7 Contoh Visi Misi OSIS Beserta Program Kerjanya

Visi Misi OSIS
image by: smkn1sanggau.sch.id

Waktuku.comVisi misi OSIS memang harus dibuat dengan tujuan yang tepat dan dapat bermanfaat bagi murid-murid di sekolah tersebut.

Biasanya, visi dan misi OSIS ini akan dibuat dan dipersiapkan ketika ada salah satu kandidat yang ingin mencalonkan diri sebagai ketua OSIS dari sekolah tertentu.

Jika visi adalah rangkaian kalimat yang berisi impian dan cita-cita dari sebuah organisasi untuk di masa depan, sedangkan misi adalah beberapa penjabaran miliki suatu organisasi tertentu, yang perlu dipenuhi sesuai dengan isi dari penjabaran itu sendiri.

7 Contoh Visi Misi OSIS yang Memiliki Tujuan Bermanfaat

Mengapa visi dan misi OSIS harus dibuat secara jelas dan memiliki tujuan bermanfaat? Sebab, dengan memiliki visi dan misi yang memenuhi kriteria ini, program kerja OSIS dapat lebih terfokus dalam suatu hal dan terkendali, sehingga potensi terjadinya kendala di dalam organisasi ini tergolong kecil.

Biasanya, visi dan misi dalam OSIS ini akan dibuat dengan bidang-bidang yang berbeda. Ada yang di bidang kesehatan, lingkungan hidup, kepedulian akan sesama, dan lain sebagainya. Untuk itu, Anda perlu mengetahui contohnya satu per satu, yang antara lainnya adalah:

1. Visi Misi OSIS Kesehatan

Visi Misi OSIS Kesehatan
image by: wha-group.com

OSIS merupakan organisasi di sekolah yang memiliki peran sangat besar dalam keseharian siswa dan siswi ketika di sekolah.

Maka dari itu, ketika ada seorang kandidat ketua OSIS yang sedang mencalonkan diri, mereka harus membuat visi dan misi yang terlihat memiliki tujuan yang besar.

Salah satu visi dan misi OSIS yang harus diperhatikan adalah yang berada di bidang kesehatan. Untuk contohnya sendiri adalah:

Visi: Terwujudnya pendidikan kesehatan yang mampu menghasilkan tenaga di bidang kesehatan berkualitas (tenaga kesehatan profesional pemula), yang memiliki karakter nasional, beretika baik, berjiwa besar, dan tentunya profesional.

Misi: Membentuk karakter calon tenaga kesehatan di tingkat asisten, yang memiliki semangat belajar tinggi, mampu bekerja sama dengan siapapun, mandiri dalam melaksanakan tugasnya, kreatif, berbudi luhur, dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa.

2. Visi Misi OSIS Perkembangan Karakter

Visi Misi OSIS Perkembangan Karakter
image by: medium.com

Selama 12 tahun sekolah, siswa dan siswi harus bisa mengambil pelajaran yang baik selama mereka duduk di bangku sekolah tersebut.

Tidak hanya ilmu akademiknya saja yang harus dikuatkan, tapi ilmu non-akademiknya pun juga perlu ditingkatkan dengan sebaik mungkin.

Salah satu contoh ilmu non-akademik yang diajarkan dalam sekolah adalah perkembangan karakter.

Seiring bertambahnya usia, seseorang harus bisa memperbaiki sikap dan karakternya menjadi lebih baik lagi.

Untuk itu, penting juga Anda ketahui apa contoh visi dan misi OSIS dalam bidang ini, yaitu:

Visi: Menciptakan OSIS sebagai organisasi profesional yang kompetitif dan mampu memberikan manfaat yang besar ke kalangan banyak orang, baik di dalam lingkungan sekolah maupun di luar sekolah.

Misi: Menyelenggarakan kegiatan, pelatihan, hingga simulasi yang mengacu pada bakat serta potensi, yang dapat dimiliki oleh keseluruhan siswa di SMP/SMA tertentu.

3. Visi Misi OSIS Bidang Lingkungan Hidup

Visi Misi OSIS Bidang Lingkungan Hidup
image by: keystoneacademic-res.cloudinary.com

Tak jarang dari para siswa dan siswi yang masih belum mengetahui secara jelas betapa pentingnya aktivitas menjaga kebersihan lingkungan hidup di sekitarnya.

Untuk itu, disinilah peran OSIS akan sangat membantu mereka yang masih belum mengetahuinya dengan baik itu.

Untuk para calon ketua OSIS yang sedang membuat visi dan misi OSIS, Anda bisa membuatnya dengan meletakkan titik fokus pada kelestarian lingkungan hidup, dan contohnya sendiri adalah:

Visi: Terciptanya suasana dan lingkungan sekolah yang asri, bersih, serta nyaman sebagai pendukung potensi belajar yang baik bagi para siswa dan siswi di sekolah.

