Gejala Penyakit Hepatitis B

Waktuku.com – Pengertian penyakit Hepatitis B adalah infeksi serius pada hati yang disebabkan oleh virus hepatitis B (HBV). Penyakit Hepatitis B ini bisa menyebabkan kondisi akut dan kronis, bahkan penyakit ini bisa menyebabkan nyawa penderitanya berbahaya.

Jika penyakit ini tidak segera diobati atau ditangani, penderita kronis bisa berisiko terkena sirosis, kanker hati atau gagal hati. Penyakit Hepatitis B sulit dikenali karena gejala-gejalanya tidak langsung terasa dan bahkan ada yang sama sekali tidak muncul.

Karena itulah banyak penderita yang tidak menyadari bahwa dirinya telah terinfeksi virus hepatitis. Virus ini biasanya berkembang selama 1-5 bulan sejak terjadi pajanan terhadap virus sampai kemunculan gejala pertama.

Penyakit Hepatitis B merupakan masalah kesehatan dunia, termasuk juga di Indonesia. Organisasi kesehatan dunia atau WHO, memperkirakan lebih dari 680 orang meninggal dunia akibat komplikasi hepatitis B, seperti sirosis dan kanker hati.

Di Indonesia sendiri hasil riset yang dirilis pada 2015, menunjukkan bahwa penderita hepatitis diperkirakan mencapai 28 juta orang, dimana setengah diantaranya berpotensi untuk menjadi kronis, dan 10 persen dari kronis tersebut akan mengalami sirosis atau bahkan kanker hati.

Diagnosis Pada Hepatitis B

Diagnosis pada Hepatitis B dilakukan melalui serangkaian pemeriksaan darah, yakni tes antigen dan antibodi untuk virus Hepatitis B. Serta pemeriksaan darah untuk melihat fungsi hati.

Tes fungsi hati dilakukan untuk memeriksa kemungkinan penderita penyakit lainnya, terutama gangguan di hati. Pada pemeriksaan ini, akan dilihat apakah terdapat peningkatan enzim hati, yang menandakan bahwa hati Anda sedang berada dibawah tekanan atau sedang mengalami gangguan tertentu.

Hepatitis B Akut dan Kronis

Ada dua jenis infeksi Hepatitis B, yaitu Hepatitis B akut dan kronis. Hepatitis B akut adalah yang terjadi dalam waktu singkat, sedangkan Hepatitis B kronis dalam jangka panjang.

Infeksi akut biasanya dialami oleh orang dewasa. Jika mengalami Hepatitis B akut sistem kekebalan tubuh Anda biasanya dapat melenyapkan virus dari tubuh dan Anda akan segera sembuh dalam beberapa bulan.

Sedangkan Hepatitis B kronis, terhadu saat virus tinggal dalam tubuh selama lebih dari 6 bulan. Jenis Hepatitis kronis ini lebih sering terjadi pada bayi dan anak-anak.

Anak-anak yang terinfeksi virus saat lahir berisiko mengalami Hepatitis B empat sampai lima kali lebih besar dibanding anak-anak yang terinfeksi pada saat masa balita. (inh/alodokter)

Dewabet