4 Penjelasan Teks Eksemplum Serta Contohnya Secara Lengkap

Teks Eksemplum
image by: prestigeonline.com

Waktuku.com – Pernahkah kamu mendengar tentang teks eksemplum? Teks yang satu ini memang tidak sepopuler jenis teks yang lain, namun sebenarnya cukup banyak ditemukan.

Biasanya teks ini ditemukan dalam sebuah cerita fiksi. Sama seperti jenis teks yang lain, teks ini juga punya struktur dan cirinya tersendiri.

Seperti apa, ya? Yuk cari tahu lewat ulasan ini apa yang dimaksud dengan teks eksemplum, bagaimana strukturnya, dan seperti apa contohnya.

Mengenal Teks Eksemplum

Mengenal Teks Eksemplum
image by: serviziqualificati.com

1. Apa yang Dimaksud Teks Eksemplum?

Teks eksemplum sendiri merupakan sebuah jenis teks yang isinya menceritakan pengalaman masa lalu seorang tokoh yang tidak diinginkan atau tidak diduga.

Ceritanya biasanya diawali dengan pengenalan tokoh, kemudian membahas apa saja yang dilalui oleh tokoh tersebut, dan di bagian akhir akan terdapat interpretasi dari si tokoh itu sendiri.

Teks eksemplum termasuk ke dalam karya sastra yang isinya menjelaskan tentang pengalaman hidup seorang tokoh. Isi dari teks ini adalah peristiwa yang dialami oleh tokoh dan hikmah apa yang bisa diambil dari peristiwa itu.

Ada tujuan tersendiri dari teks eksemplum, yakni untuk memberikan nasehat dan juga petunjuk kepada pembaca agar jangan sampai melakukan kesalahan seperti yang dilakukan sang tokoh.

2. Ciri-Ciri Teks Eksemplum

Ada beberapa ciri yang bisa kamu perhatikan untuk membedakan teks eksemplum dengan jenis teks yang lainnya. Di antaranya adalah sebagai berikut:

– Menggunakan bahasa yang bersifat naratif.
– Menceritakan tentang sebuah peristiwa yang tidak pernah terpikirkan oleh tokoh sebelumnya.
– Tokoh dalam cerita mengalami perubahan sikap dan berpikir untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama.
– Isi ceritanya biasanya mengisahkan tentang pengalaman pribadi seseorang.
– Kejadian yang ada dimunculkan secara berurutan sesuai dengann kronologis yang jelas.
– Menceritakan peristiwa yang terkadang jarang terjadi di dalam kehidupan sehari-hari.
– Di dalam cerita terkandung nilai, hikmah, dan pesan moral atau amanah yang dapat dipetik oleh pembaca
– Peristiwa yang dialami oleh tokoh tersebut menimbulkan penyesalan bagi dirinya sendiri.

3. Struktur Teks Eksemplum

Struktur Teks Eksemplum
image by: unsplash.com

Selayaknya jenis teks yang lain, teks eksemplum juga memiliki strukturnya tersendiri. Struktur dari teks ini terdiri dari abstrak, orientasi, insiden, interpretasi, dan koda.

– Abstrak

Bagian ini adalah bagian utama ddari kejadian yang ada, dan posisinya adalah sebagai pengantar di awal cerita. Bagian abstark memberikan gambaran peristiwa mengenai apa yang akan dikisahkan dalam cerita.

Abstrak bersifat opsional, atau dengan kata lain bisa dimasukkan pada teks dan boleh juga tidak dimasukkan.

– Orientasi

Orientasi adalah awalan dari teks yang isinya adalah perkenalan terhadap tokoh yang akan menjadi fokus cerita.

– Insiden

Struktur selanjutnya adalah insiden. Ini adalah bagian yang menguraikan tentang beberapa kejadian yang dilalui oleh sang tokoh.

Pada bagian ini tokoh tersebut nantinya akan mendapatkan masalah atau persoalan. Insiden menjadi bagian inti dari teks eksemplum.

– Interpretasi

Lalu ada pula bagian yang disebut dengan interpretasi. Interpretasi akan menjabarkan tentang hikmah, evaluasi, dan juga pesan moral apa yang dapat diambil dari kisah yang disampaikan.

– Koda

Merupakan bagian akhir yang bersifat sebagai penutup. Sama seperti abstrak, bagian koda ini juga sifatnya opsional.