Misi: Melaksanakan segala kegiatan yang mampu memberikan hasil maksimal dalam kebersihan sekolah, sehingga kondisi lingkungan sekolah dapat lebih kondusif sebagai tempat menimba ilmu.

4. Visi Misi OSIS Pembentukan Karakter

Visi Misi OSIS Pembentukan Karakter
image by: sampoernaacademy.sch.id

Biasanya, visi dan misi OSIS yang satu ini akan dibuat oleh ketua OSIS di bangku SMP. Sebab, di umur-umur ini siswa dan siswi akan membutuhkan bimbingan yang tepat untuk bisa membentuk karakter yang lebih baik.

Untuk itu, bisa dibilang OSIS akan memiliki peran yang cukup besar dalam hal ini, sehingga penting untuk mereka lakukan membuat visi dan misi yang berada di bidang ini juga. Sebagai informasi tambahan, kami akan memberikan contohnya berikut ini:

Visi: Membentuk sikap siswa dan siswi di sekolah yang bersangkutan, untuk bisa tumbuh menjadi pribadi yang lebih bermanfaat bagi orang-orang di sekitarnya.

Misi: Menumbuhkan rasa cinta yang mendalam untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan meningkatkan kedisiplinan dengan cara melakukan kegiatan yang tidak membosankan.

5. Visi Misi OSIS Peningkatan Kualitas Pembelajaran

Visi Misi OSIS Peningkatan Kualitas Pembelajaran
image by: schooljotter.com

Ketika kualitas pembelajaran dapat selalu meningkat dengan baik, maka ilmu yang bisa didapatkan oleh para siswa dan siswi di sekolah tersebut pun juga akan semakin baik untuk masa depannya masing-masing.

Dalam hal ini, yang perlu ditingkatkan kualitasnya tidak hanya pembelajaran akademiknya saja, tapi pembelajaran non-akademiknya pun juga perlu untuk ditingkatkan. Sebagai contoh, kami akan memberikan informasi di bawah ini:

Visi: Meningkatkan kualitas pembelajaran di SMP/SMA yang bersangkutan, dengan harapan murid-murid di sekolah ini bisa memiliki ilmu yang bermanfaat bagi kehidupannya.

Misi: Meningkatkan kualitas dalam prestasi akademik dan non-akademik melalui organisasi, dengan cara memperkenalkan dan menyebarluaskan dalam masyarakat luas, sehingga OSIS dapat menjadi salah satu wadah aspirasi siswa yang baik dan benar.

6. Visi Misi OSIS Keimanan Murid

Visi Misi OSIS Keimanan Murid
image by: joincake.com

Dimanapun Anda berada, akan sangat penting untuk Anda lakukan dalam mengingat kebaikan Tuhan yang Maha Esa, karena telah memberikan kehidupan yang baik untuk Anda.

Untuk itu, visi dan misi OSIS juga bisa dibuat dalam bidang ini, dan contohnya sendiri adalah:

Visi: Menciptakan organisasi (OSIS) yang progresif, dinamis, kompak, dan solid dalam setiap kondisi yang sedang terjadi.

Misi: Mengutamakan Ketuhanan yang Maha Esa, merangkul dan menjalin hubungan yang baik dengan sesama maupun orang-orang yang lebih tua, serta mengutamakan kerjasama dan kebersamaan antara semua orang yang ada di lingkungan sekolah.

7. Visi Misi OSIS Olahraga

Visi Misi OSIS Olahraga
image by: thebridge.in

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh dengan baik adalah berolahraga secara rutin.

Untuk itu, umumnya sekolah akan meluangkan waktu sejenak untuk murid-muridnya berolahraga sebelum mereka mulai masuk ke proses pembelajaran yang cukup lama.

Dalam hal ini, OSIS juga perlu membangun visi dan misi yang berada di bidang ini, supaya siswa dan siswi akan selalu ingat betapa pentingnya olahraga dalam kehidupannya. Sementara itu, untuk contohnya sendiri adalah:

– Visi: Menciptakan suasana ekstrakurikuler olahraga yang nyaman, menyenangkan, aman, dan mengutamakan kebersamaan, demi menuju organisasi olahraga yang berprestasi.

– Misi: Meningkatkan kinerja ekstrakurikuler yang berada di bidang olahraga untuk mencapai prestasi tertentu bagi sekolah.

Dengan melihat beberapa contoh visi misi OSIS yang ada di atas, dijamin Anda tidak akan kesulitan untuk membuatnya sendiri. Maka dari itu, penting untuk Anda lakukan menyimak dengan baik isi dari artikel ini.