Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli Secara Umum dan Lengkap

Pengertian Administrasi

Waktuku.com – Pengertian Administrasi – Mereka yang kerjanya di sebuah perusahaan tentu saja sangat erat kaitannya dengan yang namanya sistem administrasi. Karena dari beberapa hal yang berkaitan langsung dengan sistem administrasi, akan membuat pengelolaan data menjadi lebih lengkap dan bisa dijadikan bukti sebagai pertimbangan dari pekerjaannya.

Di dalam pengertiannya, admisnistrasi dapat disimpulkan sebagai salah satu bentuk usaha yang berkaitan erat dengan semua aturan kebijakan supaya mampu mencapai tujuan dan target sebuah organisasi. Jika disimpulkan, administrasi merupakan hal yang sangat penting dan krusial bagi Seluruh aktivitas yang terjadi pada sebuah organisasi.

Dalam pengertian secara sempit administrasi juga bisa diartikan sebagai salah satu kegiatan yang berkaitan dengan surat-menyurat, catat mencatat, pembukuan, ketikan dan beberapa kegiatan yang berkaitan langsung dengan teknik ketatausahaan.

Sedangkan dalam pengertian luas administrasi dapat di diartikan sebagai salah satu proses kerjasama yang terjalin antara beberapa orang yang memiliki tujuan untuk mendapatkan target serta memanfaatkan beberapa sarana prasarana yang memiliki nilai guna.

Dari uraian dan pengertian administrasi di atas, dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut ini:

– Administrasi merupakan sebuah proses dan seni. Karena di dalam sebuah administrasi membutuhkan beberapa hal yang bersifat situasional dan kondisi karena hal tersebut memang berkaitan langsung dengan kondisi, situasi, waktu dan tempat yang dibukukan di dalamnya.

– Pada sebuah administrasi banyak terdapat unsur yang mengatur diantaranya, adanya beberapa orang yang saling berkaitan serta bekerja sama, terdapat laporan secara lengkap, adanya tugas dan tujuan dari tersedianya sarana prasarana.

– Administrasi isi di buat sebagai salah satu bentuk adanya peradaban manusia untuk mewujudkan tujuan bersama.

Untuk memperdalam tentang pengertian administrasi, ada beberapa pendapat dari para ahli yang jelaskan secara lengkap tentang definisi administrasi. Berikut ini adalah penjelasannya.

Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli

Beberapa ahli terkemuka mengungkapkan pendapat mengenai apa pengertian administrasi. Berikut ini adalah beberapa pendapat yang bisa dipelajari dan dipahami:

1. George R. Terry

Menurut pandangan George R. Terry, administrasi bisa dijabarkan sebagai salah satu kegiatan pengendalian, perencanaan serta pengorganisasian sebuah pekerjaan yang ada di perkantoran, semoga semua tujuan yang ingin dicapai sebuah kegiatan menjadi lebih jelas dari adanya yang telah ditetapkan dalam administrasi.

2. Arthur Grager

Pandangan dari Arthur Grager, administrasi yaitu semua hal yang berkaitan dengan proses kerjasama di antara beberapa individu atau lebih yang memiliki dasar rasionalitas sebagai salah satu tujuan memperoleh target yang sudah ditentukan pada kesepakatannya.

3. Sondang P. Siagian

Dari pernyataan Sondang P. Siagian, administrasi yaitu semua bentuk kerjasama di antara beberapa individu yang memiliki dasar rasionalitas yang sudah dipilih guna memperoleh tujuan sesuai harapan yang telah disepakati.

4. Ulbert

Dalam pandangan Ulbert , administrasi merupakan sebuah susunan atau catatan data yang memuat informasi secara sistematis, baik semua hal yang berkaitan dengan internal dan eksternal sebagai salah satu usaha untuk menyediakan keterangan sehingga semakin memudahkan beberapa hal yang ingin dicapai. Dia menyimpulkan jika administrasi merupakan sebuah hal yang berkaitan dengan tata usaha.

5. Willam Lefffingwell dan Edwin Robinson

Menurut pandangan Willam Lefffingwell dan Edwin Robinson, administrasi dapat diartikan sebagai salah satu bagian penting dari Ilmu manajemen yang kaitannya sangat erat dengan pelaksanaan sebuah pekerjaan di kantor yang berjalan secara dan harus digunakan sebagai bukti keberhasilan dari target yang sudah terlaksana.

Unsur Unsur Administrasi

Setelah anda memahami pengertian administrasi dari pengertian umum dan pendapat beberapa ahli, anda juga harus mengetahui unsur-unsur yang ada di dalamnya. Berikut ini adalah unsur-unsur ada di dalam sistem administrasi.

1. Organisasi

Sebagai salah satu faktor penting untuk pelaksanaan sebuah administrasi, organisasi merupakan salah satu hal yang harus ada di dalam sebuah sistem administrasi. Karena hal tersebut merupakan sebuah tempat dari berjalannya administrasi tersebut. Sebagai orang yang bergerak dalam bisnis, semua orang yang bekerja memang harus bisa dihimpun dalam sebuah wadah yang dinamakan organisasi.

