaitu Kerajaan Kediri. Kerajaan tersebut berada di kota Daha lebih tepatnya lagi sekitaran kota Kediri. Hal ini bisa anda lihat dari prasasti Pamwatan tahun 1042 dari Airlangga.

Mengenal Sejarah Kerajaan Kediri

Sebelumnya kerajaan Kediri ini sudah pecah menjadi dua bagian bahkan mempunyai nama Panjalu yang berada di Daha. Kerajaan Janggala lahir berkat pecahan dari kerajaan Panjalu ini sedangkan untuk Kahuripan menjadi kota lama yang telah ditinggalkan oleh Airlangga. Wilayah dari kerajaan Janggala ini meliputi Pasuruan, Malang, Surabaya bahkan juga sungai brantas. Sedangkan untuk kerajaan Panjalu ini wilayahnya meliputi Madiun dan juga Kediri.

Kerajaan Kediri ini pernah mengalami kehancuran saat pemerintahannya di pegang oleh raja Kertajaya. Sikap sang raja begitu bertentangan dengan kaum Brahmana. Raja Kertajaya sudah menyuruh para kaum Brahmana supaya mereka menyembah dirinya seperti halnya dewa. Namun ternyata aturan yang diterapkan oleh raja Kertajaya ini di tolak oleh kaum Brahmana sebab sudah melanggar agama.

Hingga akhirnya kaum Brahman ini meminta bantuan kepada Ken Arok yang saat itu menjadi pimpinan dari Kadipaten Tumapel untuk menyerang raja Kertajaya. Dari hasil peperangan itu pun akhirnya dimenangkan oleh Ken Arok sehingga kerajaan Kediri ini menjadi wilayah Tumapel hingga akhirnya berganti menjadi Kerajaan Singasari.

Inilah Raja raja Dari Kerajaan Kediri

Sebagai salah satu yang sudah termasyhur di Kediri ternyata sudah diperintah oleh 8 raja mulai dari awal berdirinya hingga pada masa keruntuhannya. Dari beberapa raja ini ada beberapa raja yang sudah mengantarkan kerajaan tersebut hingga mencapai masa kejayaannya. Inilah urutan dari kedelapan raja Kediri yang telah berkuasa pada zamannya, yakni:

1. Raja Sri Jawarsa

Sejarahnya kini bisa anda ketahui dari adanya prasasti Sirah keting dimana sang raja Sri Jawarsa begitu perhatian akan rakyatnua. Hal ini sudah terbukti saat masa pemerintahannya beliau memberikan sebuah hadiah kepada rakyatnya sebagai penghargaan atas semua jasa mereka. Tak hanya itu saja Jayawarsa ini juga akan berusaha untuk tingkatkan kesejahteraan rakyatnya.

2. Sri Bameswara

Ternyata di bawah pimpinannya ada banyak prasasri yang telah tersebar hingga ke daerah Tulungagung maupun Kertosono. Prasasti hasil peninggalan raja Sri Bameswara ini memang lebih banyak memuat hal keagamaan hingga akhirnya melalui prasasti tersebut, kita pun bisa mengetahui keadaan pemerintahan zaman dahulu memang sangat baik.

3. Prabu Jayabaya

Kerajaan Kediri pernah mengalami masa kejayaan saat berada di bawah pimpinan seorang raja Prabu Jayabaya. Ketika itu strategi kepemimpinannya memang berusaha untuk mensejahterakan para rakyatnya. Kerajaan dengan ibukotanya Dahono Puro ini tanahnya terbilang subur sekali apalagi lokasinya berada di bawah kaki gunung Kelud. Berbagai macam tumbuhan pun bisa anda tanam sehingga hasil perkebunan pun bisa melimpah ruah.

4. Sri Sarwaswera

Sejarah mengenai kerajaan yang berada di bawah pimpinan seorang raja bernama Sri Sarwawera ini memang berdasarkan pada prasasti Padelegan bahkan juga prasasti Kahyunan. Sang raja memang sudah dikenal sebagai raja yang taat dalam urusan agama bahkan juga berbudaya. Menurut beliau, tujuan akhir dari hidup adalah pemanunggalan jiwatma dan juga paramatma. Jalan yang utama merupakan sesuatu yang mampu menuju kesatuan. Apabila ada sesuatu yang sudah menghalanginya itu tandanya tidak benar.

5. Sri Aryeswara

Raja Kediri yang satu ini telah berkuasa pada tahun 1171. Hal ini telah terbukti dari adanya prasasti angn 24 Maret 1171. Ganesha menjadi salah satu lambing kerajaan saat berada di bawah pimpinan raja Sri Aryeswara ini. Hanya saja tidak diketahui kapan masa pemerintahan beliau ini berakhir.

