Pendiri Ruangguru

Waktuku.com – Biografi Singkat Iman Usman Pendiri Ruangguru, Ingin mengetahui siapa yang telah mendirikan perusahaan startup di bidang pendidikan Ruangguru? Ia adalah Muhammad Iman Usman. Berikut ini merupakan biodata Iman Usman pendiri Ruangguru.

Inilah biodata Iman Usman pendiri Ruangguru, Ia lahir di kota Padang 26 tahun silam, tepatnya pada tanggal 21 Desember 1991. Jiwa sosialnya telah muncul ketika ia masih berusia masih kecil. Ia tergerak hatinya ketika masih banyak anak seusianya yang tidak memiliki buku pelajaran. Untuk itu ia memiliki ide untuk menyimpan rak buku di depan teras rumahnya. Hal tersebut ia lakukan agar anak-anak bisa membaca buku.

Selain itu juga ia menerima sumbangan buku-buku dari teman-temannya agar bisa dibaca oleh anak-anak. Dengan idenya tersebut, ia telah mendapatkan penghargaan bergengsi karena telah mempromosikan dan juga memperjuangkan hak-hak anak.

Iman Usman telah mendapatkan beberapa penghargaan diantaranya yaitu ketika ia masih bersekolah di bangku SMA, ia menerima penghargaan sebagai Pemimpin Muda Indonesia tahun 2008 dari Presiden RI dan juga dari United Nations Youth Assembly Recognition on Humanitarian Development, serta penghargaan Mondialogo Junior Ambassador for Intercultural Dialogue oleh DAIMLER dan juga UNESCO.

Selain memiliki jiwa sosial yang tinggi, Iman Usman juga memiliki prestasi yang membanggakan. Iman lulus dari bangku SMA sebagai peraih nilai UN tertinggi pada jurusan IPS di kota Padang. selain itu juga ia meraih penghargaan sebagai siswa berprestasi di provinsi Sumatera Barat pada tahun 2008.

Pada tahun 2009 ia bersama 6 pemuda Indonesia mendirikan Indonesia Future Leaders yang merupakan organisasi pemuda yang bergerak di bidang pemberdayaan pemuda. Selain itu juga Iman mendirikan Parlemen Muda Indonesia yaitu sebuah wadah pendidikan parlementer dan juga politik. dan masih banyak lagi penghargaan-penghargaan yang telah diraih oleh Iman Usman.

Ia melanjutkan pendidikannya ke FISIP jurusan Ilmu Hubungan Internasional di Universitas Indonesia. Ia juga menoreh prestasi yang membanggakan, ia mendapat penghargaan di bidang akademis dan juga non-akademis, diantaranya yaitu ia dinobatkan sebagai Mahasiswa Berprestasi Utama UI tahun 2012.

Kemudian dinobatkan sebagai Mahasiswa Berprestasi Utama Tingkat Nasional pada tahun yang sama. Selanjutnya ia melanjutkan pendidikan di Pascasarjana Columbia University dan lulus dengan IPK 3,990 dan ia mulai aktif bekerja sebagai perwakilan Amerika Serikat pada Yayasan Cinta Anak Bangsa Internasional.

Dan ketika ia telah menyelesaikan pendidikannya di Amerika Serikat, ia mendirikan Ruangguru.com bersama sahabatnya yang bernama Adamas Belva Devera. Ruangguru.com sendiri merupakan sebuah perusahaan digital di bidang pendidikan dan juga teknologi.