gunung-semeru
Image by:bluetripper.com Ilustrasi Gunung Semeru - Info sementara gunung semeru di tutup.

Waktuku.com, LumajangBambang Susilo Marimin (62) salah satu warga kabupaten Lumajang, Jawa Timur, salah satu dari sekian profesi pengantar rombongan pendaki Gunung Semeru meninggal dunia, di jalur pendakian gunung yang memiliki ketinggian 3.676 MDPL ini.

“Informasi yang kami terima, korban meninggal dunia saat mengantarkan rombongan pendaki di jalur pendakian Simpang Terabasan yang merupakan wilayah kerja resort PTN Ranu pani di Lumajang,”, tutur salah satu kata Humas Balai Besar Taman Nasional Guunung Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Pak Antong Hartadi, seperti yang di lansir dari liputan6.com.

Menurut pengakuan salah satu warga, Bambang Susilo Marimin beserta salah satu rekannya bernama Ulmanur Rofif sedang mengantarkan pendakian ke Ranu Kumbolo pada 29 Oktober 2016, pukul 12.15 WIB.

“Ketika sampai di jalur simpang terabasan (atas kebon cadangan), korban istirahat dan melakukan komunikasi menggunakan handy talky (HT) dengan rekan-rekan yang ada di Pos Ranupani,” tutur Ulmanur Rofif.

Tidak lama sedang mengantar rombongan, tak lama kemudian korban jatuh (Bambang Susilo Marimin), dan di hampiri oleh rekan nya Rofif dan di ajak untuk berkomunikasi namun tidak ada respon sama sekali. 🙁

“Kawan korban sempat mendengar dengkuran, kemudian dilakukan pengecekan nadi dan napas, ternyata sudah tidak dapat dirasakan denyut nadi dan embusan napasnya, serta kondisi mata melotot,” tutur salah satu rekannya Ulmanur Rofif.

Dengan melihat kejadian itu, Rofif akhirnya turun menuju salah satu Pos Ranu Rani untuk melaporkan dan meminta bantuan kepada petugas evakuasi yang di duga rekannya menderita sakit.

“Tim Evakuasi yang terdiri petugas Ranu Pani, porter, saver dan beberapa warga desa setempat langsung menuju lokasi kejadian dan korban dievakuasi menuju Pos Ranu Pani. Mereka tiba di Resort Ranu Pani tersebut sekitar pukul 13.00 WIB,” ungkap Rofif.

Sesampai petugas evakusi sesampai disana, dan kembali ke Pos dan di bawa ke Musholla korban Bambang, meninggal pada pukul 13.20 WIB. Atas permintaan rekan korban Rofif, meminta agar petugas membawakan jenazah agar di bawa ke Lumajang dengan ambulans Desa Ranu Pani.

Data yang di ambil dari TNBTS menunjjukan sebulan terakhir tercata sudah 3 orang meninggal dunia di jalur pendakian Gunung Semeru, Yakn Chandra Hasan (33) yang terselamtkan di kecamatan Cakung, Jakarta Timur meninggal dunia saat mendaki sekitaran blok Ladengan, Gunung Semeru pada Senin malam, 3 Oktober 2016.

Selanjutnya, Sahat M. Pasaribu (23) asal Depok, Jawa Barat meninggal dunia saat mendaki Gunung Semeru dan terakhir Bambang S Marimin.

Dengan keindahan Gunung Semeru yang hampir mencapai 4KM MDPL, untuk melihat keindahan alam nya, memang tidak mudah, harus ada perjuangan yang cukup untuk bisa menikmati hal itu, dengan semangat jiwa Pendaki Indonesia saya yakin, semua akan terbayar jika sudah bisa menikmati keindahan Alam ciptaan Tuhan. 🙂