6. Sri Gandra

Pada saat masa pemerintahan raja Sri Gandra ini bisa kita ketahui dari prasasti Jaring tahun 1181. Pada saat itu sang raja memang lebih suka menggunakan nama hewan sebagai gelar pangkat seseorang yang ada dalam istana. Nama-nama tersebut tentu saja menunjukkan tentang tinggi maupun rendahnya pangkat yang sudah dimiliki seseorang dalam sebuah istana kerajaan. Seperti halnya nama tikus, kebo maupun gajah.

7. Sri Kameswara

Melalui sebuah prasasti Ceker 1182 sekaligus kakawin Smaradhana tentu saja bisa di ketahui tentang masa kejayaan dari pemerintahan raja Sri Kameswara ini. Beliau ternyata sudah memegang kekuasaan mulai dari tahun 1182 hingga 1185 M. Pada saat itu kerajaan Kediri sudah mengalami perkembangan yang begitu pesat.

8. Sri Kertajaya

Masa pemerintahan raja Sri Kertajaya ini sudah berlangsung mulai dari tahun 1190 hingga 1222 masehi. Saat ini beliau terkenal sekali dengan nama Dandang Gendis. Masa pemerintahan raja Sri Kertajaya ini kestabilan dari kerajaan Kediri semakin menurun. Hal ini dikarenakan hubungannya dengan kaum Brahmana ternyata kurang bagus. Banyak dari kaum Brahmana lari dan meminta pertolongan kepada Ken arok yang menjadi pimpinan Kadipaten Tumapel di kala itu.

Itulah tadi beberapa raja yang sudah menjadi pimpinan kerajaan Kediri mulai dari awal berdirinya hingga keruntuhannya. Memang benar adanya setiap raja membawa pengaruh tersendiri untuk kerajaannya. Karena bagaimanapun juga tidak semua raja bisa menjadi pemimpin yang mampu mensejahterakan rakyatnya.

Peninggalan Dari Kerajaan Kediri

Setelah membahas mengenai sejarah atau bahkan raja yang sudah memimpin kerajaan Kediri ini. Kini sudah saatnya bagi kita mengenal apa saja peninggalan kerajaan Kediri. Memang sudah seharusnya kita pun tahu akan apa saja peninggalan dari kerajaan Kediri ini. Jika anda merasa penasaran, inilah berbagai macam peninggalan kerajaan Kediri. yakni:

1. Candi Penataran

Candi Penataran
Image by: jelajahblitar.com

Candi yang termegah maupun terluas ini berada di propinsi Jawa Timur lebih tepatnya lereng barat daya dari Gunung Kelud sebetah utara dari Blitar. Ketinggiannya sekitar 450 meter dpl. Dari prasasti yang sudah tersimpan pada bagian candi diperkirakan candi tersebut telah dibangun pada saat Raja Srengga dari kerajaan Kediri pada tahun 1200 masehi. Hingga akhirnya berlanjut juga pada masa pemerintahan Wikramawardhana.

2. Candi Gurah

Candi Gurah

Peninggalan Kerajaan Kediri yang satu ini berada di kecamatan Kediri, Jawa Timur. Pada tahun 1957 ini pernah juga ditemukan candi dengan jaraknya 2 km dari sebuah situs Tondowongsi yang akhirnya dinamakan dengan candi gurah. Hanya saja karena masih kurang dana akhirnya candi ini di kubur lagi.

3. Arca Buddha Vajrasattva

Arca Buddha Vajrasattva
Image by: dictio.id

Arca yang satu ini merupakan hasil peninggalan Kerajaan Kediri pada abad ke X/XI. Bahkan hingga saat ini arca tersebut masih menjadi koleksi dari Museum ur Indische Kunst, Berlin-Dahlem, Jerman.

4. Prasasti Galunggung

Prasasti Galunggung

Peninggalan kerajaan Kediri berupa prasasti Galunggung ini mempunyai ketinggian sekitar 160 cm dengan lebar bagian atas 80 cm bahkan lebar bagian bawahnya sekitar 75 cm. Prasasti yang satu ini berada di Rejotangan, Tulungagung. Bahkan menariknya sekeliling prasasti telah banyak tulisan yang menggunakan huruf jawa kuno. Tulisan tersebut sudah berjajar dengan rapi. Totalnya ada sekitar 20 baris yang masih bisa kita saksikan dengan mata.

Itulah tadi beberapa peninggalan kerajaan Kediri yang bisa anda ketahui. Dengan begitu kita pun semakin paham mengenai sejarah maupun apa saja yang sudah menjadi peninggalan dari kerajaan Kediri ini. Semoga saja informasi diatas bermanfaat bagi anda semuanya.