Pengertian Komunisme: Sejarah, Ciri, Kelebihan dan Kekurangan

Pengertian Komunisme

Waktuku.com – Pengertian komunisme merupakan sebuah ideologi yang lebih menekankan suatu kepemilikan bersama atas alat produksi hingga terbentuk masyarakat yang adil dan makmur. Saat ideologi komunisme ini diterapkan maka tiada lagi yang namanya perbedaan kelas.

Dalam suatu negara yang sudah menganut system pemerintahan ini maka individunya harus tunduk dengan semua kehendak negara. Orang yang sudah menganut ideology ini biasanya sering disebut dengan komunis. Memang penting juga bagi kita mengetahui pengertian komunisme ini. Marilah kita ulas satu- persatu tentang komunisme.

Inilah Sejarah Terbentuknya Komunisme

Setelah kita mengetahui pengertian komunisme tentu saja kita juga harus tahu tentang sejarahnya. Sehingga bukan hanya pengertian komunisme saja yang bisa anda ketahui. Awalnya kemunculan aliran komunisme ini berasal dari negara Jerman . Dimana sistem pemerintahannya ini diperkenalkan oleh Karl Marx.

Beliau memperkenalkan ideologi ini karena dari sisi industry sudah terjadi suatu kesenjangan ekonomi. Karl Marx ini beranggapan bahwa orang yang telah berkuasa secara ekonomi tentu saja menghisap jatahnya manusia lain tanpa adanya batas kemanusiaan. Hingga akhirnya Karl Marx ini mulai bercita-cita menciptakan masyarakat tanpa adanya perbedaan kelas. Karl Marx pun kini sudah mempunyai karya besar yakni Manifesto komunis dan juga Das Kapital.

Seiring dengan waktu yang kian berlalu pengaruh ideologi komunis yang sudah diperkenalkan oleh Karl Mark ini makin berkembang. Hingga akhirnya puncak dari kebangkitan komunisme ini telah terjadi di negara Rusia pada tanggal 7 November 1917. Masa itulah awal berdirinya Uni Soviet dimana telah terbentuk komunisme Internasional. Hal ini mungkin banyak masyarakat yang belum mengetahuinya. Kecualinya bagi mereka yang sudah mengenal sejarah dari terbentuknya komunisme.

Komunisme Internasional ini menjadi salah satu bentuk sistem pemerintahan komunisme yang mencakup wilayah internasional. Tujuan dari pembentukan komunisme internasional ini pastinya supaya setiap orang yang berada di dunia nantinya menjadi komunis. Hingga akhirnya seluruh dunia ini menjadi tak bernegara lagi. Hanya saja setelah terjaidi perang dunia ke dua, popularitas dari komunisme ini kelihatan semakin menurun. Pada akhirnya perang dingin pun mengakibatkan jatuhnya komunisme hingga pembubaran Uni Soviet yang terjadi pada tahun 1991.

Sejak itulah harapan terbentuknya sistem pemerintahan komunisme internasional tak lagi terlihat oleh kita. Meskipun begitu hingga tahun 2005, masih banyak saja negara yang sudah menganut sebuah paham komunisme yakni Korea Utara, China, Laos, Vietnam dan juga Kuba. Ternyata lumayan banyak juga negara yang menganut sistem pemerintahan komunisme ini.

Negara yang Menganut Ideologi Komunisme

Bukan hanya pengertian komunisme saja yang perlu anda ketahui, namun ciri dari pemerintahan komunisme juga penting untuk anda pelajari. Komunisme ini memang bersifat atheis dengan kata lain berdasarkan pada logika sehingga mereka pun tidak mengimani adanya Tuhan. Keberadaan agama dan Tuhan dianggap bisa memberikan pengaruh kepada masyarakat sehingga hal ini sengaja di tolak oleh komunis.

Komunisme tak pernah memandang manusia sebagai individu tetapi memandangnya hanya sebagai masyarakat. Hingga akhirnya setiap orang pun dianggap sama bahkan kerja kerasa maupun usaha yang sudah dilakukan oleh individu ini tidak akan membuatnya lebih unggul dari individu yang lainnya. Dalam ideology komunisme ini, semuanya merupakan milik rakyat dan juga dikuasai oleh pemerintahnya. Sedangkan dari segi politik, komunsime ini sudah menganut sebuah sistem atu partai yakni adanya partai komunis.

Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Komunisme

Supaya paham komunisme ini mampu tersebar hingga ke berbagai wilayah, maka butuh yang namanya pelenyapan dari sebuah paham kapitalisme dengan menggunakan cara revolusi. Selama masa tersebut, pemerintah maupun diktator pun kini diperlukan untuk bisa mencapai tujuan tersebut. Komunisme ini adalah paham yang beranggapan bahwa revolusi memang harus dilakukan terus menerus hingga mampu menguasai seluruh dunia ini.

Kini setelah kita membahas mengenai pengertian komunisme hingga cirinya, sudah saatnya kita bahas tentang kelebihan maupun kekurangannya. Ternyata ada banyak sekali kelebihan dan kekurangan dari ideologi tersebut. Jika anda sudah merasa penasaran sekali. Inilah penjelasannya yakni:

Kelebihan Komunisme

1. Di sini semua orang memang dianggap sama hingga tiada lagi yang akan merasa lebih unggul
2. Semakin mudah dalam mengendalikan angka pengangguran, inflasi bahkan juga keburukan ekonomi. Hal ini bisa terjadi karena pemerintah sudah mempunyai sebuah kekuasaan penuh dalam beragam hal.
3. Jarang sekali terjadi krisis moneter

Meskipun ada beberapa kelebihan yang diusung oleh ideologi komunis. Ternyata ada beberapa hal yang menjadi kekurangan dari sistem pemerintahan komunisme ini. Kali ini lebih banyak kekurangannya jika dibandingkan dengan kelebihan sistem pemerintahan tersebut. Supaya lebih jelas lagi, cermatilah penjelasan di bawah ini:

Kekurangan komunisme

1. Tidak ada lagi yang namanya percaya pada Tuhan
2. Bisa mengurangi sebuah motivasi pada individu supaya lebih baik sebab apapun usaha yang sudah dilakukan, tetap saja kedudukannya sama dengan yang lainnya.
3. Masyarakat kini tidak mempunyai kebebasan
4. Monopoli oleh pemerintah mampu membuat masyarakat merasa rugi
5. Hak Asasi Manusia kini tidak dihargai lagi

Istilah komunisme ini seringkali dicampur dengan Marxisme. Komunisme merupakan salah satu ideologi yang sudah dipergunakan oleh parta komunis yang berada di seluruh dunia. Racikan dari ideologi ini sebetulnya berasal dari sebuah pemikiran Lenin hingga akhirnya sering disebut dengan Marxisme-Leninisme. Dalam komunisme, perusahaan social pun tentu saja harus dimulai dari sebuah peran Partai komunis.

Kemunculan suatu sistem komunisme ini menjadi sebuah koreksi bagi paham kapitalisme pada awal abad yang ke 19. Dimana masa itu banyak kaum buruh maupun petani hanya menjadi bagian dari produksi. Akan tetapi dalam perkembangan yang selanjutnya, muncullah sebuah raksi internal dalam komunisme antara penganut komunis revolusioner dan komunis teori dimana masing-masing kini sudah memiliki teori maupun cara perjuangan yang berbeda.

Indonesia memang pernah menjadi salah satu kekuatan yang besar dari komunisme dunia. Kelahiran PKI yang terjadi pada tahun 1920 an ini menjadi fase paling awal dari dominasi komunsime yang berada pada negara tersebut. Bahkan di negara Asia pun, tokoh komunis Nasional seperti halnya Tan Malaka menjadi salah satu tokoh yang tak bisa kita lupakan semua perjuangannya. Adanya perebutan kekuatan komunisme ini pastinya menjadi perang besar yang luar biasa.

Bahkan di Indonesia pun segala perubahan komunisme terjadi dengan adanya sebuah insiden berdarah. Bahkan yang lebih mengerikan adalah adanya pembantaian yang bisa mengakibatkan banyaknya korban jiwa. Sungguh mengerikan sekali sistem pemerintahan komunis ini. Semoga saja idoelogi ini tak akan pernah kita jumpai lagi. Sebab banyak kekurangan dari sistem pemerintahan ini.

Selain itu, dampak buruk pun bakalan terjadi jika ideology tersebut masih tetap di berlakukan. Itulah tadi serangkaian penjelasan mengenai pengertian komunisme, ciri , kelebihan bahkan kekurangannya. Semoga saja berdasarkan dengan semua informasi tersebut bisa memperluas wawasan anda mengenai komunisme ataupun sistem pemerintahan komunisme ini.

Jika ada pertanyaan mengenai pengertian komunisme, anda tak akan lagi merasa bingung untuk menjawabnya. Memang ideologi yang satu ini tak ada lagi dalam negara kita. Apa jadinya jika sistem pemerintahan ini masih berlaku, pastinya banyak kerugian yang dialami masyarakat.