2. Manajemen

Manajemen merupakan sebuah alat utama yang sekaligus sebagai pelaksana di bidang administrasi. Di dalam sebuah manajemen terdapat pengatur, manager, penggerak dan juga tenaga operasional. Selain itu manajemen juga dibagi menjadi tiga hal yaitu middle management, lower management dan top management.

3. Komunikasi

Pola komunikasi yang terdapat di Sebuah departemen juga sangat dipengaruhi oleh administrasi yang berjalan baik. Karena setiap departemen tentu saja membutuhkan surat dan warta sebagai sarana komunikasi.

4. Kepegawaian

Administrasi juga langsung berkaitan data kepegawaian. Hal tersebut memang menjadi salah satu bagian dari adanya tenaga kerja. Di dalamnya terdapat administrasi penerimaan, pendayagunaan, penempatan kerja dan juga pemberhentiannya.

5. Keuangan

Administrasi juga dipakai untuk pembiayaan kontrak dari kerjasama departemen satu dengan lainnya. Hal ini juga berkaitan langsung dengan bagaimana cara memperoleh dana sampai sistem pertanggungjawaban.

6. Perbekalan

Hal tersebut berkaitan langsung dengan proses pengadaan barang, penyingkiran dan juga penyimpanan barang. Karena dari adanya administrasi bisa diketahui apakah barang memang layak dipakai atau tidak.

7. Tata usaha

Pada sistem tata usaha administrasi sangat dibutuhkan sebagai salah satu bukti kegiatan karena adanya pencatatan, pengiriman dan juga penyimpanan.

8. Public Relation

Antara produsen dan konsumen tentu saja harus ada sistem administrasi untuk menciptakan beberapa aturan.

Jenis Jenis Administrasi

Administrasi perkantoran

Administrasi perkantoran merupakan rangkaian yang dijalankan secara rutin pada sebuah organisasi di mana hal tersebut memang berkaitan erat dengan pengelolaan data serta informasi untuk mendapatkan tujuan secara sistematis.

Diadakannya administrasi pada sebuah perkantoran adalah untuk mendapatkan tujuan bisa berjalan secara efektif efisien serta memiliki syarat secara teknis, ekonomis dan psikologis.
Ruang lingkup yang terdapat di dalam administrasi perkantoran yaitu meliputi aktivitas kantor,sarana dan juga fasilitas kerja di dalam perkantoran.

Administrasi Negara

Administrasi negara merupakan sistem dibuat untuk mengatur semua proses pengelolaan organisasi masyarakat yang meliputi tiga elemen penting di dalamnya yaitu lembaga eksekutif, legislatif dan yudikatif.

Tujuannya adalah untuk memberikan pelayanan secara menyeluruh kepada semua yang membutuhkan dan semuanya untuk kepentingan rakyat.

Administrasi Pendidikan

Administrasi pendidikan merupakan sebuah proses dan juga upaya untuk mendapatkan tujuan pendidikan dari beberapa komponen yang telah tersedia, sehingga perbaikan dari sistem pendidikan yang telah berjalan dapat dimanfaatkan sebagai pendukung semua aktivitas belajar mengajar.

Ruang lingkup administrasi pendidikan meliputi bidang tata usaha sekolah, personalia guru, personalia murid, pelaksanaan dan pembinaan kurikulum, dan bidang pengawasan atau supervisi.

Administrasi Keuangan

Administrasi keuangan merupakan sebuah upaya di dalam mengelola semua aktivitas yang berkaitan langsung dengan sistem keuangan untuk mencapai sebuah tujuan dari organisasi atau perusahaan.

Fungsi yang dapat diambil dari adanya administrasi keuangan semisal untuk investasi, pembelanjaan, mencari dana, dan pembagian laba perusahaan.

Komponen dari administrasi keuangan yaitu perencanaan, penganggaran, pengelolaan, pencairan, penyimpanan, pengendalian dan pemeriksaan.

Bidang Administrasi

Dari semua bidang administrasi di atas terdapat beberapa petugas yang memiliki peran sebagai pengelola administrasi. Berikut ini adalah petugas yang terjun langsung di dalam sistem administrasi.

Sekretaris

Sekretaris merupakan salah satu orang yang bertanggung jawab sebagai salah satu pengelola administrasi. Tanggung jawab dan tugasnya antara lain:

– Memantau langsung kegiatan keuangan dari pimpinan dengan beberapa pihak bank yang berkaitan.
– Rutin membayar rekening pajak dan juga sumbangan dana yang mengatasnamakan pimpinan.
– Mencatat semua kegiatan mencakup kas kecil, keperluan rutin dan beberapa kegiatan lain.

Bendahara

Seorang bendahara atau kasir bertugas sebagai penerima permohonan atas adanya dana baik besar maupun kecil untuk dibukukan ke dalam sebuah laporan. Setelah semua catatan lengkap harus dibuktikan dengan adanya cek atau uang tunai sebagai alat pembayaran.

Manajer Keuangan

Tanggung jawab seorang manajer keuangan yaitu melakukan pemeriksaan kepada semua laporan sudah diterima serta memberikan tujuan atas adanya permohonan yang menyangkut keuangan.

Demikianlah beberapa penjelasan lengkap mengenai pengertian administrasi, jenis dan komponen yang terdapat di dalamnya. Semoga menambah pengetahuan dan memberikan manfaat.