Contoh Teks Eksemplum

Contoh Teks Eksemplum
image by: freepik.com

1. Teks Eksemplum Tentang Kupu-Kupu

Kesombongan Kupu-Kupu

Orientasi:

Alkisah ada sekelompok kupu-kupu yang tinggal di sebuah hutan tropis. Tersebutlah Titih, yaitu sebuah nama dari salah satu kelompok kupu-kupu yang cantik tersebut.

Titih dikenal sebagai kupu-kupu yang sombong dan tidak mau berbaur dengan sesama kawanan kupu-kupu. Ia justru berbaur dengan kawanan hewan yang lain.

Hal itu dilakukan karena Titi merasa dirinya adalah hewan tercantik dan terpintar dibandingkan dengan yang lain.

Insiden:

Suatu hari, sekelompok kupu-kupu sedang membuat sarang. Mereka membuatnya dengan tekun dan sabar sehingga pada akhirnya terbentuklah sarang yang indah, rapi, dan kuat.

Akan tetapi, berbeda dengan Titih. Sarang yang ia buat hanya seadanya saja karena dirinya membuatnya dengan malas-malasan.

Menurut Titih, sarang yang ia buat jauh lebih cantik dan rapi daripada sarang milik teman-temannya. Padahal saat membuat sarang tersebut ia tidak memperhatikan bahan yang digunakan.

Saat itu di samping Titi ada kupu-kupu lain yang juga sedang membuat sarang. Kupu-kupu itu bernama Nani yang dikenal dengan sifat dermawan dan rendah hati.

Titih seringkali mengejek sarang Nani. Berbagai macam ejekan ia lontarkan, contohnya ia sering mengatakan sarang Nani begitu jelek dan tidak pantas disebut sebagai sarang.

Titih yang begitu membanggakan sarangnya terus menambah sarang tersebut dengan hiasan-hiasan. Ia tak memikirkan apakah sarang tersebut cukup kuat untuk menahan semua hiasan tersebut.

Suatu hari hujan lebat datang disertai dengan angin kencang. Semua kupu-kupu bergegas masuk ke sarang mereka masing-masing. Sayangnya, sarang Titi roboh akibat terguyur hujan dan tertiup angin kencang.

Ia pun kebasahan dan kebingungan. Untungnya, Nani yang melihatnya mau berbaik hati menawarkan Titih untuk masuk ke sarang miliknya.

Hal itu membuat Titih tersadar dan merasa malu serta menyesal dengan perilakunya yang selama ini tidak baik. Bukan hanya itu, ia juga menyesali sikapnya yang tidak bersahabat dengan Nani selama ini.

Interpretasi:

Sejak kejadian tersebut, Titih pun tidak lagi sombong dan angkuh terhadap teman-temannya. Titih berjanji pada diri sendiri bahwa ia akan menjadi kupu-kupu yang baik dan bersahabat.

2. Contoh Teks Eksemplum Tentang Persahabatan

Indahnya Persahabatan

Orientasi:

Irma adalah murid yang saat ini sedang duduk di bangku SD. Tak hanya sebagai murid, ia juga menjual kue di kantin demi mengurangi beban ekonomi keluarganya dan untuk membantu membayar biaya pendidikannya.

Meski latar belakang ekonominya kurang baik, tapi itu tidak menyurutkan semangatnya untuk terus bersekolah.

Insiden:

Suatu hari di tanggal 12 April, tiba-tiba Irma tidak masuk sekolah. Tak seperti biasanya, Irma bahkan tidak masuk sekolah hingga satu minggu lamanya.

Setelah lebih dari seminggu Irma tidak datang ke sekolah, para teman pun mendatangi rumahnya. Mereka mencari keberadaan Irma tapi tidak dapat menemukannya di rumahnya.

Saat tak bisa menemukan Irma, teman-temannya pun bertanya kepada tetangga di sekitar rumah Irma. Para tetangga mengatakan bahwa Irma sekarang menjual kue di terminal. Ia harus menjual kue tersebut agar bisa membayar tunggakan SPP bulan lalu.

Rupanya saat ini orang tua Irma sedang tidak mempunyai uang untuk membayar SPP. Mengetahui hal yang sedang menimpa Irma tersebut, teman-teman pun langsung berinisiatif menemui Irma di terminal.

Mereka memiliki ide untuk membeli kue yang Irma jual dan membuatnya selalu habis terjual selama satu minggu berturut-turut. Dengan begitu, Irma pun mendapatkan tambahan uang untuk membayar tunggakan SPP-nya dan bisa bersekolah lagi.

Interpretasi:

Berdasarkan cerita Irma di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa persahabatan adalah hal yang indah. Dengan adanya persahabatan terdapat kasih sayang dan tenggang rasa untuk saling membantu satu sama lain dengan ikhlas.